Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia. Selengkapnya

Selengkapnya

Jadwal Layanan Operasional Manulife Indonesia & Manulife Syariah Indonesia Selama Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.Selengkapnya.

Selengkapnya

Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia. Selengkapnya

Selengkapnya

Jadwal Layanan Operasional Manulife Indonesia & Manulife Syariah Indonesia Selama Libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.Selengkapnya.

Selengkapnya
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Portal Nasabah Manulife ID

Informasi dan Kelola Polis Asuransi kapanpun dan di manapun

Apa itu Manulife ID?

Manulife ID adalah portal yang diperuntukkan bagi nasabah Manulife Indonesia dan Manulife Syariah Indonesia untuk melihat informasi polis asuransi hingga pengelolaan polis asuransi secara online.

Portal Manulife ID dapat diakses melalui website  atau aplikasi mobile yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.

Simak Videonya

Fitur Manulife ID

Kelola Polis

Cek informasi dan nilai polis, status polis, manfaat polis, data kontak serta mengunduh polis elektronik (e-policy)

Seperti alamat surat menyurat, alamat email serta nomor ponsel secara online.

Alokasi Dana Investasi (fund-switching) untuk polis unit link dapat dilakukan secara online.

Berbagai informasi dan laporan terkait polis asuransi seperti Informasi jatuh tempo/tagihan, Informasi penerimaan Premi, Laporan Nilai Unit (Unit Statement ) dan lainnya tersedia untuk diunduh

*khusus bagi Nasabah yang Polis Elektroniknya telah terbit

Melihat riwayat perubahan data kontak, perubahan dana investasi, penarikan dana, dan lainnya.

Penarikan Dana Sebagian (partial surrender/withdrawal) dapat dilakukan secara online.

Klaim dan Pembayaran Polis

Bayar Premi pertama polis secara online dengan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit/debit, virtual account atau via marketplace.

Bayar Premi lanjutan secara online di dalam aplikasi dengan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit/debit, virtual account atau via marketplace.

Mengajukan klaim secara online melalui portal MiEClaim

Melihat riwayat pembayaran Premi polis hingga 24 bulan

Memantau status pengajuan klaim secara mandiri kapan pun dibutuhkan
Pelajari Selengkapnya di sini

Unduh Aplikasi Manulife ID

Ketentuan Akses ke Manulife ID yang harus diperhatikan

  1. Siapkan salah satu data berikut sebagai syarat Registrasi:
    a. Nomor Identitas: KTP/Paspor/SIM/Ijin Kerja
    b. Nomor Polis Manulife
  2. Alamat email aktif dan tidak terdaftar pada lebih dari satu nama pemegang polis Manulife
  3. Bagi pengguna website portal, akses tautan account.manulife.co.id menggunakan browser Google Chrome, Microsoft Edge, atau Safari
  4. Bagi pengguna aplikasi, unduh aplikasi melalui Playstore atau Appstore dengan syarat minimum perangkat sbb:
    a. AOS (Android): Min. Android versi 10
    b. iOS (iPhone): Min. iOS versi 13
  5. Syarat minimum kata sandi (password) Manulife ID:
    a. Minimum 8 (delapan) Karakter;
    b. Mengandung huruf BESAR, huruf kecil dan angka (0 - 9)
    c. Hindari kombinasi kata yang mengandung data personal, alamat email dan karakter berulang/berurutan (misalnya: aaaa, 1234, abcd dll)

Langkah Registrasi Manulife ID

  1. Buka portal Manulife ID dan klik "Daftar", atau klik https://account.manulife.co.id/register
  2. Pilih 'ID KTP' atau 'Nomor Polis' sebagai opsi verifikasi data kemudian masukkan nomor Identitas atau Nomor Polis 
  3. Masukan alamat email yang terdaftar pada Polis
  4. Masukan Tanggal/Bulan/Tahun lahir pemegang polis 
  5. Centang kotak untuk menyetujui Syarat & Ketentuan dan klik “Lanjut”
  6. Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel/email yang terdaftar.
  7. Masukan kode OTP
  8. Buat password sesuai ketentuan dan ikuti petunjuk berikutnya hingga selesai
  9. Jika berhasil Anda akan langsung diarahkan ke halaman Beranda Manulife ID

Pertanyaan Mengenai Manulife ID

Akses Manulife ID

Nasabah dapat mengakses Manulife ID kapan saja dan di mana saja dengan mengakses website https://account.manulife.co.id melalui browser pada  smartphone, laptop, PC maupun tablet. Nasabah juga dapat mendownload dan install aplikasi Manulife ID dari Appstore atau Playstore.

Nasabah Pemegang Polis Manulife Indonesia dan Manulife Syariah Indonesia yang sudah memiliki Polis Asuransi Jiwa dan Kesehatan Pribadi serta Polis asuransi jiwa yang melekat pada produk mitra bisnis Manulife

Registrasi

Hanya Pemegang Polis yang dapat mengaktifkan akun Miaccount. Pihak Tertanggung, Penerima manfaat (Beneficiary Owner), Peserta Tambahan, Wali, ataupun pihak lain yang terkait dengan Polis tidak bisa membuat akun Manulife ID

Untuk registrasi ke Manulife ID, siapkan:

  • Nomor KTP atau Nomor Polis Asuransi Anda;
  • Alamat email yang didaftarkan di Polis (Pemegang Polis);
  • Informasi tanggal lahir Pemegang Polis

 

Bagi nasabah baru Manulife Indonesia atau Manulife Syariah Indonesia, berikut langkah mudah melakukan registrasi akun Manulife ID:

  • Cek email yang dikirimkan oleh Manulife Indonesia dengan judul 'Pemberitahuan Polis Elektronik Telah Terbit'
  • Klik tombol "Akses Polis Disini".
  • Anda akan dialihkan untuk instal aplikasi Manulife ID atau akses melalui web browser
  • Layar akan menampilkan halaman Registrasi dengan alamat email Anda
  • Isi Tanggal Lahir Anda kemudian klik "Lanjut"
  • Centang kotak untuk menyetujui Syarat & Ketentuan dan klik “Lanjut”
  • Anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel/email yang terdaftar.
  • Masukan kode OTP
  • Buat password sesuai ketentuan dan ikuti petunjuk berikutnya hingga selesai
  • Jika berhasil Anda akan langsung diarahkan ke halaman Beranda Manulife ID.

Periksa kembali beberapa hal di bawah  terlebih dahulu:

  • Pastikan data Identitas/Nomor Polis dan Email serta Tanggal lahir yang Anda masukkan sudah sesuai dan tidak ada kesalahan penulisan.
  • Pastikan bahwa nomor ponsel/email telah terdaftar di Manulife. 
  • Pastikan nomor ponsel/email tidak terdaftar pada lebih dari 1(satu) pemegang polis. (nomor ponsel/email yang terdaftar pada lebih dari 1 pemegang polis akan menyebabkan kegagalan registrasi)

    Jika terjadi kendala saat registrasi, Anda dapat menghubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui:
  • Customer Contact Center : (021) 2555 7777.
  • E-mail nasabah Konvensional : CustomerServiceID@manulife.com 
  • Email nasabah Syariah : CustomersyariahID@manulife.com

Login

Masukkan alamat email yang terdaftar dan Kata Sandi (password) yang Anda buat. Aktifkan fitur sidik jari (biometric) untuk kemudahan Login pada kunjungan yang berikutnya.

 

  • Pada halaman login , klik 'Atur Ulang Kata Sandi'
  • Masukkan alamat email yang terdaftar.
  • Lakukan prosedur penggantian password sesuai arahan pada layar aplikasi

 

Jika Anda lupa email yang terdaftar, segera hubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui:

Jika terjadi kendala dalam mengakses Manulife ID, Anda dapat menghubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui

One Time Password (OTP)

One Time Password (OTP) merupakan kode 6 digit angka yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email Anda yang terdaftar, bersifat sementara, dan hanya dapat digunakan satu kali saja.

 

One Time Password (OTP) akan dikirimkan ke nomor ponsel atau email pemegang polis yang terdaftar di Manulife Indonesia (pilih salah satu)

Pembayaran

  1. Metode pembayaran yang tersedia adalah pembayaran secara online melalui DOKU dengan kartu kredit atau kartu debit online.
    Pastikan kartu debit dan kartu kredit Anda dapat dipakai untuk transaksi online sesuai dengan ketentuan Bank.

2. Informasi pembayaran melalui Virtual Account juga tersedia di menu pembayaran dengan menampilkan rekening Virtual Account yang sesuai dengan polis yang jatuh tempo.

Nasabah yang telah memilih cara bayar Autodebit tidak perlu menggunakan Manulife ID untuk membayar premi lanjutan karena telah terproses secara otomatis. 

Jika nasabah ingin merubah metode pembayaran maka dapat menghubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui:

Anda dapat melakukan pembayaran Premi secara online jika jatuh tempo polis pembayaran Anda dalam periode H-15 (lima belas) untuk mode pembayaran premi sesuai ketentuan.

Perubahan metode pembayaran premi lanjutan dapat dilakukan dengan menghubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui:

Informasi Finansial dan Dana Investasi

Anda dapat mengetahui mengenai informasi Nilai Pertanggungan Polis, Nilai Tunai Pertanggungan Tambahan, Nilai Tunai, Pinjaman polis, Maksimum pinjaman yang tersedia, Saldo pinjaman pertanggal, Kupon tunai, Dividen tunai.

Bisa. perubahan dana investasi atau fund switching dapat dilakukan.

Ya, proses perubahan tersebut menggunakan data terbaru.

Perubahan Data

Ya, Perubahan alamat surat menyurat, nomor handphone, telephone dan alamat email dapat dilakukan di Manulife ID.

1. Perubahan data kontak (telephone & email)

2. Perubahan alamat korespondensi

Informasi Polis

Anda dapat melihat mengenai Informasi kategori Produk Dasar, Nama Produk Dasar, Nomor Polis dan Tertanggung.

Anda dapat mengetahui mengenai detail informasi mengenai Polis seperti:

  • Nilai Pertanggungan Polis
  • Status Polis
  • Produk dasar
  • Tertanggung
  • Tanggal Efektif Polis
  • Durasi Pembayaran Premi
  • Tanggal Kadaluarsa
  • Premi 
  • Periode Pembayaran
  • Produk Asuransi Tambahan (jika ada)
  • Penerima Manfaat
  • Hubungan Penerima Manfaat
  • Prioritas Penerima Manfaat 
  • Jumlah Persentase Penerima Manfaat.

Anda dapat mengakses menu “Riwayat Perubahan Polis” dimana mencantumkan informasi Nama Produk Dasar Asuransi Anda, Nomor Polis, Nama Tertanggung, Tanggal Diserahkan, Jenis Transaksi, Status serta Tanggal Selesainya proses perubahan polis.

Informasi terkait Riwayat Perubahan Polis dapat dilihat selama 1 (satu) tahun terakhir, dari tanggal nasabah membuka Manulife ID.

Polis Elektronik

Melalui Manulife ID, Anda dapat mengakses Polis Elektronik* dan berbagai dokumen terkait polis lainnya seperti:

  • Polis Elektronik*
  • Billing Notice (jatuh tempo/tagihan)
  • Payment Notice (penerimaan premi)
  • Anniversary (Ulang tahun polis)
  • Unit Statement (laporan unit)
  • Lapsed Notice (Masa berakhirnya pertanggungan)

*khusus bagi Nasabah yang Polis Elektroniknya telah terbit

Lihat lebih lanjut informasi mengenai Polis Elektronik

Akses Polis Elektronik

Akses dokumen lainnya

  1. Pada saat nasabah telah terbit Polis Asuransinya pada pembelian baru, maka nasabah akan menerima email yang menginformasikan bahwa Polis Telah Terbit. Fitur ini Bernama Policy E-Acknowledgement.
  2. Pada email tersebut berisikan tombol “E-Policy Saya”, yang dapat di klik untuk mengakses file Polis Elektronik melalui Manulife ID
  3. Klik tombol tersebut dan ikuti proses. Lakukan Registrasi / Login pada MiAccount, mengisi OTP, dan Polis Elektronik Anda akan tersedia untuk dapat dibuka.
  4. Anda dapat membaca Polis Elektronik Anda yang telah terbit dan klik “Konfirmasi” untuk memberikan konfirmasi bahwa Anda telah membaca dan menyetujui Polis Elektronik yang telah terbit.
  5. Anda dapat mengakses dan mengunduh file Polis Elektronik Anda tersebut kapan saja dimana saja melalui Manulife ID.
  6. Jika terdapat hal kurang tepat pada Polis Anda, hubungi tenaga pemasar / Agen Anda terhadap polis tersebut untuk melakukan perubahan.

Kendala

Jika terjadi kendala terkait MiAccount. Anda dapat menghubungi Customer Service Manulife Indonesia melalui:

Layanan Lain

Senin - Jumat, 08.30 - 16.00 (kecuali hari libur nasional)

Telepon: 021 - 2555 7777

Senin - Jumat, 08.30 - 16.00 (kecuali hari libur nasional)