Lewati ke konten utama
Back

Cara Cerdas Habiskan Uang THR

Cara Cerdas Hadapi Diskon

Di penghujung bulan Ramadan, selain menanti perayaan hari kemenangan, Tunjangan Hari Raya (THR) pun akhirnya sampai di tangan. Tak soal berapa besar nominalnya, yang penting kita tahu cara cerdas menghabiskan THR!

 

Sesuai dengan namanya, THR idealnya digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan kita selama Hari Raya. Agar THR tidak terpakai untuk hal-hal lainnya, biasakan untuk langsung membuat pos-pos alokasi seperti yang berikut ini:

1.    Kewajiban dan Belanja Hari Raya

Pisahkan terlebih dahulu uang THR untuk membayar zakat sesuai dengan kewajiban. Jangan lupa, kita juga mungkin memiliki kewajiban untuk memberikan THR untuk asisten rumah tangga, supir, office boy di kantor, dan lainnya. Di luar berbagai kewajiban ini, anggarkan 50% dari THR kita untuk belanja keperluan hari raya, termasuk biaya mudik.

2.    Membayar Utang

Saat mendapatkan THR, artinya kita mendapatkan uang tambahan selain penghasilan rutin. Manfaatkan hal ini untuk melunasi utang atau membayar berbagai cicilan yang kita miliki. Alokasikan setidaknya 10% dari THR untuk hal ini, agar utang bisa berkurang dan hari raya pun terasa lebih menyenangkan.

3.    Persiapan Masa Depan

Tak kalah penting dengan peringatan hari raya, kita juga perlu memikirkan kelangsungan hidup kita dan keluarga di masa depan. Manfaatkan THR untuk persiapan masa depan seperti membeli polis asuransi, menambah (top-up) jumlah investasi serta asuransi, agar manfaat serta hasil yang didapat lebih optimal. Kita bisa mengalokasikan sekitar 30% uang THR untuk persiapan masa depan.

Temukan Artikel Lainnya


Tentang Manulife

Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia

Selengkapnya


Layanan

Ketahui lebih lanjut mengenai Polis ataupun pengelolaannya.

Selengkapnya


Artikel

Apa jadinya jika masa depan sang buah hati lebih indah dari yang direncanakan?

Temukan Artikel Lainnya

Memastikan