Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Asuransi Melahirkan Hidden Gem Produk Proteksi

Menanti kelahiran buah hati adalah masa-masa paling membahagiakan sekaligus paling mendebarkan bagi para orang tua. Ada banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk menyambut kedatangannya, seperti persiapan persalinan dan pemeriksaan rutin bulanan. Kedua hal tersebut wajib dilakukan dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Seringkali ini menjadi kendala bagi para orang tua, terutama yang belum memiliki pemahaman finansial yang memadai.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Terjadinya komplikasi pada kehamilan yang berisiko untuk kesehatan ibu dan calon bayi juga bisa menambah jumlah pemeriksaan medis, perawatan, dan obat-obatan. Biaya persalinan tidak mencakup pengeluaran ini sehingga akan memberatkan para orang tua untuk mengakses layanan Kesehatan yang dibutuhkan.

Selain perlu lebih siap secara finansial, para calon orang tua juga perlu mengumpulkan lebih banyak informasi seputar produk finansial untuk menyiasati biaya persalinan yang cukup besar, misalnya dengan asuransi melahirkan.

Apa Itu Asuransi Melahirkan?

Asuransi melahirkan adalah produk asuransi yang menanggung segala biaya selama proses kehamilan hingga kelahiran bayi, termasuk dan tidak terbatas pada biaya pemeriksaan rutin, biaya persalinan, bahkan saat terjadi keguguran atau bayi terlahir dengan disabilitas. Asuransi ini juga sering disebut sebagai asuransi kehamilan. 

Agar bisa mendapat manfaatnya secara optimal, sebaiknya Anda membuka polis asuransi kehamilan dan persalinan sedini mungkin yaitu saat merencanakan kehamilan bersama pasangan. Seperti produk lainnya, asuransi kehamilan dan persalinan memiliki masa tunggu yaitu periode untuk bisa klaim manfaat terhitung dari polis aktif. Masa tunggu ini beragam, mulai dari hitungan minggu hingga bulan, tergantung kebijakan penyedia. Karena itu, semakin awal membuka polis asuransi ini, semakin cepat pula Anda bisa menggunakannya untuk kepentingan pemeriksaan bulanan dan lainnya.

Sama seperti asuransi kesehatan, asuransi melahirkan bertujuan melindungi nasabah dari berbagai risiko kesehatan namun spesifik yang berkaitan pada bayi dalam kandungan. Berikut beberapa manfaat dari asuransi kesehatan:

1. Mengurangi risiko kematian bayi

Banyak kasus pengguguran janin terjadi akibat komplikasi dan masalah biaya. Dengan asuransi melahirkan, risiko kesehatan janin dan berbagai biaya terkait kandungan akan ditanggung oleh asuransi sehingga risiko kematian bayi bisa ditekan.

2. Menekan jumlah pengeluaran

Biaya persalinan adalah salah satu di antara persiapan lainnya di samping perlengkapan anak seperti box bayi, popok, baju, peralatan mandi, dan sebagainya. Dengan proteksi dari asuransi, para orang tua bisa menghemat pengeluaran tanpa kehilangan jaminan kesehatan pada bayi yang dikandung. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memilih asuransi melahirkan yang sesuai dengan kebutuhan dan klaim yang diajukan.

 3. Menjamin fasilitas kesehatan

Mulai dari pemeriksaan rutin bulanan hingga pemeriksaan pasca kelahiran, idealnya ibu dan anak mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Dengan asuransi melahirkan, orang tua tak perlu kuatir memikirkan hal ini terutama saat terjadi kondisi darurat. Di samping itu, asuransi memastikan ibu dan bayi mendapatkan fasilitas sesuai yang dibutuhkan tanpa perlu mengkhawatirkan kendala biaya.

Ada dua jenis asuransi melahirkan yang tersedia saat ini:

  • Asuransi Jiwa Melahirkan. Nasabah akan menerima uang pertanggungan atau santunan jika terjadi risiko komplikasi saat persalinan, misalnya bayi terlahir meninggal dunia atau dengan disabilitas.
  • Asuransi Kesehatan Swasta. Jenis asuransi ini bertujuan mencegah terjadinya risiko komplikasi sehingga mampu menanggung biaya persalinan vaginal dan caesar, pemeriksaan, perawatan NICU, termasuk jika terjadi keguguran janin. 

Lengkapi perlindungan penyakit kritis

Untuk menjadi nasabah asuransi melahirkan, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi. Setiap penyedia asuransi bisa memiliki syarat berbeda tapi ada beberapa poin mendasar seperti

  • Ibu atau calon ibu berusia 18-40 tahun dan sudah menikah.
  • Pada kasus komplikasi kehamilan atau kelahiran, masa pertanggungan tetap aktif hingga 30 hari setelah kelahiran bayi

Proses pengajuan klaim asuransi melahirkan mengikuti prosedur standar pengajuan klaim asuransi pada umumnya yaitu dengan mengisi formulir disertai dokumen pendukung dan mengirimkannya ke pihak perusahaan asuransi. Klaim akan diverifikasi sesuai dengan ketentuan penyedia masing-masing. Tenaga pemasar juga dapat dihubungi sewaktu-waktu terkait kebutuhan ini.

Dokumen yang perlu disiapkan sebagai lampiran proses klaim antara lain adalah kuitansi asli berisi rincian biaya perawatan, rincian obat yang dikonsumsi selama proses perawatan, resume medis resmi dari dokter yang menangani, dan laporan laboratorium atau berkas serupa sebagai penunjang. Sementara, pemegang polis jenis klaim cashless hanya perlu membawa kartu nasabah asuransi dan kartu identitas pribadi untuk proses klaim.

Memilih Waktu dan Asuransi Yang Sesuai

Sama halnya dengan Asuransi Kesehatan, Asuransi melahirkan perlu dimiliki saat merencanakan memiliki buah hati. MiUltimate HealthCare dari Manulife Indonesia hadir dengan manfaat tambahan berupa manfaat melahirkan, dimana manfaat tambahan ini dapat menanggung biaya melahirkan normal, melahirkan dengan bantuan, komplikasi kehamilan, dan melahirkan dengan pembedahan. Polis asuransi ini juga memberikan masa tunggu sehingga calon orang tua dapat mendaftar sejak sebelum kehamilan terjadi

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya