Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya

Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Tips Mengelola Bonus Dukung Perencanaan Keuangan Anda

Bonus tahunan merupakan pemasukan tambahan yang memang ditunggu oleh karyawan. Bonus tahunan dapat membantu pekerja merealisasikan rencana dan keinginan yang telah disusun sebelumnya. Anda mungkin sudah memiliki segudang rencana yang dibayangkan seperti melakukan renovasi rumah, mengganti gadget, hingga liburan ke destinasi tujuan.

JIka dikelola dengan baik, bonus tahunan bisa sangat membantu kondisi finansial dan mendukung strategi perencanaan keuangan.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Pahami Tentang Bonus

Meski tidak wajib memberikan bonus merupakan suatu bentuk, mengapresiasi karyawan yang berhasil mencapai prestasi tertentu, atau memacu agar karyawan bekerja lebih giat. Bonus juga merupakan salah satu nilai lebih bagi suatu perusahaan saat karyawan memutuskan bergabung.

Pada umumnya, syarat dan ketentuan pemberian bonus tertuang dalam perjanjian kerja antara karyawan dengan perusahaan. Maka dari itu, besaran bonus sendiri bervariasi sesuai dengan kesepakatan perusahaan dan karyawan yang bersangkutan.

Bagaimana Cara Mengelola Bonus Dengan Tepat?

Agar bonus tahunan menjadi lebih bermanfaat, ada baiknya membuat skala prioritas agar dapat mengelola bonus dengan tepat sesuai dengan alokasi dab kebutuhan. Beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mengelola bonus dengan bijak, antara lain:
 

1. Segera gunakan untuk melunasi hutang

Jika Anda masih memiliki utang yang belum lunas, bonus tahunan dapat diamanfaatkan untuk melunasinya. Karena langkah paling dasar dalam strategi perencanaan keuangan adalah melunasi utang.

Dalam rumus perencanaan keuangan, untuk mencapai kondisi keuangan yang sehat, rasio utang Anda tidak boleh lebih besar dari rasio aset. Rasio utang yang ideal adalah maksimal 50% dari nilai aset. Di samping itu, semakin cepat utang bisa terlunasi, maka Anda pun selangkah makin dekat dengan tujuan finansial yang sudah dicita-citakan.

2. Perbanyak dana darurat

Jika jumlah simpanan dana darurat Anda masih jauh dari besaran yang dianjurkan, manfaatkan bonus untuk menambah dana darurat. Dengan begitu, ketika suatu hari Anda kehilangan penghasilan, risiko keuangan dapat diminimalisir dengan menggunakan dana darurat..

Besaran dana darurat sendiri beragam, tergantung dengan kondisi dan situasi masing-masing. Idealnya, orang yang masih belum berkeluarga dan tidak memiliki tanggungan perlu memiliki dana darurat sebanyak tiga sampai enam kali jumlah penghasilan per bulan. Sementara itu, yang sudah berkeluarga atau memiliki tanggungan sebaiknya menyiapkan dana darurat sebesar enam hingga 12 kali nilai pendapatan bulanan.

3. Gunakan untuk berinvestasi

Setelah membayar hutang dan menambah dana darurat, Anda dapat memanfaatkan bonus tahunan sebagai sumber dana untuk berinvestasi. Saat ini, ada beragam instrumen investasi yang tersedia; mulai dari reksa dana, Asuransi, hingga saham. 

Sebelum memutuskan instrumen investasi mana yang akan dipilih, kenali profil risiko dan pilih yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Jangan lupa juga untuk membuat tujuan investasi berdasarkan strategi perencanaan keuangan.

4. Memberi self-reward untuk diri sendiri

Setelah berhasil mencapai target atau prestasi tertentu pada pekerjaan Anda, tak ada salahnya untuk mengapresiasi diri dengan memberikan self-reward dari bonus tahunan yang diterima. Tentunya, hal ini merupakan tujuan paling akhir setelah Anda memenuhi sejumlah kebutuhan finansial lain yang prioritasnya lebih tinggi, seperti utang, dana darurat, dan proteksi asuransi.

Bonus tahunan memang bersifat tambahan, di luar pemasukan rutin setiap bulan. Namun, jika dikelola dengan perencanaan keuangan yang baik. Bonus tahunan dapat lebih bermanfaat untuk membantu mencapai tujuan keuangan Anda.

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya