Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Manfaat Olahraga di Rumah untuk Kesehatan Mental dan Fisik

 

Olahraga dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh, tetapi haruskah olahraga dilakukan di pusat kebugaran agar lebih terasa manfaatnya? Fasilitas lengkap dan berbagai program olahraga menarik, memang membuat gym menjadi solusi lengkap untuk Anda yang ingin rutin berolahraga.

Walau mempunyai banyak kelebihan, berolahraga di gym juga membutuhkan upaya ekstra, mulai dari biaya yang tidak sedikit, dan jadwal buka tutup gym juga memiliki batasan waktu. Pernahkah Anda mempertimbangkan olahraga di rumah dengan biaya yang lebih terjangkau atau bahkan gratis, serta waktu yang fleksibel  di tengah padatnya kesibukan sehari-hari.

Bagi Anda yang belum bisa mengeluarkan biaya tambahan atau menyempatkan diri pergi ke pusat kebugaran, Simak manfaat dari berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan di rumah pada pembahasan dibawah ini.

Manfaat Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Rumah

1. Jogging

Berlari keliling perumahan atau jogging di pagi hari bisa menjadi salah satu pilihan olahraga di rumah. Salah satu manfaat jogging adalah mampu membantu meningkatkan produktivitas sepanjang hari, karena olahraga ini memberikan stimulasi mental dan fisik. Anda juga mendapatkan berbagai manfaat olahraga seperti membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung.

Lari santai bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah obesitas, dan meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh mengurangi kolesterol, menjaga kadar gula darah dan tekanan darah, mencegah diabetes, stroke, serta penyakit jantung. Selain itu, jogging bisa membuat Anda terhindar dari stress dan juga depresi.

2. Yoga

Yoga dikenal sebagai olahraga meditasi yang tidak hanya membantu kesehatan mental tetapi juga mempunyai banyak manfaat olahraga lain. Menurut artikel di John Hopkins Medicine, manfaat mental dan fisik yoga bisa dirasakan oleh semua orang dari berbagai usia. Setiap pose yang dirancang untuk menciptakan relaksasi ternyata juga bisa membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur, dan menambah kekuatan.

Yoga juga bermanfaat meningkatkan aliran darah dan melemaskan pembuluh darah sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi atau jantung. Tree pose atau pose pohon misalnya, dilakukan dengan berdiri dengan satu kaki, sedangkan kaki yang lainnya berada di atas lutut atau betis. Pose ini dapat membantu memperlancar aliran darah Anda.

Yoga juga relatif praktis dilakukan di rumah dengan menggunakan pakaian nyaman dan matras untuk bisa melakukan gerakan dasarnya. Jika penasaran, Anda dapat menonton video berikut untuk mempraktikkannya di rumah.

3. Zumba

Manfaat olahraga senam Zumba juga belakangan kian populer karena dilakukan di rumah tanpa perlu banyak persiapan. Memadukan elemen tari salsa dengan senam aerobik diiringi musik yang menyenangkan, olahraga ini juga bisa membantu meredakan stres.

Zumba juga meningkatkan kesehatan jantung dan bisa jadi alternatif olahraga kardio. Saat melakukan gerakan-gerakannya, detak jantung meningkat dan tubuh lebih aktif mengolah oksigen.

4. Bodyweight Training

Bodyweight training adalah olahraga yang memanfaatkan berat tubuh dan gravitasi seperti sit up, push up, dan lain-lain. Manfaat olahraga ini juga bisa didapatkan secara praktis saat di rumah bahkan tanpa memerlukan perlengkapan khusus.

Rutin melakukan bodyweight training untuk memulai hari bisa membantu Anda membentuk otot, membakar kalori, dan menurunkan berat badan dengan cepat. Dibandingkan dengan olahraga lainnya, hasil dari bodyweight training akan lebih nampak karena bisa menumbuhkan otot-otot di bagian tubuh yang dilatih, cocok untuk Anda yang mengidamkan tubuh atletis tanpa harus rutin ke gym.

Untuk Anda yang baru ingin memulai bodyweight training, beberapa channel Youtube olahraga seperti PHS Fitness dan Jordan Yeoh Fitness dapat Anda jadikan referensi.

Baca JugaKenali Pola Hidup Sehat dan Langkah-Langkahnya

Setelah kita mengetahui bahwa olahraga bisa kita lakukan kapan saja, di mana saja, tanpa perlu  ke gym. Di rumah pun Anda bisa tetap sehat, dan bahkan mendapatkan bentuk tubuh yang atletis. Dengan rutin berolahraga di rumah, tubuh bisa terhindar penyakit dan lebih bugar, bahkan berpeluang lebih besar untuk hidup lebih lama (panjang umur).

Namun, tentu saja hanya bergantung pada manfaat olahraga tak cukup untuk melindungi diri dari risiko penyakit. Untuk melengkapi perlindungan, Asuransi Kesehatan MiUltimate HealthCare akan memberikan proteksi jika terjadi risiko kesehatan sampai Anda berusia 110 tahun, atau hingga tanggungan anak berusia 25 tahun. Selain biaya rawat medis dan rawat inap rumah sakit yang ditanggung sesuai dengan tagihan, produk ini juga dapat menanggung biaya kamar dan pengobatan di luar negeri serta menawarkan tambahan limit tahunan untuk pengobatan penyakit kritis.

Ayo lindungi diri dengan menerapkan pola hidup sehat, disiplin berolahraga, dan lengkapi perlindungan dengan Asuransi agar masa depan menjadi lebih terjamin bersama Manulife Indonesia!

Rencanakan Proteksi Kesehatan Anda dengan Kami

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    MiEClaim: Solusi Pengajuan Klaim Ringkas Tanpa Kertas, Dimana Saja, Kapan Saja

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya