Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Kenali Pola Hidup Sehat dan Langkah-Langkahnya

 

Karir cemerlang, hidup berkecukupan, mempunyai keluarga yang bahagia, memiliki umur panjang dan sehat juga adalah impian banyak orang. Kesehatan fisik dan mental menjadi hal yang esensial karena dapat memberikan dampak langsung terhadap kualitas kehidupan seseorang. Dengan kondisi kesehatan yang optimal, Anda dapat memberikan yang terbaik ketika Anda bekerja dan juga di kehidupan sosial Anda dengan pasangan, keluarga, atau pun teman.

Sayangnya, kesehatan sering kali diabaikan karena dihadapkan dengan kesibukan dan aktivitas padat setiap harinya. Anda mungkin terbiasa melewatkan sarapan atau begadang demi menyelesaikan pekerjaan. Jika dilakukan dalam jangka panjang, hal-hal seperti ini dapat memberikan dampak yang serius terhadap kondisi kesehatan Anda. Nah, menerapkan pola hidup sehat bisa jadi solusi agar kesehatan Anda tetap terjaga. Sebenarnya apa yang dimaksud pola hidup sehat dan bagaimana cara menerapkannya? Yuk, pahami lebih jauh di artikel ini.

Definisi dan Manfaat Pola Hidup Sehat

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pola hidup sehat, atau yang sering disebut sebagai healthy lifestyle, adalah cara menjalani kehidupan yang dapat meminimalisir risiko terkena penyakit serius atau kematian dini. Pola hidup sehat tidak hanya tentang makan makanan bergizi dan olahraga, melainkan meliputi seluruh aspek kehidupan yang berkaitan dengan kondisi fisik, mental, dan juga sosial.

Baca JugaJangan Lagi Menunda, Inilah Mengapa Anda Perlu Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Sedangkan menurut artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, pola hidup sehat terdiri dari kebiasaan sehat atau healthy habits yang meliputi healthy diet, healthy physical activity level, healthy body weight, no smoking, dan moderate alcohol intake. Dari sini, dapat dilihat bahwa pola hidup sehat berkaitan dengan kebiasaan-kebiasan yang dilakukan sehari-hari.

Pola hidup sehat penting  diterapkan karena memiliki berbagai manfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain. Menurut WHO dalam Healthy Living, ada 3 manfaat utama pola hidup sehat, yaitu:

  1. Mencegah penyakit kronis dan kematian dini. Tidak semua penyakit dapat dicegah, namun penelitian memperlihatkan bahwa pola hidup sehat dapat mencegah penyakit berat seperti diabetes, jantung koroner, dan kanker.
  2. Lebih menikmati hidup. Anda dapat bebas melakukan aktivitas apapun karena kondisi fisik dan mental yang optimal.
  3. Mewujudkan keluarga yang lebih bahagia. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat menjadi role model yang baik untuk keluarga, khususnya anak-anak. Anda juga dapat menciptakan lingkungan yang sehat agar mereka dapat tumbuh dengan baik.

Lalu, Langkah Apa Saja yang Dapat Anda Lakukan Untuk Menerapkan Pola Hidup Sehat?

1. Makan Sehat dan Gizi Seimbang

Pernahkah Anda mendengar ungkapan “you are what you eat”? Pada kenyataannya, makanan yang dikonsumsi memang benar mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Maka dari itu, penting untuk menyeimbangkan kandungan gizi dalam makanan Anda.

Agar mempermudah, Anda dapat menggunakan rumus gizi seimbang Kementerian Kesehatan Indonesia dalam kampanye Isi Piringku. Menurut Kemenkes, makanan sehari-hari harus mencakup makanan pokok dan lauk pauk yang masing-masing terdiri dari ⅔ dan ⅓ dari setengah piring. Sedangkan setengah piring lainnya terdiri dari ⅓ buah-buahan, dan ⅔ sayuran.

Baca JugaPerlukah Asuransi Kesehatan Jika Tidak Sakit?

2. Minum Air Putih yang Cukup

Air putih 8 gelas (2 liter) sehari dapat membantu memperlancar proses metabolisme dan membuat tubuh senantiasa terhidrasi. Anda dapat membuat pengingat untuk minum setiap selesai makan. Selalu bawa air putih jika Anda beraktivitas di luar rumah. Anda juga dapat membuat infused water untuk membuat air yang Anda minum lebih enak dan segar.

Baca JugaAsuransi Kesehatan Keluarga Yang Tepat Untuk Pasangan Baru

3. Olahraga

Olahraga tidak harus selalu dilakukan di gym atau di luar ruangan. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah seperti push up, sit up, naik-turun tangga, atau pun berjalan-jalan di koridor rumah Anda. Olahraga ringan ini dapat Anda lakukan setiap hari hanya dengan durasi 30 menit. Jadi, Anda yang punya kesibukan pun tetap dapat melakukannya.

Baca JugaWujudkan Kesejahteraan dengan Menerapkan 5 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan Anda. Menurut CDC, orang dewasa butuh setidaknya 7 jam waktu tidur setiap harinya. Tidur yang cukup dapat membantu menaikkan mood dan membuat Anda lebih fokus menjalani aktivitas keesokan harinya.

5. Kelola Stres

Selain kesehatan fisik, kondisi mental juga harus diperhatikan dalam pola hidup sehat. Untuk mental yang sehat, Anda dapat mengelola stres dengan melakukan meditasi secara rutin. Selain meditasi, melakukan hobi dan kesenangan Anda saat akhir pekan juga bisa mengurangi tingkat stres Anda.

Baca Juga5 Alasan Anda Harus Punya Asuransi Kesehatan Pribadi

Sampai di sini, Anda telah memahami pentingnya pola hidup sehat dan bagaimana langkah-langkahnya. Pola hidup sehat berguna untuk menghindarkan Anda dari penyakit dan mewujudkan kehidupan lebih tenang di masa kini dan nanti. Namun, sebagai tindakan preventif, pola hidup sehat tidak dapat memastikan 100% bahwa hal-hal yang tak diinginkan tidak akan terjadi.

Maka dari itu, MiUltimate Critical Care (MiUCC) bisa jadi pertimbangan untuk memastikan Anda memiliki perlindungan jika terkena risiko penyakit kritis. Asuransi ini memberikan perlindungan selama 20 tahun dari 50 jenis penyakit kritis, seperti kanker, jantung, stroke dan lain-lain. Tidak hanya itu, terdapat pengembalian premi 160% jika tidak terjadi klaim hingga akhir masa perlindungan. Dengan demikian Anda dapat lebih maksimal menjaga kesehatan dan juga memberikan keamanan finansial bagi keluarga tercinta.

Rencanakan Kesehatan Anda dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    MiEClaim: Solusi Pengajuan Klaim Ringkas Tanpa Kertas, Dimana Saja, Kapan Saja

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya