Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya

Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Langkah-Langkah Perencanaan Keuangan Sebagai Perlindungan Finansial Keluarga

Setiap orang pasti ingin mewujudkan kehidupan yang tenang, nyaman dan sejahtera bagi orang-orang yang ia cintai. Bagi orang tua, misalnya, ia tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya mulai dari rumah yang nyaman, kecukupan gizi dan perlindungan kesehatan, sampai pendidikan yang terbaik. 

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Pentingnya Mempersiapkan Masa Pensiun

Untuk kesana, pertama-tama seseorang perlu bekerja keras dan memiliki pendapatan yang bisa ia gunakan untuk menutupi berbagai kebutuhan sebagai perlindungan finansial. Namun, memiliki pendapatan yang memadai saja ternyata tidak cukup untuk mewujudkan kehidupan yang tenang dan sejahtera. 

Ada banyak kasus di mana seseorang dengan pendapatan yang relatif besar, nyatanya tidak menjamin perlindungan finansial dan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi keluarganya. Terjerat utang konsumtif, kesulitan mengendalikan pengeluaran gaya hidup, hingga ketidaksiapan mengantisipasi pengeluaran besar tak terduga yang mengakibatkan guncangan keuangan. Misalnya, kejadian sakit yang menguras banyak biaya, kehilangan pekerjaan, terhentinya nafkah utama keluarga, dan lain sebagainya.

Perlu pengelolaan keuangan yang sehat serta perencanaan keuangan yang matang supaya upaya mewujudkan perlindungan finansial dan kesejahteraan keluarga bisa lebih mungkin tercapai. Selain itu, dua hal tersebut juga dapat membantu Anda memastikan kesejahteraan serta stabilitas keuangan keluarga menjadi lebih berkelanjutan.

Perencanaan Keuangan Untuk Perlindungan Finansial

Pada dasarnya perencanaan keuangan adalah proses mencapai tujuan keuangan seperti pembelian rumah, dana pendidikan anak, perencanaan pensiun dan lain-lain, melalui manajemen keuangan terintegrasi dan terencana. Tujuan utama perencanaan keuangan adalah agar tercipta kondisi bebas finansial yakni bebas utang, lunas KPR, terproteksi secara finansial dari risiko apapun yang mungkin terjadi dan mampu menutup kebutuhan hidup dari pendapatan pasif.

Mengacu pada pengertian tersebut, perencanaan keuangan bukanlah melulu persoalan investasi di instrumen pasar keuangan. Sebelum masuk ke tahap itu, pertama-tama seseorang perlu mengupayakan keuangannya sudah cukup sehat terlebih dulu. Salah satunya adalah dengan memastikan arus kas rutin lancar dan tidak mengalami defisit. 

Nah, bagaimana bila masih defisit? Ada dua hal yang bisa lakukan. Pertama, menambah pendapatan supaya defisit bisa tertutup dan tidak terus terjadi. Kedua, mengupayakan penghematan terutama untuk pos pengeluaran yang sifatnya tersier atau gaya hidup. 

Setelah arus kas positif, Anda bisa memulai rencana keuangan lebih dulu dengan membangun dana darurat yang penting sebagai shock breaker bila terjadi guncangan keuangan mendadak. Bangun dana darurat dengan cara menyisihkan minimal 10%-20% pendapatan sebagai tabungan dana darurat hingga nilainya memadai, rata-rata enam kali nilai pengeluaran rutin bulanan.

Tempatkan tabungan dana darurat di instrumen yang likuid (mudah dicairkan) seperti tabungan bank, deposito atau reksa dana pasar uang.

Proteksi Asuransi

Paralel dengan langkah membangun kecukupan dana darurat, Anda bisa memulai juga pemenuhan kebutuhan proteksi asuransi. Asuransi dibutuhkan untuk menutup risiko kerugian finansial dalam jumlah besar saat ada kejadian tak terduga di mana nilai kerugiannya kemungkinan akan sulit ditutup oleh dana darurat.

Pasalnya, dana darurat nilainya terbatas dan lebih diarahkan untuk menutup kebutuhan tak terduga yang tidak bisa ditunda pemenuhannya. Adapun asuransi diarahkan untuk menutup risiko finansial dalam nilai lebih besar yang kadangkala nilainya sulit diperkirakan.

Misalnya, kejadian sakit yang membutuhkan biaya pengobatan. Dana darurat mungkin bisa digunakan bila kejadian sakit yang terjadi adalah sakit ringan. Namun, bila yang terjadi sebaliknya yaitu sakit yang cukup parah dan membutuhkan banyak biaya, dana darurat akan kesulitan menutup. Akan tetapi, bila Anda memiliki asuransi kesehatan, kebutuhan biaya pengobatan itu bisa ditanggung oleh asuransi dalam jumlah yang lebih besar.

Beberapa asuransi yang penting dimiliki pemula dalam perencanaan keuangan dan perlindungan finansial, pertama, asuransi jiwa bagi pencari nafkah keluarga. Asuransi jiwa berperan melindungi nilai ekonomi pencari nafkah. Sehingga ketika pencari nafkah tutup usia, kelangsungan finansial keluarga yang selama ini menjadi tanggungan tetap terjamin. 

Kedua, asuransi kesehatan untuk seluruh anggota keluarga. Asuransi kesehatan berguna untuk membatasi risiko kerugian finansial ketika suatu saat terjadi kejadian sakit yang membutuhkan biaya pengobatan yang kerap menguras biaya besar.

Setelah beberapa hal terpenting di atas yaitu cashflow sehat, dana darurat aman dan proteksi dasar terpenuhi, Anda bisa melangkah ke tahap rencana keuangan yang selanjutnya. Yakni dengan menjalankan investasi untuk tujuan keuangan yang lebih spesifik misalnya persiapan biaya sekolah anak, persiapan dana pensiun hingga persiapan pembelian rumah pertama dan lain sebagainya.

Dengan perencanaan keuangan yang matang sesuai prioritas, cita-cita mewujudkan perlindungan finansial dan kesejahteraan keluarga bisa lebih mungkin diwujudkan. Penuhi kebutuhan perlindungan keluarga sehingga proses perencanaan keuangan dapat dijalankan lebih ideal dan pada akhirnya bisa membawa kesejahteraan keluarga yang berkelanjutan. 

Hubungi Life Planner Kami!

Hubungi Kami Sekarang!

 

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya