Memiliki proteksi untuk diri sendiri maupun keluarga merupakan salah satu pondasi penting yang perlu Anda miliki bila ingin mendapatkan keuangan yang sehat dan berniat meraih kebebasan finansial alias financial freedom. Baik itu menyangkut asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi pendidikan.
Asuransi menjadi bagian dari manajemen risiko finansial yang bisa membantu Anda menjaga stabilitas keuangan pribadi dan memperkecil guncangan finansial dari berbagai risiko. Mulai dari guncangan keuangan karena kematian pencari nafkah utama, risiko finansial karena kejadian sakit keras ataupun kecelakaan.
Sejauh ini, kesadaran berasuransi di tengah masyarakat Indonesia juga terlihat semakin meningkat. Berdasarkan data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), pada 2022 tercatat jumlah orang yang sudah terproteksi asuransi (menjadi tertanggung asuransi) di industri asuransi jiwa, termasuk asuransi kesehatan, mencapai 85,01 juta orang, naik 30,4% dari 2021 sebesar 65,2 juta orang.
Semakin tingginya kesadaran orang Indonesia untuk berasuransi, hal itu menjadi kabar baik yang bisa mendorong pengelolaan keuangan pribadi yang lebih baik. Dengan begitu, harapan untuk kesejahteraan keuangan yang lebih stabil bisa selangkah lebih dekat diwujudkan karena risiko finansial lebih terkendali.
Untuk bisa mengoptimalkan manfaat keberadaan asuransi, pertama-tama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan memilih asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Berikutnya, penting bagi nasabah Asuransi untuk memahami cara klaim asuransi supaya manfaat asuransi yang dimiliki bisa dinikmati.
Maklum, kadangkala manfaat asuransi gagal diklaim karena nasabah belum cukup memahami persyaratan klaim asuransi sehingga klaim manfaat asuransi jadi gagal atau sulit.
Klaim asuransi berarti Anda selaku pemegang polis mengajukan manfaat yang tertera dalam polis asuransi. Manfaat yaitu jenis-jenis risiko yang sudah Anda alihkan pada penanggung (pihak asuransi). Misalnya, dalam asuransi kesehatan, ada manfaat rawat inap, manfaat rawat jalan, manfaat bedah dan lain sebagainya.
Ketika terjadi kejadian sakit, seorang pemegang polis bisa mengklaim manfaat sesuai yang tertera dalam ketentuan dan persyaratan yang termuat di buku polis asuransi.
Cara klaim asuransi bisa dengan cashless di tempat atau ada juga yang melalui proses reimbursement. Bila klaim asuransi cashless maka pemegang polis tidak perlu mengeluarkan uang lebih dulu karena pihak penanggung yaitu perusahaan asuransi langsung menutup pengeluaran terkait.
Supaya klaim asuransi bisa berjalan sesuai harapan dan manfaat asuransi bisa dinikmati, pastikan Anda memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
Asuransi akan sangat bermanfaat dalam mendukung pengelolaan keuangan dalam hal meminimalisir risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi. Dengan memahami cara klaim asuransi yang tepat, proses pengajuan klaim asuransi bisa berjalan lancar sehingga manfaat asuransi bisa Anda dapatkan sesuai harapan.
Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.
Error:
Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.
Kunjungi laman menarik lainnya:
Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia