Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife tidak beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Manulife Indonesia tetap melayani Anda pada hari kerja melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife tidak beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Manulife Indonesia tetap melayani Anda pada hari kerja melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Manajemen

Ryan Charland,  Presiden Direktur & CEO Manulife Indonesia

Ryan Charland

Presiden Direktur & CEO, Manulife Indonesia

Ryan Charland adalah Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Manulife Indonesia efektif sejak Juli 2019.

Beliau bertanggung jawab memimpin bisnis Manulife di Indonesia untuk membantu lebih dari 2,5 juta nasabah mencapai tujuan keuangan dan aspirasi mereka, melalui berbagai solusi inovatif yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. 

Sebelumnya, Ryan memimpin Manulife Filipina sejak Januari 2014. Beliau dikenal sebagai CEO berusia muda yang mampu mendorong pertumbuhan luar biasa bagi perusahaan. Di bawah kepemimpinannya, Manulife Filipina meluncurkan serangkaian inisiatif digital yang berpusat pada nasabah, seperti electronic point of sales (ePos) untuk tenaga pemasar, aplikasi kinerja dana (iFunds), Manulife Online (CWS), auto underwriting dan aplikasi ponsel ManulifeMOVE; meningkatkan jumlah tenaga agen dari di bawah 4.000 hingga mencapai hampir 10.000 agen; mendirikan Manulife Asset Management dan Trust Corporation; memperbarui dan memperluas kemitraan perusahaan dengan ChinaBank; dan memulai babak baru dalam sejarah panjang perusahaan dengan pindah ke NEX Tower yang modern.

Ryan bergabung dengan Manulife pada Agustus 2003 dan telah bekerja untuk Manulife Financial dalam berbagai fungsi kepemimpinan selama lebih dari 15 tahun. Pengalamannya telah memperkuat kepemimpinan dan keahliannya dalam pengembangan produk, keuangan, dan manajemen risiko perusahaan.

Ryan meraih gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Komputer dan Ilmu Aktuaria dari University of Toronto. 

Karjadi Pranoto

Direktur dan Chief EB & Syariah Distribution

Karjadi Pranoto menjabat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Maret 2017.

Di samping perannya sebagai Direktur, Karjadi juga menjabat Chief EB & Syariah Distribution efektif mulai Desember 2018, di mana ia bertanggung jawab untuk mengawasi PT Buanadaya Sarana Indonesia (anak perusahaan Manulife Indonesia), Corporate Distribution, Pension Business, Pension Risk Management, Employee Benefits, serta Unit Syariah.

Karjadi memulai kariernya di industri asuransi pada tahun 1999 dengan Principal Indonesia. Beliau bergabung dengan Manulife pada tahun 2001 dengan berfokus pada strategi penjualan EB Distribution. Pada bulan September 2012, Karjadi ditunjuk sebagai Head of Employee Benefits Distribution yang bertanggung jawab untuk memimpin seluruh penjualan korporasi dan menjalin hubungan dengan broker asuransi di Indonesia.

Selama 16 tahun kariernya di Manulife, Karjadi berhasil mengembangkan Strategi Pertumbuhan Employee Benefits secara memuaskan. Berkat komitmen serta kontribusi yang luar biasa terhadap perusahaan, ia pernah meraih penghargaan Global Star of Excellence 2014.

Karjadi merupakan lulusan Institut Pertanian Bogor di mana ia memperoleh gelar Sarjana Teknik Pertanian.

Apriliani Siregar

Direktur Kepatuhan (Compliance Director)

Apriliani Siregar telah menjabat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Januari 2016.

Selain perannya sebagai direktur, Apriliani juga menjabat sebagai Compliance Director di Manulife Indonesia sejak tahun 2011, di mana ia bertanggung jawab pada fungsi Legal dan Compliance sekaligus mengawasi fungsi Corporate Secretary/Corporate Governance dan Business-Government Relations di dalam perusahaan.

Berkat komitmen serta kontribusi yang luar biasa terhadap perusahaan, ia pernah meraih penghargaan sebagai Manulife Asia Star of Excellence pada tahun 2012. Apriliani juga dipercaya sebagai Dewan Pembina Global Women's Alliance (GWA) Manulife Indonesia.

Sebelum bergabung dengan Manulife Indonesia, Apriliani telah memiliki pengalaman lebih dari 13 tahun bekerja sebagai konsultan hukum di berbagai firma dan Head of Legal & Compliance di salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia. Saat ini Apriliani merupakan salah satu pengurus Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Apriliani juga terdaftar sebagai anggota dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI). Apriliani meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia.

Colin Startup

Direktur dan Chief Financial Officer

Colin Startup menjabat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Maret 2017.

Di samping perannya sebagai Direktur, Colin menjabat Chief Financial Officer sejak tahun 2013. Ia bertanggung jawab pada fungsi Investment, Finance, Accounting and Controlling, Pelaporan Aktuaria, Experience Planning dan MIS.

Colin memiliki lebih dari 37 tahun pengalaman di dalam industri asuransi, termasuk di pasar Asia, dan telah bekerja untuk Manulife sejak 2005 dengan menduduki sejumlah posisi di kantor regional Manulife di Hong Kong, dan menjadi Chief Financial Officer di Manulife Singapura. Ia adalah seorang Aktuaris profesional yang mendapat predikat Fellow of The Institute of Actuaries di Inggris. Sebelum memasuki pasar Asia, Colin menduduki beragam posisi senior di industri asuransi di Inggris dan menangani berbagai lingkup pekerjaan, seperti Product Development dan Pricing, Marketing, Wealth Management dan Strategy.

Colin merupakan lulusan dari Warwick University, Inggris, dimana ia memperoleh gelar Bachelor of Honors untuk bidang Matematika, Penelitian Operasional, Statistik & Ekonomi.

Novita J. Rumngangun
(Novita Yuliani)

Direktur dan Chief Marketing Officer

Novita J. Rumngangun diangkat sebagai Direktur di PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Maret 2017.

Di samping perannya sebagai Direktur, Novita menjabat Chief Marketing Officer, posisi yang ia duduki sejak tahun 2013, di mana ia memimpin seluruh aspek Marketing termasuk Design & Collateral, Marketing Strategy & Budget, Brand & Product Campaign, Corporate Communications & PR, Event & Convention Management, Broadcasting & CSR. Efektif Februari 2021, Novita memegang peranan baru yakni perluasan tanggung jawab tambahan membawahi Digital, Analytics, dan Customer Experience Initiatives.

Di bawah kepemimpinan Novita pada divisi Marketing, Manulife Indonesia meraih penghargaan “Industry Marketing Champion 2019” dari MarkPlus Inc dan Indonesia Marketing Association (IMA), serta “The Most Engaging Brand on Social Media” dari medcom.id pada Desember 2019. Pada November 2019 dan 2016, Novita dianugerahi “The Most Influential Global Marketing Leaders” pada The World Marketing Congress di Mumbai, India. Novita juga menjadi salah satu dari “73 Wanita Tangguh 2018” versi majalah Women’s Obsession.

Masih di tahun yang sama, Novita menerima “Women Super Achiever Award” dari ajang Femina Presents 5th Women Leadership Congress & Awards di India; serta  “Women Entrepeneur of The Year” untuk kategori Insurance di International Finance Leadership Awards 2018. Ia pun  dianugerahi gelar 100 Most Impactful CSR Leaders pada "The World CSR Day" yang digelar pada Februari 2017 lalu.

Novita menjadi satu-satunya pemenang dari industri asuransi dan orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan “Women Leadership Excellence Award: Asia's 50 Women Leaders” dalam ajang 7th CMO Asia Awards for Excellence in Branding and Marketing yang diselenggarakan di Singapura pada Agustus 2016. Atas prestasi dan kontribusinya pada perusahaan, ia juga meraih penghargaan Manulife Global Stars of Excellence 2015 di Toronto, Kanada. 

Novita merupakan Ketua Dewan Pembina Yayasan Manulife Peduli, sebuah organisasi sosial Manulife Indonesia yang berfokus pada literasi keuangan serta berbagai kegiatan sosial. Novita juga berperan sebagai Dewan Pembina Global Women Alliance (GWA) Manulife Indonesia.

Novita memiliki lebih dari 22 tahun pengalaman di industri asuransi jiwa dengan beragam tanggung jawab yang mayoritas berfokus pada Sales dan Marketing. Sebelum bergabung dengan Manulife, ia merupakan Direktur Marketing & Operations MNC Life selama 3 tahun.

Novita mendapat gelar Master of Social Science (ASIAN Government) dari University of Queensland, Australia.

Hans De Waal

Direktur dan Chief of Product & Inforce

Hans De Waal menjabat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Februari 2018.

Johannes W. M. De Waal (Hans De Waal) menjabat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada Februari 2018. Selain menjabat sebagai Direktur, Hans juga dipercaya untuk melanjutkan perannya sebagai Chief of Product & Inforce efektif April 2021; di mana ia bertanggungjawab untuk memberikan berbagai solusi andalan kepada nasabah, menyeimbangkan profitabilitas dan manajemen risiko, serta mengelola bisnis inforce.

Hans merupakan eksekutif asuransi jiwa senior yang memiliki pengalaman kuat di bidang keuangan, aktuarial, akuntansi, dan operasional selama lebih dari 20 tahun. Ia memiliki kesuksesan rekam jejak sebagai Head of Product Development, Chief Actuary, Chief Partnership Business Officer, serta Chief Operating Officer Manulife Indonesia. Di bawah kepemimpinannya sebagai Chief Operating Officer, Hans telah meningkatkan engagement tim serta membuat kemajuan dalam perjalanan transformasi Manulife Indonesia.

Hans De Waal memiliki gelar MBA di bidang Akuntansi dan Keuangan dari University of Liverpool dan mendapatkan gelar sarjana jurusan Actuarial Science dari University of Amsterdam.

Meylindawati

Direktur dan Chief Financial Officer

Meylindawati diangkat sebagai Direktur PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia pada 4 Agustus 2020. Di samping perannya sebagai Direktur, Meylindawati menjabat sebagai Chief Financial Officer sejak Maret 2020.

Sebelum bergabung dengan Manulife, Meylinda telah menjabat sebagai CFO Allianz Life Indonesia sejak tahun 2012. Meylinda memiliki 20 tahun pengalaman kerja dengan Allianz Indonesia, dimulai sejak tahun 1999 dan kemudian menanjak dari Manajer Akuntansi ke Head Accounting, Finance dan Risk Management sebelum memegang jabatan sebagai CFO. 

Sebagai CFO, ia berhasil memimpin program Transformasi Keuangan di Allianz dan dinobatkan sebagai salah satu CFO Terbaik di Indonesia Best CFO 2019 Conference & Awarding, yang diselenggarakan oleh Majalah SWA dan Accenture.

Sebelum di Allianz, Meylinda bekerja di beberapa kantor Akuntan Publik di Indonesia, yaitu Cooper & Lybrand Siddharta & Harsono, KPMG Hanadi Sudjendro, dan KPMG Siddharta Siddharta & Harsono. 

Meylinda meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Tarumanagara.

Kevin J. Kwon

Direktur & General Manager Agency, Manulife Indonesia

Kevin J. Kwon adalah Direktur dan General Manager Agency Manulife Indonesia efektif sejak 23 Desember 2020. Beliau bertanggung jawab memimpin bisnis agen asuransi Manulife, untuk membantu lebih banyak masyarakat dan keluarga Indonesia mencapai tujuan keuangan dan mewujudkan semakin hari semakin baik.

Sebelum bergabung dengan Manulife Indonesia, Kevin merupakan Chief Operation Officer Manulife Vietnam sejak September 2017. Beliau bertanggung jawab untuk memimpin operasional sehari-hari dan inisiatif transformasi digital yang merupakan kunci untuk mencapai prioritas strategis Manulife. Kevin mempunyai rekam jejak kesuksesan sebagai Co-Head of Strategy & Corporate Development Manulife Asia, di mana dia berhasil memimpin dan membangun kerja sama strategis dengan sejumlah mitra bank di Asia.

Kevin memiliki lebih dari 21 tahun pengalaman kerja dalam berbagai bidang, termasuk di antaranya 14 tahun pengalaman di industri asuransi jiwa. Pengalamannya telah memperkuat kepemimpinan dan keahliannya dalam hal perencanaan strategis, keuangan, pengembangan produk, dan strategi digital.

Kevin memiliki gelar MBA di bidang Finance, Strategy, Accounting dari Tepper School of Business, Carnegie Mellon University; dan meraih gelar sarjana dari Indiana University - Kelley School of Business. 

Jajaran Direksi PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia juga bertindak sebagai pengurus Unit Bisnis Syariah dan Pengurus Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Struktur Organisasi 

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia

Struktur Organisasi

PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia