Kami, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Syariah dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia (“Kami” atau “Manulife Indonesia”) mengumpulkan data pribadi dari tertanggung, peserta, pemegang polis, penerima manfaat, pemilik manfaat, peserta DPLK, peserta pemberi kerja DPLK, ahli waris serta individu-individu lainnya yang kami peroleh data pribadinya ("Anda”) dalam melakukan kegiatan usaha Kami. Kami memahami bahwa privasi dan penggunaan informasi pribadi Anda merupakan hal yang penting. Kami menetapkan ketentuan tentang pemrosesan data pribadi Anda, hak-hak apa yang Anda miliki, dan bagaimana Anda dapat menghubungi Kami apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai informasi di bawah ini
Data pribadi adalah informasi tentang Anda, seperti nama, tanggal lahir, detail kontak dan data kesehatan Anda. Kami mengumpulkan data pribadi Anda yang diperlukan bagi kami untuk menyediakan produk atau layanan yang Anda minta ataupun untuk mematuhi persyaratan hukum atau melaksanakan kontrak. Namun, jika Anda tidak dapat memberikan data pribadi tertentu yang secara mutlak diperlukan bagi kami untuk menyediakan produk dan/atau layanan kami kepada Anda, kami tidak akan dapat memberikan kepada Anda produk dan/atau layanan tersebut.
Kami dapat mengubah Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dengan memperbarui halaman Kebijakan Privasi pada situs web kami. Dalam hal terdapat perubahan Kebijakan Privasi, kami akan menyampaikan pemberitahuan kepada Anda dan, apabila diperlukan, meminta persetujuan terlebih dari Anda. Oleh karena itu, Kami menganjurkan Anda untuk memeriksa Kebijakan Privasi pada situs web kami dari waktu ke waktu.
Kebijakan Privasi ini tidak mengenyampingkan ketentuan-ketentuan dari polis asuransi atau kontrak yang Anda miliki bersama kami, maupun hak-hak yang Anda miliki berdasarkan peraturan perundang-undangan tentang pelindungan data pribadi yang berlaku.
Kami juga dapat meminta Anda untuk memberikan informasi dan data pribadi terkait pihak lainnya untuk keperluan penyediaan produk atau layanan asuransi yang Anda ajukan kepada kami ataupun untuk mematuhi persyaratan hukum atau melaksanakan kontrak, seperti data pribadi anggota keluarga Anda yang menjadi tertanggung, peserta atau penerima manfaat dalam polis asuransi Anda. Dalam hal tersebut, Anda mengonfirmasi bahwa Anda telah mendapatkan persetujuan dari individu terkait untuk membagikan dan memroses data pribadi mereka kepada kami untuk tujuan-tujuan yang disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini atau yang sebagaimana dapat diberitahukan kepada Anda dan untuk bertindak atas nama individu tersebut untuk keperluan ini, dan Anda setuju untuk memberikan pernyataan tertulis kepada kami untuk menegaskan hal tersebut.
Kami dapat memperoleh dan memroses data pribadi mengenai anak yang berusia di bawah 18 tahun. Dalam hal tersebut, kami akan meminta persetujuan dari orang tua atau wali anak tersebut untuk pengumpulan dan pemrosesan data pribadi anak.
Kami akan mengumpulkan data pribadi dari sumber umum sebagai berikut:
Dalam keadaan dimana seorang yang berkebutuhan khusus (disabilitas) tidak dapat memberikan persetujuan atau anak yang berusia di bawah 18 tahun, kami akan meminta persetujuan dari wali atau orang tua (sebagaimana berlaku) untuk pengumpulan dan pengolahan data pribadi dari pihak yang berkebutuhan khusus atau anak tersebut.
Kami, akan menggunakan data pribadi yang Anda berikan kepada kami, bersama dengan informasi lainnya, untuk tujuan berikut:
Tujuan Pemrosesan Data Pribadi |
Dasar hukum untuk pemrosesan |
Administrasi produk dan layanan kami, termasuk yang memungkinkan kami untuk melakukan kewajiban kami kepada Anda dan untuk memberikan layanan yang relevan seperti yang dibahas dengan Anda sebelum pembelian suatu produk atau layanan. Administrasi produk dan layanan kami termasuk, namun tidak terbatas pada: | Diperlukan untuk pelaksanaan kontrak kami dengan Anda atau untuk mengambil langkah-langkah sebelum menandatangani kontrak dengan Anda. |
(i) proses pengajuan permohonan asuransi; | |
(ii) penerbitan Polis; | |
(iii) penilaian risiko asuransi [(termasuk, apabila diperlukan, untuk pemeriksaan latar belakang); | |
(iv) kegiatan operasional Manulife Indonesia | |
(v) pengajuan dan penanganan setiap klaim (termasuk namun tidak terbatas pada pemeriksaan dan investigasi klaim); | |
(vi) pembayaran manfaat asuransi/klaim; | |
(vii) keperluan ko-asuransi termasuk penanganan klaim yang timbul atas ko-asuransi; | |
(viii) pelayanan nasabah termasuk penanganan keluhan/komplain; | |
Melakukan pemeriksaan menggunakan agen, pihak ketiga yang bekerja sama dengan Manulife Indonesia, atau informasi yang tersedia untuk umum (lihat bagian Pemeriksaan Referensi untuk lebih lanjut). |
|
Penyediaan layanan nasabah, termasuk, namun tidak terbatas, pada permintaan informasi nasabah, pemberitahuan dalam hal adanya perubahan informasi atau yang berkaitan dengan produk dan layanan yang Anda gunakan. |
Diperlukan untuk pelaksanaan kontrak kami dengan Anda. Setelah kontrak kami dengan Anda selesai, kepentingan sah kami adalah untuk pemenuhan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan keperluan hukum lainnya seperti proses pengadilan (jika ada). |
Menyimpan informasi Anda untuk menjalankan administrasi bisnis internal lainnya. |
|
Mematuhi peraturan atau persyaratan dan proses hukum yang melibatkan Manulife Indonesia dan/atau tenaga pemasarnya termasuk, namun tidak terbatas, pada yang berkaitan dengan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, penipuan, dan kejahatan keuangan lainnya serta melakukan pelaporan kepada otoritas yang berwenang. |
Kepatuhan dengan kewajiban hukum kami. |
Merancang dan menyediakan untuk Anda produk dan layanan asuransi, keuangan, dan produk dan layanan yang terkait. |
Persetujuan yang sah |
Pengambilan keputusan atau pembuatan profil otomatis, yang tidak menimbulkan akibat hukum atau yang tidak memiliki dampak signifikan terhadap Anda. | Kepentingan yang sah lainnya |
Kami juga dapat menganonimkan, menggabungkan, atau mengagregasi informasi apa pun yang kami kumpulkan untuk tujuan-tujuan di atas atau untuk menganalisis statistik dan tren penggunaan (termasuk penggunaan teknologi baru). Kami berusaha untuk melindungi kerahasiaan dan keamanan data pribadi yang kami miliki, simpan atau kendalikan dengan cara: (i) membatasi akses terhadap data pribadi tersebut; dan (ii) menjaga upaya perlindungan administratif, teknis dan fisik yang wajar untuk melindungi dari kehilangan, penyalahgunaan atau pengungkapan data pribadi yang melanggar hukum
Selain itu, kami dapat menggunakan data pribadi yang Anda berikan kepada kami, bersama dengan informasi lain, dan membagikan data pribadi Anda kepada pihak lainnya (seperti perusahaan terafiliasi kami dan/atau Mitra Pemasaran kami) untuk keperluan mengirimkan kepada Anda tawaran pemasaran terhadap produk dan layanan kami secara langsung melalui sarana baik elektronik seperti dengan menghubungi Anda melalui telepon, surel/email, media sosial maupun media elektronik lainnya dan non-elektronik termasuk melalui pos, serta mengirimkan Anda perkenalan tentang produk dan juga layanan dari pihak ketiga yang dipilih dengan cermat melalui pos. Dasar hukum kami untuk pemrosesan ini adalah berdasarkan pada persetujuan Anda. Apabila Anda hendak menarik persetujuan Anda terhadap penggunaan informasi pribadi untuk tujuan pemasaran produk dan layanan kami secara langsung, Anda dapat menghubungi Manulife Customer Contact Center melalui telepon di 021 2555 7777 dan e-mail ke CustomerServiceId@manulife.com atau CustomerSyariahID@manulife.com
Kami akan membagikan informasi pribadi dan kesehatan Anda kepada perusahaan lain di dalam Manulife Financial Group dan kepada mitra bisnis finansial/kesehatan yang bekerja sama dengan kami dan penyedia layanan pihak ketiga (termasuk namun tidak terbatas pada perusahaan asuransi, perusahaan reasuransi, tenaga pemasar, broker, kurir, tenaga medis, penyedia jasa kesehatan, rumah sakit, klinik, penyedia jasa bantuan kesehatan dan perjalanan, pengacara dan firma layanan profesional lainnya, bank, akuntan, aktuaris, auditor, ahli, konsultan, lembaga keuangan, wali amanat dan penyedia layanan pihak ketiga lainnya yang memberikan layanan administrasi, telekomunikasi, komputer, pembayaran, pencetakan, penukaran, atau layanan lain kepada kami untuk memungkinkan kami mengoperasikan bisnis kami), perusahaan peninjauan tagihan medis dan perusahaan investigasi klaim untuk keperluan pemrosesan klaim, asosiasi dan federasi industri, penasihat profesional, penyedia bantuan yang dapat membantu menyediakan bagi Anda bantuan dalam hal klaim, lembaga pencegahan kejahatan keuangan, instansi pemerintah dan otoritas (termasuk Otoritas Jasa Keuangan dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) dan agen penegak hukum lainnya di Indonesia dan seluruh dunia, lembaga dan organisasi yang bekerja untuk mencegah penipuan dalam layanan keuangan, pemberi kerja Anda atau perusahaan yang bertindak atas nama pemberi kerja Anda untuk memantau, mengaudit, atau mengelola layanan kami dan memenuhi kewajiban kontraktual terkait dengan layanan kami (dalam hal Anda berhak atas layanan kami karena pemberi kerja Anda telah menandatangani perjanjian dengan kami untuk memberikan Anda perlindungan asuransi dan perlindungan tambahan serta layanan lainnya sesuai yang berlaku), dan periset untuk tujuan apa pun yang ditetapkan dalam bagian Bagaimana kami menggunakan data pribadi Anda dan Legalitas Pemrosesan Data Pribadi Anda. Jika Anda memiliki polis bersama, orang lain tersebut mungkin menerima data pribadi Anda juga. Jika sesuai, kami juga dapat meneruskan data pribadi Anda ke lembaga pencegahan kejahatan keuangan, badan hukum, peraturan atau pemerintah.
Kami dapat memproses data pribadi Anda di negara selain negara tempat Anda tinggal. Sepanjang kami mentransfer data pribadi Anda, kami akan menggunakan pengamanan yang tepat dan dengan mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kami mungkin perlu untuk membagikan data pribadi Anda kepada lembaga pemerintahan apabila diperlukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Data pribadi Anda akan diproses selama masa hubungan kerja sama Anda sebagai nasabah dengan Manulife Indonesia. Dalam hal berakhirnya hubungan kerja sama Anda sebagai nasabah dengan Manulife Indonesia, maka pemrosesan data pribadi akan berakhir.
Data pribadi Anda akan disimpan selama Anda menjadi nasabah kami dan untuk jangka waktu 10 (sepuluh) tahun setelah tujuan pengumpulan data pribadi (sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan Privasi ini atau polis asuransi) telah terpenuhi, termasuk ketika berakhirnya hubungan dengan nasabah karena pembatalan atau berakhirnya polis asuransi.
Kami dapat menyimpan data pribadi Anda lebih lama dari jangka waktu yang disebutkan di atas dalam kondisi-kondisi tertentu, antara lain: (i) apabila kami diwajibkan atau diizinkan untuk melakukan hal tersebut sesuai dengan ketentuan hukum, perpajakan, akuntansi dan/atau oleh lembaga pemerintah; (ii) dalam hal terdapat keluhan atau keberatan, sehingga kami dapat memiliki catatan yang akurat mengenai hubungan Anda dengan kami; atau (iii) apabila kami, secara wajar, yakin bahwa akan terjadi proses sengketa yang berkaitan dengan ataupun memerlukan pemrosesan data pribadi Anda.
Dalam hal data pribadi Anda tidak lagi diperlukan, kami akan memastikan agar data pribadi tersebut dimusnahkan atau disimpan dengan suatu metode yang mengakibatkan data tersebut tidak lagi dapat digunakan untuk mengidentifikasi Anda atau untuk keperluan usaha.
Untuk produk tertentu, kami dapat menggunakan Lembaga Penyedia Referensi Kredit (Bank Indonesia), investigator klaim, data Kependudukan dan Pencatatan Sipil, basis data yang dikelola oleh lembaga pemerintah atau informasi yang tersedia untuk umum, untuk membantu kami memeriksa identitas Anda, serta untuk mencegah penipuan dan pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme, termasuk, namun tidak terbatas pada, pemeriksaan pada alamat Anda saat ini atau sebelumnya. Hasil pemeriksaan ini dapat dicatat untuk digunakan sebagai referensi di masa mendatang.
Setiap transfer data pribadi Anda akan selalu dilakukan secara aman.
Manulife Indonesia, Manulife Indonesia Syariah, Manulife Financial Asia Limited, Manulife Financial Group, dan Mitra Pemasaran kami dapat menggunakan data pribadi Anda untuk membuat keputusan otomatis yang memengaruhi Anda atau untuk melakukan profiling lain (misalnya, profil pemasaran) sepanjang tidak menimbulkan akibat hukum atau berdampak signifikan pada Subjek Data Pribadi, sesuai dengan persetujuan Anda.
Untuk produk atau layanan tertentu, kami perlu memproses data pribadi Anda yang bersifat spesifik, seperti informasi data dan informasi kesehatan, catatan kejahatan, data keluarga (termasuk anak), dan data keuangan pribadi.
Kami dapat memberikan tautan ke situs web lain yang tidak kami kendalikan. Kami tidak akan bertanggung jawab atas praktik privasi setiap situs web atau laman web yang tidak kami kendalikan dan kami tidak mendukung salah satu situs web atau laman web tersebut, layanan atau produk yang dijelaskan atau ditawarkan pada situs web atau laman web tersebut, atau salah satu konten yang terkandung dalam situs web atau laman web tersebut. Sebelum memberikan informasi pribadi apa pun ke situs web tersebut, harap pastikan untuk meninjau secara saksama kebijakan privasi situs web tersebut.
Terkait bagaimana kami menggunakan dan memproses data pribadi Anda, Anda memiliki hak untuk:
Apabila Anda ingin menggunakan hak Anda sebagaimana dijelaskan pada bagian Hak Anda sebagai Subjek Data Pribadi atau jika Anda memerlukan informasi lain tentang bagian lain dari pemberitahuan ini, Anda dapat menghubungi kami melalui Manulife Customer Contact Center melalui telepon di 021 2555 7777 dan e-mail ke CustomerServiceId@manulife.com atau CustomerSyariahID@manulife.com
PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia dan PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia Syariah serta anak perusahaannya (secara kolektif disebut “Manulife” atau yang disebut sebagai “perusahaan kami”) dalam Pernyataan Pengumpulan Data Pribadi (“Pernyataan Privasi”) ini berkomitmen untuk melindungi privasi dan keamanan semua Data Pribadi dan Data Pribadi yang bersifat spesifik (secara kolektif disebut “Data Pribadi”) yang berada di tangan kami. Pernyataan Privasi ini ditujukan kepada individu yang mengajukan aplikasi permohonan agen/tenaga pemasar Manulife (selanjutnya disebut sebagai “Anda”)
Pernyataan Privasi ini menjelaskan bagaimana kami menangani dan melindungi Data Pribadi Anda yang kami peroleh tentang Anda (langsung dari Anda atau dari pihak ketiga) sehubungan dengan proses dan program perekrutan Anda sebagai (calon) agen/tenaga pemasar Manulife. Jika terjadi pertentangan antara Pernyataan Privasi ini dan hukum yang berlaku, hukum yang berlaku akan berlaku.
Kami mendorong Anda untuk membaca Pernyataan Privasi ini sebelum memberikan Data Pribadi kepada kami. Kami berhak untuk mengubah Pernyataan Privasi ini dari waktu ke waktu dengan pemberitahuan kepada Anda sesuai dengan ketentuan hukum pelindungan data yang berlaku.
Kami akan mengumpulkan, menggunakan, memproses, menyimpan, mengungkapkan, dan mengakses Data Pribadi Anda sesuai dengan Pernyataan Privasi ini dan selalu dengan cara yang transparan, adil dan sah.
Kami mengumpulkan Data Pribadi Anda, saat Anda memberikannya kepada kami, misalnya:
Selain informasi yang diberikan langsung oleh Anda, Kami dapat memperoleh Data Pribadi Anda melalui berbagai sumber eksternal yang relevan, antara lain:
Kami hanya mengumpulkan Data Pribadi tentang Anda berikut yang kami perlukan untuk tujuan yang diidentifikasi di bawah ini:
Data Pribadi tidak termasuk data anonim atau data tanpa identitas.
Data Pribadi yang bersifat spesifik adalah bagian dari data pribadi yang mencakup etnis, kesehatan, keyakinan, orientasi seksual, dan kategori lain sebagaimana ditentukan oleh hukum. Dalam rangka proses rekrutmen, Anda dapat memberikan informasi tertentu atau Data Pribadi yang bersifat spesifik secara sukarela, yang pada umumnya akan dicatat pada saat pengumpulan, Kami dapat mengumpulkan data pribadi sensitif tentang (calon) agen/tenaga pemasar sejauh diizinkan atau diwajibkan untuk melakukannya oleh undang-undang yang berlaku dan untuk mendukung upaya kami menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan beragam serta untuk tujuan - tujuan berikut:
Dalam hal diwajibkan oleh hukum untuk melaporkan data, anonimitas individu akan dijaga.
Kami hanya menggunakan Data Pribadi Anda jika hukum yang berlaku mengizinkan atau mengharuskannya sehubungan dengan menjalankan proses perekrutan, untuk mematuhi kewajiban hukum yang berlaku atas kepentingan bisnis sah kami atau kepentingan hukum atau bisnis yang sah dari pihak ketiga, atau dengan persetujuan Anda apabila hukum yang berlaku mengharuskan persetujuan. Kami menggunakan Data Pribadi Anda untuk tujuan berikut atau yang setara:
Kami dapat menggunakan pemrosesan otomatis berdasarkan informasi yang Anda sediakan kepada kami atau pihak ketiga di proses rekrutment. Analisis informasi Anda membantu kami mengambil keputusan otomatis terkait kesesuaian Anda dengan kriteria agen/tenaga pemasar. Jika Anda ingin mengoreksi informasi yang menjadi dasar keputusan otomatis yang telah dibuat atau ingin meninjau keputusan tersebut, harap hubungi Bancassurance_Business_Support@manulife.com (Bancassurance), ID_EB_Sales_Support@manulife.com (DPLK), atau recruitment_support_id@manulife.com (Agency) untuk mengajukan pertanyaan.
Dari waktu ke waktu, Data Pribadi Anda akan:
Saat kami mengungkapkan Data Pribadi Anda kepada mitra bisnis, penyedia layanan, dan/atau kontraktor pihak ketiga, kami mewajibkan mereka untuk melindunginya dengan cara yang konsisten dengan kebijakan dan praktik privasi kami dan tidak menggunakannya untuk tujuan komersial mereka sendiri.
Data Pribadi yang dikumpulkan oleh perusahaan kami tidak dijual kepada pihak ketiga mana pun.
Kami menangani keamanan Data Pribadi Anda secara serius dan melindungi Data Pribadi Anda dengan perlindungan keamanan yang sesuai dengan sensitivitas informasi, serta dirancang untuk mencegah akses, rilis, modifikasi, maupun penggunaan tanpa izin.
Namun, perlu diperhatikan bahwa transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun Kami telah melakukan yang terbaik untuk melindungi Data Pribadi Anda, Kami tidak dapat menjamin keamanan Data Pribadi Anda yang ditransmisikan melalui sarana online, sehingga kami mendorong Anda untuk berhati-hati saat mengungkapkan Data Pribadi secara online dan untuk menggunakan tools, seperti endpoint protection firewall internet, perangkat lunak anti-virus dan anti-spyware, dan teknologi serupa untuk melindungi diri Anda secara online.
Data Pribadi Anda hanya akan disimpan selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulan informasi tersebut atau sebagaimana diwajibkan oleh kebijakan penyimpanan data kami dan/atau diizinkan oleh hukum.
Jika Anda bukan kandidat yang berhasil, data rekrutmen Anda, termasuk Data Pribadi, akan disimpan sesuai dengan kebijakan penyimpanan data kami, atau selama jangka waktu lainnya sebagaimana yang diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
Jika diizinkan oleh hukum yang berlaku, Data Pribadi Anda dapat ditransfer antarnegara, dan kami akan memastikan tingkat perlindungan yang memadai untuk informasi tersebut dengan menerapkan salah satu mekanisme perlindungan berikut:
Kami melakukan semua upaya yang wajar untuk membantu memastikan bahwa Data Pribadi yang kami kumpulkan dan simpan sudah benar, lengkap, dan terbaru sesuai dengan tujuan pemrosesannya.
Kami akan mengandalkan Anda untuk memberikan informasi yang akurat kepada kami dan memberi tahu kami tentang perubahan apa pun.
Dalam keadaan tertentu dan tergantung hukum privasi yang berlaku, Anda mungkin berhak meminta untuk melihat Data Pribadi Anda dan / atau mendapatkan salinan Data Pribadi Anda, meminta koreksi atau penghapusan informasi tersebut, memastikan bahwa informasi tersebut diproses secara sah, meminta transfer informasi Anda ke pihak lain, ataupun menyatakan keberatan atau meminta pembatasan atas pemrosesan informasi.
Semua permintaan penghapusan tunduk pada jadwal penyimpanan catatan/ informasi/ dokumen yang diatur oleh Manulife dan hukum yang berlaku.
Anda berhak menarik persetujuan untuk menggunakan informasi yang tercantum di atas. Setelah kami menerima pemberitahuan bahwa Anda telah menarik persetujuan Anda, kami tidak akan lagi menggunakan informasi Anda untuk tujuan tersebut, kecuali kami memiliki dasar hukum lain untuk melakukannya. Jika Anda menarik persetujuan Anda atau jika Anda tidak memberikan informasi saat diminta, hal ini dapat mempengaruhi kemampuan kami untuk memenuhi tujuan yang ditetapkan di atas, antara lain kemampuan kami untuk melakukan pembayaran komisi dan lain sebagainya.
Anda berhak mengadukan kepada otoritas pelindungan data yang berwenang jika hak-hak privasi Anda dilanggar, atau jika Anda menderita kerugian akibat pemrosesan Data Pribadi Anda yang tidak sah.
Jika Anda ingin menerapkan hak Anda terkait Data Pribadi, Anda dapat mengajukan permintaan ke Bancassurance_Business_Support@manulife.com (Bancassurance) atau recruitment_support_id@manulife.com (Agency)
Jika, selama proses perekrutan, Anda ingin Data Pribadi Anda dihapus dari sistem kami, harap kirim email ke Bancassurance_Business_Support@manulife.com (Bancassurance), ID_EB_Sales_Support@manulife.com (DPLK) atau recruitment_support_id@manulife.com (Agency) dengan baris subjek "Please remove me from your Applicant Tracking System database".
Jika Anda memiliki pertanyaan atau keluhan tentang praktik privasi kami, atau kebijakan dan prosedur terkait, harap kirim email ke Bancassurance_Business_Support@manulife.com (Bancassurance), ID_EB_Sales_Support@manulife.com (DPLK) atau recruitment_support_id@manulife.com (Agency).