Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Cara Menangani Covid-19 Tanpa Perlu Menguras Tabungan

Meskipun sudah disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, kita tetap tidak bisa mengontrol hal-hal yang memang diluar kendali, misalnya dari mana seseorang bepergian sebelum akhirnya bertemu dengan kita. Melalui interaksi sosial tersebutlah biasanya kita lengah, kemudian terpapar. Masalahnya, selain menyerang kesehatan, biaya perawatan dan pengobatan hingga kita sembuh total juga bisa menguras tabungan.

Coba bayangkan, berapa banyak biaya yang harus kita keluarkan untuk melakukan swab test, membeli suplemen, obat-obatan dan vitamin, serta perlengkapan yang dapat mencegah atau mengurangi penularannya, seperti masker, hand sanitizer, disinfectant dan lain-lain. Belum lagi jika kita juga terkena efek samping atau gejala Covid-19 yang lebih berat sampai membutuhkan tabung oksigen atau bahkan harus menjalani perawatan di Rumah Sakit. Pasti jumlah biaya yang harus dikeluarkan pun tidak sedikit.

Kalau Begitu, Apa Saja yang Harus Kita Lakukan Saat Terpapar Covid-19?

Pada dasarnya, hal utama yang harus kita lakukan saat terpapar virus ini adalah menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berjemur di bawah sinar matahari pagi, menjaga kebutuhan mineral dalam tubuh, rutin membersihkan permukaan yang sering disentuh (gagang pintu, remote, handphone, meja, dsb), tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta selalu memantau gejala yang timbul.

Menjaga kesehatan mental atau psikis saat terpapar juga tidak kalah penting. Jagalah selalu agar pikiran tetap tenang, tidak panik, menghindari stress dengan mendengarkan musik atau menonton film yang menghibur, dan tetap berdoa agar dapat segera pulih dari Covid-19.

Perlu diketahui bahwa setelah 2-6 minggu masa pemulihan Covid-19 pun biasanya kita akan tetap merasakan gejala post Covid-19, seperti fatigue, dyspnoea, joint pain, chest pain, cough, termasuk perubahan pada indera perasa dan penciuman. 

Meskipun demikian, kita bisa memperkecil risiko terpapar virus ini dengan melakukan vaksinasi sesegera mungkin untuk memperkuat imunitas dalam tubuh. Saat ini pun sudah terdapat beberapa jenis vaksin yang bisa kita pilih, seperti Sinovac, Oxford-AstraZeneca, Sinopharm, Moderna, Pfizer-BioNTech, Novavax, atau Merah Putih - Biofarma. Namun ada baiknya jika kita konsultasi ke dokter ahli terlebih dahulu sebelum memutuskan vaksin mana yang akan kita pilih, terlebih jika kita memiliki penyakit bawaan.

Baca Juga7 "Obat" Finansial dari Pandemi COVID-19

Ada pula beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan vaksinasi, yaitu:

  1. Mempersiapkan data diri yang dibutuhkan
  2. Mempersiapkan data riwayat kesehatan dan surat keterangan dokter (jika ada penyakit bawaan)
  3. Istirahat cukup
  4. Mengonsumsi makanan yang bergizi
  5. Hindari konsumsi kopi, rokok, serta alkohol, terutama 1 hari sebelum melakukan vaksinasi
  6. Cukupi kebutuhan mineral dalam tubuh

Sementara hal-hal yang perlu kita lakukan setelah melakukan vaksinasi adalah:

  1. Ikuti anjuran medis yang diinstruksikan oleh petugas kesehatan/petugas vaksinasi
  2. Periksa kembali dokumen-dokumen pribadi sebelum meninggalkan tempat pelaksanaan vaksinasi
  3. Hindari konsumsi kopi, rokok, serta alkohol, terlebih jika kita mengalami efek samping dari vaksinasi
  4. Perhatikan gejala yang ditimbulkan setelah vaksinasi, seperti pusing, demam, meriang, atau kelelahan
  5. Beristirahat hingga kondisi tubuh kembali bugar

Tentunya dari semua hal yang disebutkan di atas, mulai dari pemeriksaan, cara menangani Covid-19, apa saja yang dibutuhkan hingga benar-benar pulih, termasuk juga vaksinasi, akan membutuhkan waktu, tenaga dan pengeluaran ekstra untuk melakukannya. Pada akhirnya, sebagai salah satu dari banyak risiko kehidupan, biaya terkait perawatan Covid-19 tentu tidak sedikit dan bisa menguras tabungan jika tidak dipersiapkan dengan baik.

Baca JugaPahami 5 Kebutuhan "Baru" Selama Pandemi Coronavirus

Lantas, Bagaimana Caranya Agar Biaya yang Dikeluarkan Selama Masa Penyembuhan Covid-19 Tidak Sampai Menguras Tabungan?

Untuk mengantisipasi terkurasnya tabungan saat mengalami risiko kehidupan, seperti terserang penyakit atau terpapar Covid-19, akan lebih baik jika kita “sedia payung sebelum hujan” sejak awal dengan mempersiapkan asuransi kesehatan.

Dengan begitu, Covid-19 bisa hilang, dompet pun lebih tenang!

Rencanakan Proteksi Anda Dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    MiEClaim: Solusi Pengajuan Klaim Ringkas Tanpa Kertas, Dimana Saja, Kapan Saja

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya