Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Inilah 4 Hal yang Perlu Disiapkan sebelum Berobat ke Luar Negeri

Berobat ke luar negeri menjadi salah satu pertimbangan masyarakat Indonesia ketika memiliki masalah kesehatan dan ingin mencari pendapat lain tentang penyakit yang dialami. Alternatif berobat ke luar negeri pun menjadi semakin menarik karena fasilitas dan tenaga kesehatan yang dinilai lebih maju.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Selain itu, ada pula beberapa negara yang memang mengakomodir orang-orang asing untuk datang untuk berobat ke wilayahnya. Misalnya, Malaysia. Pemerintah Negeri Jiran bahkan menyediakan layanan pariwisata medis (medical tourism). Mereka mempersiapkan secara khusus para tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan setempat untuk menangani pasien dari luar negeri, termasuk Indonesia. Ini menjadi salah satu alasan masyarakat Indonesia semakin merasa nyaman untuk berobat di luar negeri.

4 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berobat Ke Luar Negeri

Meski terdengar sebagai opsi yang menjanjikan, tetapi perlu diingat bahwa berobat ke luar negeri tidak semudah yang dibayangkan. Perbedaan bahasa kemungkinan dapat menjadi salah satu kendala saat Anda melakukan perjalanan medis ke luar negeri. Hal tersebut mungkin saja dapat menghambat komunikasi dan rangkaian proses pengobatan selama di luar negeri.

Selain itu, sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan ke luar negeri, alangkah baiknya Anda mempelajari secara mendalam tentang negara dan rumah sakit tujuan, agar proses pengobatan berjalan lancar dan aman serta tidak menghabiskan banyak biaya dan waktu.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu dilakukan agar perjalanan pengobatan ke luar negeri berjalan lancar.

1. Cari dan Kumpulkan Informasi Selengkap Mungkin

Sebelum memutuskan berobat ke luar negeri, pastikan Anda sudah memiliki informasi terkait fasilitas kesehatan dan dokter yang ingin dituju. Sebagian besar fasilitas kesehatan menyediakan informasi yang cukup lengkap melalui situs resmi, di antaranya meliputi: fasilitas rumah sakit, kualifikasi dan pendidikan dokter sampai biaya konsultasi dan terapi.

Hal lain yang juga perlu Anda cari tahu adalah jadwal praktik dokter yang ingin dijumpai dan testimoni pasien yang pernah berobat sebelumnya. Jika Anda tidak memiliki waktu lebih, Anda dapat menggunakan jasa konsultan untuk mendapatan informasi lengkap mengenai rumah sakit tujuan berobat. 

2. Siapkan Anggaran Pengobatan dan Dokumen Administrasi

Pastikan Anda mempersiapkan anggaran biaya perawatan saat berobat ke luar negeri,  seperti biaya akomodasi dan biaya tak terduga selama berada di luar negeri.

Setelah menghitung anggaran, Anda juga wajib mempersiapkan dokumen perjalanan agar pengalaman berobat keluar negeri lebih nyaman. Siapkan dokumen pribadi seperti passport, visa (untuk negara tujuan yang memerlukan pengajuan visa), rekam medis terakhir serta surat rujukan dokter dari Indonesia jika ada. 

3. Ajak Pendamping Untuk Menemani Selama Pengobatan

Dalam kondisi sedang sakit, tentunya Anda membutuhkan orang lain untuk membantu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mengajak pendamping untuk menemani saat sedang melakukan pengobatan di luar negeri. Sebetulnya, tidak ada batasan maksimal jumlah pendamping yang bisa dibawa. Namun, semenjak pandemi Covid-19 melanda, sejumlah besar rumah sakit memberlakukan aturan batasan jumlah pendamping pasien. Anda perlu memastikan informasi terkait hal ini kepada pihak fasilitas kesehatan yang dituju.

4. Cek Layanan Asuransi Kesehatan

Hal lain yang harus dipersiapkan adalah Asuransi Kesehatan. Beberapa polis Asuransi Kesehatan dari Indonesia dapat menanggung biaya berobat hingga ke luar negeri. Anda dapat melakukan konfirmasi dengan layanan asuransi mengenai pertanggungan dan prosedur klaim asuransi saat berobat di luar negeri agar mendapatkan pemahaman yang dapat mendukung proses pengobatan Anda. 

  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Asuransi Kesehatan, antara lain: 
  • Pastikan polis Anda masih aktif. 
  • Pastikan bahwa pelayanan asuransi yang Anda miliki memang menyediakan akses berobat ke luar negeri. 
  • Pilih rumah sakit luar negeri yang bekerja sama dengan Asuransi Anda. 
  • Pilih biaya perawatan yang sesuai dengan batas pertanggungan atau manfaat asuransi Anda. 

MiUltimate HealthCare (MiUHC) adalah solusi tepat untuk Anda ketika berobat ke luar negeri, karena wilayah pertanggungan MiUHC yang luas hingga seluruh dunia (kecuali Amerika Serikat) sehingga Anda dapat memilih rumah sakit yang terbaik untuk pengobatan. Selain itu, MiUHC memberikan manfaat kamar rawat inap single bedroom atau double bedroom sesuai plan yang diambil untuk memastikan Anda mendapatkan privasi dalam pelayanan. Tidak perlu kuatir dengan besarnya biaya perawatan selama menjalani pengobatan di luar negeri karena MiUHC memberikan penggantian biaya rumah sakit sesuai tagihan (as charged) dengan batas manfaat tahunan hingga Rp15 miliar. Dengan memilih MiUHC, maka kenyamanan akan menjadi milik Anda.

Berobat ke luar negeri menjadi salah satu opsi yang dapat dipertimbangkan. Terlebih lagi, jika kondisi medis Anda belum dapat ditangani dengan optimal oleh fasilitas dan tenaga kesehatan di dalam negeri. 

Namun, seiring berjalannya waktu, berbagai fasilitas dan tenaga kesehatan dalam negeri pun semakin di-upgrade. Pemerintah sudah berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di dalam negeri. Mendukung komitmen pemerintah, rumah sakit swasta di Indonesia pun gencar memberikan inovasi teknologi dengan mendatangkan fasilitas kesehatan yang canggih, yang memungkinkan Anda tidak perlu ke luar negeri lagi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

Layanan dan teknologi medis memang kian canggih. Opsi untuk berobat pun semakin luas. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda mengabaikan kesehatan. Tetap jaga kesehatan Anda dan keluarga. Jika terjadi risiko, MiUHC dari Manulife ada untuk melindungi Anda dan keluarga. 

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya