Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Perencanaan Keuangan untuk Liburan Menyenangkan

Memaksimalkan momen liburan, akan berlibur kemana kah Anda dan keluarga?

Liburan menjadi salah satu momen paling ditunggu oleh banyak orang. Tak hanya pelajar yang istirahat dari kegiatan sehari-hari di masa ini juga sering kali dipakai orang tua untuk rehat sejenak dari pekerjaan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak sedikit keluarga yang pergi berlibur ke dalam maupun luar negeri. Tempat-tempat wisata seperti Yogyakarta, Bali, atau sekedar staycation di hotel. Ada juga yang memilih untuk jalan-jalan ke negara tetangga seperti Singapore, atau tur keliling Eropa dengan paket liburan tertentu. Bali menjadi tujuan wisata terpopuler dalam negeri berdasarkan data yang dirilis BPS tahun 2021. Untuk destinasi wisata luar negeri, Singapore menempati urutan utama diikuti Malaysia dan Thailand. Bagaimana dengan Anda dan keluarga, apakah sudah menentukan destinasi wisata untuk berlibur kali ini?

Selain destinasi, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan supaya liburan Anda dan keluarga bisa nyaman dan menyenangkan. Di antaranya, Anda perlu memperhatikan detail seperti agenda/jadwal wisata, pemilihan akomodasi dan transportasi, kebutuhan asuransi kesehatan (untuk perjalanan luar negeri), dan lain-lain. Sebelum berlibur, pastikan juga perencanaan keuangan sudah Anda persiapkan dari jauh hari sehingga semua bisa berjalan lancar.

Tanpa perencanaan keuangan yang baik, momen liburan justru bisa menimbulkan masalah finansial setelahnya. Saat ini sedang booming pembayaran tiket, hotel, atau keperluan liburan lain menggunakan fitur paylater. Berdasarkan statistik Databoks 2022, lebih dari setengah pengguna ecommerce di Indonesia menggunakan paylater untuk pembayaran. Pembayaran dengan metode paylater memang menggiurkan, namun Anda dan keluarga sebaiknya menghindarinya karena bunga yang besar dan dapat memberatkan di kemudian hari. Liburan tanpa direncanakan juga bisa membuat uang tabungan Anda habis sehingga kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih mendesak jadi tidak bisa terpenuhi. Nah, untuk menghindari situasi tersebut, Anda bisa ikuti beberapa tips untuk melakukan perencanaan keuangan liburan sekolah berikut ini.

Baca JugaTips Efisien Menabung untuk yang Hobi Travelling

Siapkan Perlindungan untuk Liburan Anda dan Keluarga 

Tips Perencanaan Keuangan untuk Liburan Sekolah

1. Tentukan Destinasi Wisata

Agar menikmati liburan yang menyenangkan, sebaiknya destinasi wisata yang akan dikunjungi ditentukan sudah ditentukan. Hindari menentukan destinasi secara impulsif, karena Anda bisa menemui situasi yang diluar ekspektasi. Diskusikan dengan anak dan pasangan terkait tempat yang akan dikunjungi. Jika perlu, Anda bisa melakukan voting supaya semua anggota keluarga bisa ambil suara.

Nah, penentuan tujuan ini bisa juga didasarkan pada berapa batas maksimum budget yang Anda miliki. Sebab, beda tempat wisata, beda pula pengeluarannya. Sebagai contoh, biaya untuk berlibur ke luar negeri, Anda akan memerlukan biaya ekstra untuk membeli tiket pesawat, membuat visa, dan lain sebagainya. Di sisi lain, liburan dalam negeri butuh biaya yang lebih sedikit karena tiket dan biaya akomodasi yang lebih terjangkau. Anda tinggal pilih tujuan mana yang sesuai dengan anggaran.

Baca JugaPerilaku Impulsif yang Menuntun Pada Gaya Hidup Boros

2. Merinci Pengeluaran

Setelah menentukan destinasi, Anda perlu merinci atau breakdown pengeluaran yang nantinya dibutuhkan ketika berlibur. Selain pengeluaran besar seperti tiket pesawat dan biaya akomodasi, hal-hal kecil seperti makanan sehari-hari, tiket masuk tempat wisata, belanja oleh-oleh, dan transportasi/sewa mobil juga perlu Anda rinci.

Jika Anda melakukan perjalanan luar negeri, Anda juga perlu menyiapkan passport, visa, dan asuransi perjalanan untuk liburan yang menyenangkan bersama keluarga. Dengan merinci semua pengeluaran, Anda bisa terhindar dari pengeluaran tidak terduga atau kehabisan uang saat berlibur.

Baca JugaMetode Budgeting 50/30/20 untuk Pengelolaan Keuangan

3. Persiapan Dana

Sampai di sini, Anda sudah punya perkiraan berapa biaya yang perlu dikeluarkan untuk liburan bersama keluarga. Jika memerlukan biaya yang banyak, mulailah menabung jauh hari sebelum musim liburan sekolah tiba.

Tentukan sumber dana yang akan Anda pakai untuk tabungan liburan. Apakah akan menyisihkan dari gaji bulanan, bonus, atau sumber pendapatan lain. Lalu, tentukan berapa yang akan disisihkan setiap bulannya sampai mencapai target. Jika diperlukan, Anda bisa menggunakan kalkulator tabungan online yang ada di internet untuk menghitung simulasi besaran tabungan untuk tujuan keuangan tertentu.

Persiapan dana juga dapat dilakukan dalam bentuk investasi jangka pendek seperti reksadana. Dengan investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap bulan dan bebas biaya admin.

Baca JugaCara Mengatur Keuangan di Masa Pandemi

Liburan merupakan waktu yang tepat untuk quality time bersama keluarga. Namun, hal ini tentu saja butuh persiapan dan perencanaan matang untuk liburan yang menyenangkan serta tidak membebani secara finansial. Beberapa tips yang telah dibahas di atas dapat Anda coba terapkan untuk rencana liburan mendatang.

Selain persiapan, asuransi kesehatan bisa jadi pilihan Anda untuk liburan yang lebih aman dan nyaman. Tidak ada yang tahu pasti situasi yang akan dihadapi ketika dalam perjalanan atau di tempat liburan. Maka dari itu, selalu sedia payung sebelum hujan dengan asuransi kesehatan dari Manulife Indonesia, yaitu MiUltimate HealthCare (MiUHC). Dengan MiUHC, Anda tak perlu khawatir mengalami kesulitan untuk biaya pengobatan saat berlibur karena bisa memanfaatkan beberapa keuntungan seperti pembayaran sesuai tagihan (as charged), manfaat rawat inap, dan penggantian biaya rumah sakit.

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, selalu ada MiUHC dari Manulife yang akan melindungi Anda dan keluarga dengan jaminan penggantian biaya perawatan selama di rumah sakit akibat sakit maupun kecelakaan,baik di dalam maupun luar negeri.

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya