Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Kenali Penyebab Penyakit Kronis Sejak Dini Agar Hari Tua Lebih Tenang dan Nyaman

 

“Seiring bertambahnya usia, tubuh kita pun semakin rentan terserang penyakit. Lantas, apa yang harus kita lakukan agar tetap sehat di usia senja?”

Kita memang tidak bisa menduga kapan penyakit akan datang menyerang, baik itu penyakit ringan, seperti sakit kepala, flu, atau sakit lambung karena pola makan tak teratur, maupun penyakit kronis, seperti kanker, diabetes, gangguan jantung dan sebagainya.

Maka dari itu, akan lebih baik jika kita menerapkan gaya hidup sehat sejak usia muda untuk mengurangi atau memperlambat risiko terserang penyakit di hari tua. Apalagi proses penuaan dan risiko terserang penyakit kronis dapat diantisipasi dengan memperhatikan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dan rajin berolahraga sejak dini.

Berbicara tentang penyakit kronis, salah satu dari sekian banyak penyakit berat yang sering menimpa di hari tua adalah osteoporosis. Agar kita dapat mencegah terjadinya osteoporosis di hari tua nanti, kita harus memaksimalkan kepadatan tulang dengan asupan kalsium dan vitamin D yang diimbangi dengan olahraga yang teratur sebelum kita mencapai usia 30 tahun. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, kemampuan tubuh untuk menyimpan kalsium dalam tulang telah mencapai puncaknya.

Pasalnya, jika kita sampai terserang osteoporosis nanti, kepadatan tulang kita akan menipis sehingga menjadi lebih rentan untuk cedera, atau lebih buruk lagi, mengalami patah tulang secara tiba-tiba yang bisa menyebabkan disabilitas, deformitas, bahkan kematian.

Penyakit Kronis Lain yang Risikonya Dapat Dicegah Sejak Dini?

Salah satu penyakit kronis lain yang bisa kita cegah sejak usia muda adalah diabetes. Ini adalah penyakit di mana kondisi tubuh tidak bisa memproduksi atau mencukupi kebutuhan insulin sebagai hormon yang mengatur kadar gula darah di dalam tubuh kita. Hal tersebutlah yang menyebabkan penderitanya mengalami peningkatan gula darah secara tiba-tiba.

Penyakit ini bisa disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat sejak usia muda. Oleh sebab itu, agar dapat terhindar dari penyakit ini di usia senja nanti, kita perlu melakukan beberapa langkah antisipasi seperti berikut:

  • Menjaga pola makan dan gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, karbohidrat, juga lemak yang tinggi.
  • Rajin dan disiplin berolahraga.
  • Hindari rokok dan minuman beralkohol.
  • Rutin mengukur dan memantau kadar gula darah untuk tindakan pencegahan diabetes.

Baca JugaApa Itu Asuransi Penyakit Kritis dan Siapa yang Harus Punya?

Selain kedua penyakit di atas, penyakit kronis lain yang bisa kita antisipasi sejak dini adalah Penyakit Jantung Koroner. Penyakit ini bisa terjadi akibat adanya penumpukan plak pada pembuluh arteri yang mengalir dari dan ke jantung kita.

Lalu penyakit lainnya yang cukup sering terjadi pada lansia dan bisa kita cegah risikonya mulai saat ini adalah Stroke. Penyakit ini disebabkan oleh suplai darah ke bagian otak yang tidak terpenuhi, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi.

Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah dan menjaga diri terhadap risiko dari beberapa penyakit kronis tersebut, mulai saat ini kita perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Hindari makanan yang berminyak serta mengandung kadar garam dan lemak yang tinggi, agar dapat terhindar dari penyakit jantung koroner, diabetes, stroke, hipertensi, juga dyslipidemia.
  • Mulai mengonsumsi makanan dengan kandungan antioksidan, seperti kacang-kacangan, ubi, brokoli, tomat, apel, pisang, pepaya dan jeruk.
  • Disiplin dalam berolahraga, menjaga diet dan pola makan.
  • Berhenti merokok. Menurut British Heart Foundation, berhenti merokok selama 20 menit saja sudah membuat detak jantung dan tekanan darah kembali normal. Jika kita berhenti selama satu tahun penuh, risiko terkena serangan jantung akan berkurang 50% dibanding risiko yang dimiliki oleh perokok aktif.

Ternyata menjaga gaya hidup sehat sejak muda itu sangat penting, ya. Namun, hal tersebut tetap tidak menjamin kita akan sepenuhnya terhindar dari penyakit kronis, bukan?

Cara Lain Untuk Mempersiapkan Diri Dari Risiko Penyakit Kronis

Agar kita bisa lebih tenang untuk menghadapi risiko kehidupan nantinya, kita bisa mengandalkan asuransi penyakit kritis, asuransi kesehatan, maupun asuransi jiwa.

Untuk asuransi penyakit kritis, MiUltimate Critical Care memberikan solusi perlindungan finansial terhadap risiko penyakit kritis sehingga Anda dan keluarga dapat fokus terhadap proses penyembuhan.

Menyediakan perlindungan penyakit kritis tahap akhir, produk ini memberikan 100% uang pertanggungan + 100% total premi yang telah dibayarkan. Lalu di akhir masa pertanggungan, produk ini juga memberikan 160% total premi yang telah dibayarkan selain premi tambahan.

Sedangkan untuk asuransi kesehatan, ada MiUltimate HealthCare yang bisa diandalkan untuk memberikan kita perlindungan kesehatan sampai berusia 110 tahun, atau hingga tanggungan anak berusia 25 tahun. Selain biaya rawat medis dan rawat inap yang ditanggung sesuai dengan tagihan, produk ini juga dapat menanggung biaya kamar dan pengobatan di luar negeri serta menawarkan tambahan limit tahunan untuk penyakit kritis.

Yang tak kalah penting adalah asuransi jiwa, sebagai proteksi untuk orang-orang yang kita kasihi dan mengandalkan kita.

MiAssurance Protection Plan menawarkan manfaat 100% uang pertanggungan dasar untuk kita dan keluarga jika terjadi risiko kehidupan nantinya. Dengan produk ini, kita juga bisa mendapatkan tambahan manfaat akhir masa pertanggungan dan pembayaran tunai tahunan jika Polis masih dalam keadaan aktif.

Ayo persiapkanlah diri kita sedini mungkin dengan menerapkan pola hidup sehat, disiplin berolahraga, serta lengkapi perlindungan diri dengan asuransi agar dapat memperkecil risiko penyakit kronis dan risiko kehidupan di hari tua nanti!

Diskusikan Kebutuhan Proteksi Anda dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani lebih dari sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    MiEClaim: Solusi Pengajuan Klaim Ringkas Tanpa Kertas, Dimana Saja, Kapan Saja

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya