Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Segitiga Proteksi Asuransi: Manfaat dan Fungsi Setiap Asuransi

Siapa pun Anda, apa pun pekerjaan, usia, dan status pernikahan Anda tidak akan pernah luput dari risiko kehidupan. Seperti kata pepatah, hidup seperti roda yang berputar, kadang senang, tapi terkadang Anda pun bisa mengalami kesusahan. Hal buruk yang terjadi bisa menimbulkan efek negatif terhadap kondisi fisik, mental, bahkan keuangan Anda. Risiko keuangan bisa terjadi saat Anda mengalami:

  • Bencana alam, seperti gempa bumi yang merusak rumah dan barang-barang berharga Anda
  • Penyakit, yang membuat Anda harus membayar biaya obat dan rawat inap rumah sakit
  • Tindakan kriminal, seperti pencurian barang berharga
  • Kehilangan mata pencaharian, akibat Pemutusan Hubungan Kerja atau meninggal dunia

Rencanakan Proteksi Anda dengan Kami

Kita tidak dapat memastikan kapan hal-hal buruk bisa terjadi. Namun, Anda bisa mempersiapkan diri dari sekarang dengan memiliki produk asuransi. Asuransi berfungsi untuk melindungi semua aset yang Anda miliki, termasuk diri sendiri dan keluarga dari risiko keuangan di masa depan.

Sayangnya, banyak yang belum memahami manfaat asuransi, khususnya asuransi kesehatan, asuransi penyakit kritis, dan asuransi jiwa. Ketiga asuransi ini merupakan bagian penting dari Segitiga Proteksi Asuransi yang memberikan perlindungan maksimal untuk setiap tahap kehidupan. Sebetulnya, apa yang dimaksud Segitiga Proteksi Asuransi dan apa fungsinya?

Segitiga Proteksi Asuransi

Sama halnya dengan piramida perencanaan keuangan, segitiga proteksi asuransi juga dimulai dari bagian paling bawah yaitu asuransi kesehatan

1. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan tahapan proteksi pertama dan terpenting yang melindungi kesehatan Anda. Tidak ada orang yang ingin jatuh sakit atau terluka, namun saat hal ini terjadi, biasanya Anda akan membutuhkan perawatan medis dan biaya rawat inap di rumah sakit. Tanpa adanya asuransi kesehatan, Anda harus merogoh kantong untuk membiayai pengobatan. Belum lagi jika Anda terpaksa cuti dari pekerjaan Anda selama proses pemulihan. Hal ini  akan berdampak negatif pada kondisi keuangan Anda.

Dengan asuransi kesehatan, Anda tidak perlu lagi khawatir saat Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Asuransi kesehatan akan melindungi Anda dari biaya pengobatan tinggi dan tidak terduga. Anda juga bisa mendapatkan perawatan pencegahan gratis seperti vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan.

Yang paling penting, Anda dapat membeli produk asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan keluarga seperti pasangan, orang tua, atau pun anak Anda. Jadi, Anda tidak hanya memberikan proteksi kesehatan diri sendiri, tapi juga menjamin kondisi kesehatan orang-orang terkasih.

Asuransi kesehatan terletak di bagian paling bawah segitiga asuransi. Artinya, hal ini merupakan proteksi mendasar yang harus Anda miliki di tahapan awal kehidupan. Selagi Anda muda dan sedang semangat meniti karir, daftarkan diri untuk asuransi kesehatan supaya Anda lebih fokus dan lebih stabil secara finansial. 

2. Asuransi Penyakit Kritis

Setelah memiliki asuransi kesehatan, perlindungan tahap selanjutnya adalah asuransi penyakit kritis. Hal ini karena asuransi kesehatan akan menanggung biaya awal pemeriksaan, pengobatan dan rawat inap, tapi tidak sampai pada pengobatan lanjutan yang diperlukan untuk penyakit kritis.

Penyakit kritis adalah jenis penyakit yang memerlukan pengobatan lebih lanjut dan memakan waktu lama untuk proses penyembuhannya. Penyakit kritis biasanya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, contohnya yaitu stroke, kanker, diabetes, jantung, gagal ginjal dan lain sebagainya. Berdasarkan data WHO 2020, penyakit kritis termasuk ke dalam 10 besar penyebab kematian di dunia yang merenggut hingga 55,4 juta jiwa setiap tahun. Di Indonesia sendiri, penyakit ini juga menjadi penyebab kematian terbesar menurut data BPS.

Dengan asuransi penyakit kritis, Anda bisa mendapatkan perlindungan tambahan untuk keadaan darurat medis yang membutuhkan biaya lebih besar. Karena biaya ini umumnya tidak ditutupi oleh asuransi kesehatan biasa. Dengan menambahkan asuransi penyakit kritis, Anda bisa melindungi diri dari risiko finansial melalui manfaat yang ditawarkan.

Asuransi penyakit kritis sebaiknya Anda miliki jika Anda sudah punya asuransi kesehatan. Kenali kondisi keuangan dan kesehatan diri Anda. Asuransi penyakit kritis biasanya memiliki premi yang lebih tinggi daripada asuransi kesehatan biasa, oleh karena itu, pastikan bahwa penghasilan yang Anda miliki mampu mengcover besarannya. Periksa kemungkinan penyakit kritis turunan. Jika ada tanda-tanda penyakit turunan, maka sebaiknya Anda segera mendapatkan proteksi penyakit kritis.

3. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah tahapan lebih lanjut yang berada di puncak paling atas segitiga proteksi asuransi. Asuransi ini diperlukan untuk memberikan perlindungan finansial untuk keluarga Anda jika terjadi risiko kematian selama masa pertanggungan asuransi berlangsung, sehingga orang-orang terkasih dapat melanjutkan kehidupannya.

Jika Anda sudah berkeluarga, asuransi jiwa dapat menggantikan peran Anda untuk melindungi keluarga setelah Anda meninggal. Asuransi jiwa memberikan keluarga Anda manfaat berupa lump sum ketika terjadi kematian selama masa pertanggungan asuransi berlangsung. Lump sum sendiri merupakan pembayaran uang sekaligus dalam sekali waktu. Dengan uang ini, keluarga Anda akan tetap dapat melanjutkan kehidupannya walaupun kehilangan pencari nafkah utama.

Jika Anda masih single dan belum berkeluarga, asuransi jiwa bisa memberikan peninggalan berharga bagi orang tua dan saudara Anda untuk membantu mereka melanjutkan kehidupan.

Sampai disini, Anda sudah paham pentingnya asuransi dan segitiga proteksi asuransi untuk melindungi diri Anda dan keluarga dari risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi serta dapat menentukan prioritas untuk tipe asuransi yang perlu dimiliki terlebih dahulu. 

Memasukkan asuransi dalam rencana keuangan akan membantu Anda untuk lebih siap menghadapi segala kemungkinan apabila risiko kehidupan terjadi. Dengan asuransi, Anda dapat menjaga diri, menjaga standar hidup orang-orang terkasih, dan membantu mewujudkan masa depan yang diinginkan. Maka dari itu, pertimbangkan lah jika saat ini Anda belum memiliki asuransi untuk menopang kehidupan Anda.

Pilih asuransi yang sesuai dengan kondisi finansial dan rencana masa depan yang ingin Anda tuju. Jika masih bingung menentukan opsi asuransi, lihat ulasan Apa Rencana Masa Depanmu?  dari Manulife Indonesia untuk membantu Anda menentukan keputusan terbaik.

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya