Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia

Mulai tanggal 1 Desember 2021, fasilitas pengajuan klaim melalui email Claimsubmissionid@manulife.com dan GLH_Claim_id@manulife.com  akan dialihkan ke platform digital MiEClaim. Informasi terkini di sini.

 

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia

Mulai tanggal 1 Desember 2021, fasilitas pengajuan klaim melalui email Claimsubmissionid@manulife.com dan GLH_Claim_id@manulife.com  akan dialihkan ke platform digital MiEClaim. Informasi terkini di sini.

 

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Kenal Lebih Jauh FIRE Movement untuk Pensiun Dini

 

Mungkin Anda pernah mendengar kalimat berikut ini: “Pensiun bukanlah perkara usia, melainkan soal angka finansial. Sadar atau tidak, tak ada aturan yang mengatakan bahwa Anda harus bekerja sampai usia 65 tahun. Itu semua adalah mitos. Kini, banyak orang yang tengah berupaya untuk bisa meninggalkan dunia kerja lebih awal, dan berupaya semaksimal mungkin menuju gaya hidup baru, yang disebut FIRE Movement.

Apa itu FIRE Movement? Menurut buku Your Money or Your Life karya Vicki Robin dan Joe Dominguez tahun 1992, FIRE Movement adalah singkatan dari Free Independence Retire Early atau gerakan Bebas Finansial, Pensiun Dini. Ini merupakan gerakan yang didedikasikan untuk program tabungan dan investasi ekstrem. Orang-orang ini akan mengalokasikan 70% pendapatan mereka untuk tabungan dan dana pensiun.

Setelah tabungan mereka mencapai kira-kira 30 kali pengeluaran tahunan mereka, orang-orang ini akan berhenti dari pekerjaan harian mereka atau dalam kata lain benar-benar pensiun. Mereka hidup dari hasil dari portofolio tabungan mereka selama beberapa dekade.

Kedengarannya agak berisiko, bukan? Apakah realistis untuk bisa pensiun pada usia 45 tahun? Atau bahkan di usia 35? Mari kita lihat lebih dekat FIRE Movement ini dan mencari tahu apakah gerakan ini tepat untuk Anda atau tidak.

Bagaimana kita melakukan FIRE Movement ini?

Untuk dapat menyimpan uang untuk tujuan investasi sebanyak itu, orang-orang dalam gerakan ini selalu berusaha melakukan dua hal: 

  1. Menjaga pengeluaran mereka tetap rendah. 
  2. Meningkatkan pendapatan

Ide umumnya adalah semakin tinggi pendapatan Anda dan semakin rendah pengeluaran Anda, semakin cepat Anda mencapai kemandirian finansial.

Bagi penganut FIRE Movement, "kemandirian finansial" tidak hanya diartikan sebagai hidup di tepi pantai atau bermain golf sepanjang waktu. Namun, itu juga berarti bahwa Anda tidak harus bekerja penuh waktu jika Anda tidak mau. Anda punya kendali untuk mengurangi pekerjaan paruh waktu atau berhenti bekerja sama sekali. Pilihan ada pada Anda.

Apa yang Dapat Kita Pelajari Dari FIRE Movement ini?

Mungkin tidak semua orang bisa mempraktikkan gerakan ini. Namun, ada satu hal yang bisa menjadi pelajaran bagi semua orang. FIRE Movement mengajarkan kita untuk fokus mencapai impian pensiun mereka. Tidak peduli apa dan di mana Anda bekerja, setidaknya ada beberapa hal penting yang diperlukan untuk memulai gerakan ini:

1. Mulailah Bermimpi dan Merencanakan Pensiun

FIRE Movement menuntut para pekerja, khususnya anak muda untuk mulai berpikir tentang pensiun. Menurut survei Manulife Investor Sentiment Index (MISI) tahun 2018, hampir seperempat dari investor Indonesia yang disurvei (24%), hanya mengalokasikan kurang dari 10% tabungannya untuk simpanan dana pensiun. 

Bahkan, mereka berharap dapat mengumpulkan Rp100 juta untuk dana pensiun mereka. Padahal, uang sebesar itu akan habis dalam 2-3 tahun ke depan apabila pengeluaran mereka sebesar Rp 4juta/bulan.

Karenanya, FIRE Movement hadir untuk mendefinisikan ulang seperti apa masa pensiun yang Anda inginkan dan membuat rencana untuk mencapai hal tersebut.

2. Menjaga Pengeluaran Tetap Rendah

Orang yang menjalankan FIRE Movement akan meluangkan waktu untuk benar-benar melihat ke mana perginya uang mereka. Mereka akan membuat daftar keinginan dan kebutuhan, serta memotong pengeluaran yang tidak perlu. 

Praktisi FIRE Movement juga akan memperketat pengeluaran mereka setiap hari. Dengan melakukan penghematan di sana-sini, itu akan membantu Anda untuk menambah dana yang akan ditabung.

3. Meningkatkan Penghasilan 

Jika Anda ingin pensiun lebih awal, tidak ada jalan lain kecuali Anda mampu meningkatkan penghasilan pribadi. Karenanya, Anda dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam mencari sumber-sumber penghasilan baru di luar penghasilan utama Anda.

Di dunia kerja misalnya, Anda bisa melakukan kerja lebih ekstra dan melakukan yang terbaik agar mampu mencapai posisi tinggi di usia yang sangat muda. Atau, Anda memiliki usaha sampingan yang memberikan passive income yang lumayan. 

Apapun jenisnya pekerjaannya, penghasilan tambahan akan memainkan peranan besar yang dapat membantu Anda untuk perlahan mundur dari dunia kerja dan kemudian menikmati pensiun dini.

4. Terus Menabung

Jika Anda ingin pensiun dini, Anda juga harus menabung. Itulah mengapa, orang-orang yang menjalankan FIRE Movement akan mengalokasikan sebagian besar pendapatannya untuk ditabung.

Mungkin menabung 50% kedengarannya terlalu berlebihan bagi Anda saat ini. Tidak masalah. Anda bisa memulainya dari nominal kecil, namun rutin. Misalnya, kuartal ini, Anda menabung 15% dari pendapatan Anda. Kuartal berikutnya, naikkan porsinya 5% menjadi 20%. Begitu seterusnya sampai pos tabungan dan investasi Anda bisa mencapai 70% dari total pendapatan Anda.

Baca Juga5 Manfaat Menabung yang Masih Sering Terlupakan

5. Mencari Investasi Tepat

FIRE Movement juga mengajarkan seseorang untuk jeli berinvestasi yang memberikan imbal hasil (return) yang menarik. Misalnya, mereka cenderung memutar sebagian uangnya di instrumen investasi seperti saham atau reksadana pasar modal.

Begitu pun dalam memilih proteksi kesehatan. Para penganut FIRE Movement akan mencari produk Asuransi jiwa yang turut memberikan manfaat investasi.

Kuncinya adalah terus membiasakan diri untuk berinvestasi setiap bulan. Saat Anda melakukannya, Anda membiarkan waktu dan bunga bekerja untuk Anda. Anda pun akan semakin mudah untuk beristirahat meski di usia yang masih muda.

Baca JugaMengenal Jenis Investasi dan Cara Berinvestasi untuk Pemula

Siapkah Anda menjalankan FIRE Movement saat ini?

Rencanakan Masa Keemasan Anda dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Panduan pembayaran Premi Manulife Indonesia

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya