Lewati ke konten utama
Back

Berbenah Keuangan Pasca Lebaran

Berbenah Keuangan Pasca Lebaran

Jujur saja, kita kerap ‘habis-habisan’ saat menikmati momen hari raya seperti Lebaran. Menggelar jamuan makan untuk open house atau halal bilhalal, membagikan THR dan amplop, membeli baju baru, mengajak sanak saudara jalan-jalan, dan sebagainya. Jangan terlena dengan euforia, yuk berbenah keuangan pasca Lebaran!

 

Ini dia kesalahan yang sering terjadi, sehingga dompet kita menipis usai hari raya:

  • Tidak menyusun perencanaan keuangan.
  • Melupakan mana kebutuhan dan keinginan.
  • Menggunakan dana darurat untuk kebutuhan ekstra saat Lebaran.
  • Lupa menyisihkan THR untuk investasi dan asuransi.

Sesal kemudian tiada berguna. Sebelum kantong kita bolong apalagi sampai harus terlilit utang, ikuti beberapa kiat yang berikut ini:

Efisiensi pengeluaran

Lakukan efisiensi pengeluaran belanja sebulan ke depan. Hitung kembali sisa uang yang kita miliki, bandingkan dengan waktu hingga gajian berikutnya. Pastikan kita bisa memenuhi kebutuhan dengan uang yang tersisa.

Mengurangi kegiatan konsumtif

Kurangi pengeluaran konsumtif seperti makan di luar, nonton bioskop, dan kegiatan lain yang sifatnya tidak wajib atau hanya untuk kesenangan. Semua itu bisa ditunda, agar kondisi keuangan kita bisa pulih pasca hari raya.

Hindari menambah utang baru

Selama kita masih bisa memenuhi kebutuhan dengan uang tunai, hindari membayar dengan kartu kredit atau menambah utang baru.

Alokasi proteksi dan investasi

Lupa menyisihkan sebagian THR untuk proteksi dan asuransi? Pastikan kita melakukan hal ini segera setelah gajian berikutnya! Jika memungkinkan, lakukan top up asuransi atau investasi yang telah kita miliki. Dengan demikian kita sudah mempersiapkan masa depan dengan manfaat yang optimal.

Temukan Artikel Lainnya


Tentang Manulife

Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia

Selengkapnya


Layanan

Ketahui lebih lanjut mengenai Polis ataupun pengelolaannya.

Selengkapnya


Artikel

Apa jadinya jika masa depan sang buah hati lebih indah dari yang direncanakan?

Temukan Artikel Lainnya

Informasi Layanan Counter Singkawang

Mulai tanggal 10 November 2020,  nasabah Manulife di wilayah Singkawang dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro No. 14 Pasiran, Singkawang Barat tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Singkawang

Mulai tanggal 10 November 2020,  nasabah Manulife di wilayah Singkawang dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro No. 14 Pasiran, Singkawang Barat tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Memastikan