Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Manfaat Family Time untuk Diri Sendiri dan Keluarga

 

Di usia produktif, mungkin sebagian besar dari kita menghabiskan waktu untuk bekerja dan mencari nafkah demi menghidupi keluarga. Hal tersebut tidak hanya kita lakukan untuk memenuhi kewajiban sebagai orangtua atau anak, tapi juga merupakan ungkapan rasa cinta kita untuk keluarga. Selain pemenuhan kebutuhan materil, ada hal lain yang tidak kalah penting dilakukan sebagai tanda cinta kita bagi pasangan dan anak, yaitu dengan meluangkan waktu untuk family time. Pasalnya, hal tersebut memiliki begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan, baik untuk saat ini maupun masa depan.

Family Time tidak harus dilakukan di luar rumah dan menghabiskan banyak uang. Banyak kegiatan bersama yang bisa kita lakukan meski di rumah saja seperti aktivitas menonton film, memasak , bermain di taman, bercocok tanam, dan lain sebagainya. Meskipun terlihat simple, namun hal tersebut tidaklah sesederhana itu untuk dilakukan.

Mengingat kesibukan karena pekerjaan atau kegiatan lainnya, meluangkan waktu untuk family time rasanya sulit dilakukan.

Lalu Bagaimana Caranya Agar Kita Dapat Meluangkan Waktu untuk Family Time?

Agar kita lebih termotivasi dalam meluangkan waktu untuk family time, ada baiknya jika kita mengetahui dan memahami lebih jauh tentang manfaatnya.

Manfaat Family Time Secara Umum

Melakukan kegiatan bersama keluarga dapat membantu mempererat ikatan antar anggota keluarga dan melepaskan kepenatan setelah bekerja. Pada saat meluangkan waktu family time, risiko terserang stress akan berkurang serta hubungan kita dengan keluarga juga menjadi lebih erat dan hangat, karena lebih sering berkomunikasi secara terbuka.

Manfaat Family Time untuk Kita dan Pasangan

1. Hubungan yang Semakin Harmonis

Family time dapat menjadi jawaban dan kesempatan saling memberikan quality time yang dibutuhkan oleh satu sama lain. Karena bukan hanya keterbukaan komunikasi saja, waktu yang diluangkan dan dinikmati bersama pasangan dapat menjadi kunci dari hubungan keluarga yang harmonis.

Riset menunjukkan bahwa menghabiskan waktu dengan pasangan melalui quality time dapat meningkatkan kebersamaan dan kedekatan. Selain itu, semakin banyak waktu yang kita habiskan dengan pasangan dapat mengurangi tingkat stress sehingga mengurangi potensi konflik dengan satu sama lain.

Dengan kondisi hubungan yang semakin baik, anak-anak pun dapat mengambil contoh yang baik, sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan orang tua dan sekitarnya melalui cara yang  baik.

Baca Juga5 Momen Tepat Ajak Keluarga Punya Asuransi

2. Melegakan Pikiran

Kesibukan dalam bekerja bisa mengakibatkan pikiran menjadi tidak jernih, di mana hal tersebut dapat merugikan kesehatan baik secara fisik maupun psikis.

Meski tampak sederhana, dengan meluangkan waktu untuk family time secara rutin dapat membantu menjernihkan pikiran yaitu dengan melihat keluarga kita tersenyum dan tertawa dapat mengurangi stress, depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan kondisi tersebut baik untuk kesehatan jantung kita.

3. Saat Tepat untuk Mengajarkan Anak

Rumah dan keluarga adalah tempat anak kita bertumbuh dan mempelajari berbagai hal yang kemudian diterapkan ke lingkungan sekitarnya saat mereka bersosialisasi. Kita bisa memanfaatkan family time untuk memberikan contoh yang baik dan juga mengajarkan berbagai hal kepada mereka, terutama hal-hal terkait etika, empati dan simpati.

Manfaat Family Time untuk Anak

1. Merasakan Kasih Sayang dan Perhatian dari Orang Tua

Dengan menghabiskan waktu bersama, anak kita pasti akan merasa lebih diperhatikan dan mendapatkan kasih sayang yang mereka inginkan dan butuhkan, terutama setelah seharian penuh kita sibuk bekerja dan berkegiatan di luar, si kecil pun disibukkan dengan tugas-tugas sekolah. Anak-anak yang menghabiskan waktu bersama keluarga menunjukkan risiko yang lebih kecil terhadap masalah perilaku.

Baca JugaPentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini

2. Lebih Terbuka Tentang Isi Hatinya

Seiring pertumbuhan, perilaku dan perasaannya pun pasti akan terus berkembang bahkan tidak jarang jika sang anak merasa kebingungan atas apa yang sedang dialami. Dengan meluangkan waktu untuk family time, anak dapat mengutarakan apa yang dirasakan, keluh kesah, maupun pertanyaan yang tidak dapat dimengerti kepada orang tuanya sebagai sosok yang dapat membuatnya merasa aman dan nyaman.

3. Meningkatkan Kecerdasan Sosial

Sejak ia membuka mata di dunia hingga bertumbuh-kembang menjadi dewasa, keluarga adalah pusat pembelajaran sosial yang utama. Menjaga keharmonisan keluarga dengan family time, memberikan jalan keluar untuk emosi anak yang terpendam, anak dapat menerapkan contoh yang baik untuk kehidupan sosialnya di kemudian hari. Maka dari itu, kita harus lebih cerdas dan bijaksana dalam memberikan contoh hubungan sosial yang baik.

Itu adalah sederet manfaat yang dapat kita dan keluarga rasakan dari family time, sebagai bukti cinta kita terhadap mereka dan diri sendiri.

Selain dengan family time, ada cara lain mengungkapkan rasa cinta kepada keluarga, yaitu dengan memberikan mereka jaminan atas risiko kehidupan melalui asuransi. Jadikanlah perlindungan melalui asuransi sebagai kebutuhan utama yang mampu memberikan kepastian kelangsungan hidup keluarga di masa depan. Itulah mengapa, Manulife Indonesia menghadirkan produk Manulife Essential Assurance (MEA) yang memberikan perlindungan jiwa seumur hidup dengan nilai tunai pasti sebagai solusi untuk ketenangan hati dan pikiran dalam mempersiapkan masa depan keluarga tercinta!

Diskusikan Kebutuhan Anda dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    MiEClaim: Solusi Pengajuan Klaim Ringkas Tanpa Kertas, Dimana Saja, Kapan Saja

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya