Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Mempersiapkan Dana Pensiun untuk Masa Tua Sejahtera

Mempersiapkan masa pensiun merupakan bagian penting dan sebaiknya dimulai saat masih berada di masa produktif. Masa pensiun adalah momen dimana akhirnya bisa beristirahat dan lebih menikmati waktu luang dengan dana pensiun yang sudah disiapkan. Namun, jika tidak memiliki persiapan dana atau asuransi pensiun, bisa jadi membuat Anda kurang menikmati masa pensiun.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Masa pensiun menurut Permenaker 4/2022, dimulai dari 56 tahun, di mana seseorang dinilai sudah berusia lanjut dan tergolong rentan. Peraturan ini senada dengan pemaparan WHO yang menjelaskan bahwa orang berusia lanjut lebih mudah terkena penyakit karena kondisi fisik telah menurun. Atas dasar inilah orang-orang yang sudah memasukin usia pensiun dinilai tidak dapat bekerja secara aktif.

Karena sudah tidak aktif bekerja, pada umumnya, para pensiunan bergantung pada pemasukan pasif (passive income) atau tunjangan pensiun. Akan tetapi, dalam banyak kasus, jumlah dari pemasukan pasif maupun tunjangan pensiunnya tidak sebanyak pemasukan saat masih produktif bekerja. Maka dari itu sangat penting mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin. Inilah tujuan dana pensiun dipersiapkan dengan baik.

Meski sudah tahu bahwa memasuki usia pensiun adalah sesuatu yang tak terelakkan, tidak semua orang mempersiapkan perencanaan keuangan maupun dana dan asuransi pensiun untuk hari tuanya. Alhasil, kerap kali kita jumpai kasus penurunan taraf hidup saat seseorang berada di masa pensiun.

Masalah lain akan timbul jika setelah memasuki masa pensiun, Anda jatuh sakit dan membutuhkan perawatan intensif dalam jangka waktu yang cukup lama. Dengan kondisi pemasukan yang terbatas, dan biaya perawatan yang cukup besar, dapat mengganggu kondisi keuangan. 

Bagaimana Cara Mempersiapkan Masa Pensiun sesuai Impian?

Agar Anda bisa menikmati masa pensiun dengan lebih bahagia, sejahtera dan terhindar risiko masalah selama masa pensiun, ada beberapa kiat jitu yang bisa diterapkan:

1. Lakukan perencanaan keuangan

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyusun perencanaan keuangan sebelum memasuki masa pensiun. Sejak dini, buatlah perkiraan kebutuhan dan keinginan Anda di hari tua kelak.

Mengingat sudah tidak ada lagi sumber pemasukan aktif, tentunya Anda perlu melakukan penyesuaian pada beberapa jenis pengeluaran. Misalnya, hal-hal yang tergolong dalam rekreasi rutin di masa produktif ada baiknya dikurangi karena kelak Anda akan relatif lebih sulit untuk menutupi dampak finansialnya.

Perencanaan ini dapat disesuaikan dengan gaya hidup masing-masing. Yang jelas, pada prinsipnya jangan sampai Anda mengalami besar pasak daripada tiang saat berada dalam usia pensiun.
 

2. Persiapkan dana pensiun sedini mungkin

Dalam teori piramida keuangan, dana pensiun tergolong sebagai akumulasi kekayaan (wealth accumulation). Artinya, persiapan dana pensiun harus dilakukan dalam jangka panjang dan secara rutin. Baiknya Anda mulai mengumpulkan dana pensiun dari sejak masih dalam usia produktif dan memiliki pemasukan aktif.

Yang perlu dicatat adalah pengumpulan dana mesti memperhitungkan risiko inflasi karena proses pengumpulan dana pensiun berlangsung dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Untuk menghindari penurunan nilai harta karena risiko ini, simpanlah dana pada instrumen investasi seperti deposito, reksa dana, dan obligasi, sesuai dengan profil risiko masing-masing.
 

3. Miliki proteksi yang tepat dan bermanfaat hingga masa pensiun

Selain mulai mengalokasikan sebagian dari penghasilan bulanan untuk dana pensiun, pastikan bahwa Anda sudah memiliki perlindungan kekayaan (wealth protection). Salah satu bentuk perlindungan kekayaan adalah asuransi, baik kesehatan ataupun jiwa, yang periode proteksinya berlaku hingga masa pensiun atau bahkan sampai tutup usia.

Anda perlu melengkapi diri dengan proteksi asuransi sedari masih dalam usia produktif. Dengan demikian, Anda dapat relatif lebih mudah memenuhi kewajiban premi jika dibandingkan dengan setelah memasuki usia pensiun. Selain harga preminya lebih murah, proteksi yang Anda dapatkan pun akan lebih maksimal.

Untuk mewujudkan masa pensiun yang menyenangkan MiProsper Assurance for Pension - MiPASSION hadir sebagai produk Asuransi Jiwa Berjangka yang dapat memberikan manfaat santunan kesehatan selama masa pensiun, namun tidak melupakan proteksi jiwa yang dibutuhkan sejak usia muda. MiPASSION dapat menjadi solusi dalam memutus rantai generasi Sandwich di Indonesia.

MiPASSION memberikan 100% uang pertanggungan, apabila Tertanggung meninggal dunia dalam masa Masa Pertanggungan atau sebelum mencapai usia pensiun yang dipilih.

Kemudian, jika Anda menjalani rawat inap setelah memasuki usia pensiun, MiPASSION juga memberikan santunan rawat inap harian dengan nilai maksimal Rp4.000.000 per hari. Selain untuk perlindungan kesehatan, MiPASSION juga memberikan penggantian atas tindakan pencegahan penyakit yang mencakup biaya konsultasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan laboratorium, dan lain sebagainya dengan batasan maksimal Rp4.000.000 per tahun.

Menyiapkan masa pensiun yang menyenangkan bukanlah sesuatu yang bisa diwujudkan dalam waktu singkat. Anda perlu mempersiapkannya dengan baik sedari masih di masa produktif. Berbekal persiapan yang matang, Anda akan terhindar dari berbagai masalah di masa pensiun atau setidaknya dapat meminimalisir risikonya.

Hubungi Life Planner Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya