Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia

Mulai tanggal 1 Desember 2021, fasilitas pengajuan klaim melalui email Claimsubmissionid@manulife.com dan GLH_Claim_id@manulife.com  akan dialihkan ke platform digital MiEClaim. Informasi terkini di sini.

 

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Klaim Manulife Indonesia

Mulai tanggal 1 Desember 2021, fasilitas pengajuan klaim melalui email Claimsubmissionid@manulife.com dan GLH_Claim_id@manulife.com  akan dialihkan ke platform digital MiEClaim. Informasi terkini di sini.

 

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Mana Perlu Didahulukan: Beli Asuransi Jiwa atau Beli Asuransi Kesehatan?

Beli Asuransi Jiwa atau Beli Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi adalah salah satu pondasi penting keuangan pribadi. Pasalnya, dalam menjalani hidup, kita senantiasa berhadap dengan berbagai risiko kehidupan yang sulit dihindari. Mulai dari sakit, kecelakaan, tutup usia, dan sebagainya. Kejadian-kejadian tersebut membawa implikasi finansial yang seringkali cukup besar. Misalnya ketika jatuh sakit, kemungkinan akan membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan. Tanpa kesiapan finansial yang memadai, keuangan kita bisa terganggu karena harus mengeluarkan biaya perawatan yang boleh jadi cukup menguras isi kantong.

Namun, kejadian-kejadian yang berisiko melahirkan pengeluaran finansial itu, sebetulnya bisa diantisipasi dengan asuransi. Asuransi mengalihkan risiko kerugian finansial dari kita kepada Penyedia Asuransi. Jadi, ketika ada kejadian sakit, Anda tidak perlu lagi memusingkan biaya perawatan karena Penyedia Asuransi-lah yang akan menanggungnya. Nah, pertanyaannya, bila dihadapkan pada jenis asuransi, manakah yang sebaiknya didahulukan antara beli asuransi jiwa atau beli asuransi kesehatan?

Di Mana Ada Risiko, Di Sana Asuransi Perlu Ada

Asuransi pada dasarnya sebuah mekanisme pengelolaan risiko finansial yang paling mudah. Setiap hal yang menimbulkan risiko bagi kondisi keuangan seseorang, sebaiknya memang diasuransikan . Kendati tidak semua hal bisa diasuransikan, tapi setidaknya ada dua jenis asuransi yang sangat penting untuk dimiliki; yaitu asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Bagi kalangan muda, dua jenis proteksi itu seringkali kurang diindahkan karena merasa risiko sakit dan meninggal dunia belum terlalu besar. Proteksi jiwa dan kesehatan kadangkala dianggap sebagai kebutuhan kalangan usia matang yang sudah berkeluarga saja. Tentu saja anggapan itu kurang tepat, karena tidak ada seorang pun yang dapat memprediksi datangnya risiko sakit atau meninggal dunia. 

Jadi, bila bicara asuransi mana yang lebih penting, maka jawabannya, baik beli proteksi  jiwa maupun beli proteksi kesehatan sama-sama penting. Akan tetapi, apabila masih dalam situasi harus membuat prioritas pengeluaran premi, bisa mempertimbangkan pilihan berdasarkan panduan berikut.

Asuransi Jiwa Wajib Bagi Pencari Nafkah

Asuransi jiwa atau proteksi jiwa bukan tentang kematian; melainkan tentang bagaimana keluarga dapat meneruskan kehidupan, setelah pencari nafkah tutup usia. Contohnya, seorang ayah yang menjadi sandaran nafkah keluarga meninggal dunia. Kejadian itu otomatis menghentikan juga sumber finansial keluarga yang ditinggalkan. Bila ada proteksi jiwa, dampak tersebut bisa diperkecil karena asuransi akan mencairkan Uang Pertanggungan (UP) yang bisa menjadi bekal finansial bagi keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup.

Berikut ini hal-hal mengenai asuransi jiwa yang perlu diketahui:

  • Proteksi jiwa memiliki banyak pilihan jenis proteksi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari proteksi jiwa berjangka (term life), proteksi jiwa seumur hidup (whole life), maupun proteksi jiwa dwiguna (endowment insurance)
  • Uang Pertanggungan (UP) dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan Uang Pertanggungan (UP) dapat menjadi bekal bagi ahli waris jika Tertanggung meninggal dunia
  • Asuransi jiwa dapat disertai proteksi tambahan (rider) seperti proteksi kesehatan, atau dilengkapi dengan fitur investasi
  • Jika tidak menyertakan asuransi tambahan seperti proteksi kesehatan, manfaat proteksi jiwa tidak dapat dirasakan secara langsung ketika Tertanggung masih hidup
  • Bila tidak menambahkan proteksi tambahan (rider) seperti Waiver of Premium, premi asuransi jiwa harus terus dibayarkan kendati Pemegang Polis tengah menghadapi kesulitan keuangan

Asuransi Kesehatan Dibutuhkan Semua Orang

Survei 2020 Global Medical Trends Survey Report dari Willis Tower Watson menunjukkan inflasi biaya kesehatan di Indonesia tahun 2019 naik hampir 10% dari tahun sebelumnya, dan memprediksi angka tersebut akan terus meningkat. Memiliki asuransi kesehatan memungkinkan kita hidup dengan ketenangan pikiran sehingga fokus pada penyembuhan, tanpa khawatir keuangan terganggu akibat biaya kesehatan yang semakin tinggi.

Sejak tahun 2014, masyarakat Indonesia memang telah memiliki sistem jaminan sosial di sektor kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Namun, dengan melihat tren biaya kesehatan yang terus meningkat, memiliki asuransi pribadi merupakan keputusan yang bijak. 

Berikut ini hal-hal yang perlu diketahui mengenai asuransi kesehatan:

  • Asuransi kesehatan atau proteksi kesehatan memiliki banyak jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Yaitu hospital benefit atau penggantian biaya medis dan hospital cash plan atau proteksi kesehatan pengganti pendapatan yang hilang selama sakit
  • Proteksi kesehatan mayoritas memberikan sistem klaim cashless dengan kartu sehingga Anda tidak perlu repot menyiapkan dana berobat kala membutuhkan layanan kesehatan secara cepat
  • Proteksi kesehatan memungkinkan Anda berobat secara privat, nyaman dan cepat tanpa antri dan birokrasi yang rumit, hingga ke fasilitas kesehatan di luar negeri
  • Proteksi kesehatan memberi layanan rawat jalan, rawat inap, rawat bedah, hingga manfaat rawat melahirkan.
  • Besaran premi proteksi kesehatan sangat tergantung pada usia Tertanggung, kondisi kesehatan, serta cakupan manfaat perlindungan. Oleh sebab itu, waktu yang paling ideal untuk memiliki asuransi kesehatan adalah selagi muda dan sehat.
Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sama-sama penting untuk dimiliki

Namun, bila harus memilih satu lebih dulu, beli asuransi kesehatan bisa didahulukan, terutama jika belum memiliki proteksi yang memadai dari tempat bekerja. Dengan melengkapi kebutuhan proteksi, Anda bisa menjaga stabilitas keuangan pribadi dari guncangan pengeluaran yang sulit diprediksi di masa depan. Yuk, semangat berasuransi!

Bicarakan Kebutuhan Asuransi Anda Dengan Kami!

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Panduan pembayaran Premi Manulife Indonesia

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya