Lewati ke konten utama
Back

3 Pelajaran Penting Soal Keuangan Di Tengah Pandemi

3 Pelajaran Penting Soal Keuangan di Tengah Pandemi

Gelombang pandemi COVID-19 yang datang secara tiba-tiba dan menggulung berbagai aspek kehidupan—termasuk perekonomian, tentu sangat mengejutkan; bahkan terasa menakutkan. Tapi setidaknya ada 3 hal berikut yang dapat menjadi pelajaran penting bagi kita soal keuangan, dari munculnya pandemi saat ini:

1. Asuransi adalah Kebutuhan

Jika sebelumnya Anda berpikir bahwa asuransi adalah sesuatu yang ‘nice to have’ dan bukan merupakan kebutuhan mendasar, pandemi COVID-19 membuktikan sebaliknya. Tidak ada yang bisa menebak kapan penyakit dan ajal itu datang. Hanya dengan asuransi, kita dapat mempersiapkan diri terhadap risiko yang tak terduga.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk meninjau polis asuransi Anda: apakah cakupannya sudah cukup dan perlindungannya optimal? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan agen asuransi Anda untuk memastikan memiliki produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan kemampuan.

2. Hitung Tepat Dana Darurat

Sesuai namanya, Dana Darurat adalah sejumlah yang akan digunakan dalam keadaan darurat. Besaran kebutuhan dana darurat berbeda-beda, namun secara umum minimal disisihkan 3-6 kali pengeluaran bulanan. Bagi kepala keluarga, kebutuhan dana darurat tentunya lebih besar dan tergantung pula pada jumlah anggota keluarga.

Contohnya untuk keluarga kecil yang mempunyai 1-2 anak, besaran yang dibutuhkan kira-kira 6-9 kali pengeluaran bulanan; sementara untuk keluarga besar yang memiliki lebih dari 3 anak atau tanggungan lainnya, besaran Dana Darurat yang diperlukan berkisar antara 10-12 kali pengeluaran bulanan.

3. Lebih dari Uang – Persiapan adalah Kunci!

Gara-gara pandemi, tak sedikit orang yang “banyak uang” pun mengalami kesulitan. Mengapa? Karena tidak punya persiapan. Pandemi ini menyadarkan kita bahwa bukan soal sedikit atau banyaknya uang yang kita miliki, melainkan bagaimana kita menggunakannya. Mendiamkan uang tidak ada untungnya, kita perlu mengembangkan aset yang kita miliki dengan berinvestasi.

 

Artikel ini dan informasi terkini nasabah Manulife lainnya dimuat dalam Andalanku. Klik di sini untuk unduh Andalanku edisi Juli 2020.

 

Agen Kami Siap Membantu Anda!

Temukan Artikel Lainnya


Tentang Manulife

Manulife Indonesia melayani lebih dari 2,5 juta nasabah di Indonesia

Selengkapnya


Layanan

Ketahui lebih lanjut mengenai Polis ataupun pengelolaannya.

Selengkapnya


Artikel

Masa pensiun yang nyaman merupakan dambaan banyak orang, karena itu penting memiliki dana pensiun

Temukan Artikel Lainnya

Informasi Layanan Counter Medan

Mulai tanggal 23 Oktober 2020,  nasabah Manulife di wilayah Medan dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro No. 34 Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Medan

Mulai tanggal 23 Oktober 2020,  nasabah Manulife di wilayah Medan dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Pangeran Diponegoro No. 34 Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Memastikan