Efektif pada 31 Agustus 2024, Perubahan Data Kontak & Perubahan Alokasi Dana Investasi dialihkan melalui MiAccount. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya

Efektif pada 31 Agustus 2024, Perubahan Data Kontak & Perubahan Alokasi Dana Investasi dialihkan melalui MiAccount. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Tentang Laporan Keberlanjutan

Manulife Indonesia terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata bagi negeri dan industri. Sejak tahun 2020, Manulife menerapkan Keuangan Berkelanjutan, yang berfokus pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup dengan memprioritaskan:

Kesehatan dan kesejahteraan

Meningkatkan pendidikan yang berkualitas dan kesempatan belajar

Menanamkan keragaman dan kesejahteraan gender ke dalam organisasi, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif, serta mengurangi kesenjangan

Melakukan penanganan perubahan iklim

Tujuan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Manulife Indonesia 

Menjadi penyelenggara jasa pengelolaan keuangan melalui produk asuransi untuk keluarga Indonesia dengan menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan.

Yang dilaksanakan melalui beberapa strategi utama seperti penyesuaian sumber daya manusia dengan kebutuhan strategis, integrasi aspek sosial dan lingkungan hidup ke dalam pengelolaan risiko, serta keterlibatan pada kegiatan usaha berwawasan lingkungan.

Laporan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) merupakan suatu bentuk komitmen Manulife Indonesia kepada publik dan nasabah yang menunjukkan bahwa Manulife Indonesia berpartisipasi aktif dalam mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan pada setiap aktivitas bisnis yang dimiliki.

Pencapaian kegiatan usaha berkelanjutan Manulife Indonesia sesuai Rencana Aksi Keuangan

Memasuki tahun kedua, Manulife Indonesia tetap berkomitmen untuk terus melaksanakan Kegiatan Usaha Berkelanjutan yang berkaitan dengan 6 (enam) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (“SDG”) melalui berbagai program Perusahaan, yaitu sebagai berikut :
 

  1. Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia (SDG 3). 
  2. Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang (SDG 4).
  3. Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan (SDG 5).
  4. Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan dan pekerjaan yang layak untuk semua (SDG 8).
  5. Menjamin kesempatan yang sama dan mengurangi kesenjangan (SDG 10).
  6. Mengintegrasikan tindakan antisipasi perubahan iklim ke dalam aktivitas bisnis Manulife Indonesia (SDG 13).


Hal ini sebagai bentuk komitmen Manulife Indonesia kepada publik dan nasabah, untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung tujuan pembangunan yang berkelanjutan pada setiap aktivitas bisnis yang dimiliki dan berharap dapat menjadi penyelenggara jasa pengelolaan keuangan melalui produk asuransi untuk keluarga Indonesia dengan menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2022, Manajemen Perusahaan bertekad untuk melakukan pertumbuhan berkualitas dan berkelanjutan dengan memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup. Hal tersebut tentunya harus didukung dengan strategi bisnis, termasuk didalamnya penyempurnaan infrastruktur teknologi sistem penunjang yang terintegrasi.

Pencapaian kegiatan usaha Berkelanjutan Manulife Indonesia sesuai Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) pada tahun 2022 adalah sebagai berikut: 

  • Promosi hidup sehat dan sejahtera untuk segala usia, dengan mengadakan Webinar/Seminar kesehatan dengan pembicara yang berkualitas serta mengatur pemeriksaan kesehatan bagi karyawan secara berkala.
  • Pelaksanaan Kampanye bagi karyawan mengenai pentingnya vaksin COVID-19.
  • Perluasan manfaat Rawat Jalan yang mencakup pembelian vitamin atau multivitamin tanpa resep dokter serta Rapid test & PCR test / SWAB tanpa indikasi medis kepada  karyawan.
  • Penyelenggaraan pelatihan untuk karyawan baru terkait keuangan berkelanjutan, serta  pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan kualitas SDM, baik pelatihan soft skill maupun pelatihan pendukung.
  • Pemberian konten literasi dan edukasi melalui media social (podcast & talkshow).
  • Penyelenggaraan berbagai program literasi keuangan di Indonesia melalui platform digital/ Sosial media dan Webinar secara virtual maupun offline yang ditujukan untuk karyawan internal dan komunitas/ publik.
  • Penyelenggaraan program pelatihan Signature Select, yang merupakan pengganti dari program Women in Leadership, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para talenta perempuan untuk membangun jaringan dan memberikan dukungan karir agar sukses di Manulife.
  • Melanjutkan kolaborasi dengan Global Women Alliance (“GWA”), sebuah organisasi yang dibentuk oleh kantor pusat Manulife untuk mempromosikan program pemberdayaan bagi perempuan di tempat kerja dan meningkatkan partisipasi peserta laki-laki pada program GWA.
  • Penyelenggaraan kampanye mengenai usaha Perusahaan untuk mendukung kesetaraan gender dalam dunia kerja.
  • Penyelenggaraan berbagai program kesehatan karyawan, khususnya kesehatan mental.
  • Penyelenggaraan Program bekerja lebih baik / working better (In-Office, Hybrid, At-Home).
  • Program kampanye karir untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai manajemen karir dan perangkat yang disediakan oleh perusahaan.
  • Pemberian kesempatan kepada semua orang tanpa memandang agama, suku, ras, ataupun disabilitas untuk menjadi karyawan tetap Manulife Indonesia.
  • Penyelenggaraan program Diversity, Equity & Inclusion (DEI) dengan topik “Time to Reflect and Embrace Differences” 
  • Melanjutkan dukungan untuk memberikan pilihan bagi nasabah di semua segmen pasar, mendukung segmen low market melalui kampanye, inisiatif produk Term Life yang dipasarkan melalui mitra Perusahaan, pembukaan saluran pembayaran baru hingga mempermudah proses pembayaran di semua segmen.
  • Penciptaan produk yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, dengan desain yang berpusat pada kebutuhan nasabah dengan diferensiasi untuk segmen yang lebih luas, sederhana, dan intuitif sebagai alternatif dari produk asuransi konvensional.
  • Pemberian kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk membeli asuransi melalui jalur alternatif seperti jalur Adira dan Digibank.
  • Pembukaan beberapa kantor pemasaran mandiri (General Agency) di beberapa kota di Indonesia.
  • Melanjutkan proses-proses otomatisasi dan paperless.
  • Menjalankan kebijakan Work From Office bagi karyawan sesuai dengan peraturan pemerintah.
  • Pembuatan area terpusat AC untuk kerja lembur pada lantai tertentu.

Manulife Indonesia akan terus berupaya untuk mengimplementasikan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (“RAKB”) dalam setiap aspek kegiatan Perusahaan yang dimiliki sehingga dapat secara konsisten memberikan kontribusi dalam memberikan perlindungan yang semakin hari semakin baik bagi banyak keluarga di Indonesia. 

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan