Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Tentang Laporan Keberlanjutan

Manulife Indonesia terus berupaya untuk memberikan kontribusi nyata bagi negeri dan industri. Di tengah situasi yang menantang pada tahun 2020, Manulife menerapkan Keuangan Berkelanjutan, yang berfokus pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan hidup dengan memprioritaskan:

  • Kesehatan dan kesejahteraan
  • Meningkatkan Pendidikan yang berkualitas dan kesempatan belajar 
  • Menanamkan keragaman dan kesejahteraan gender ke dalam organisasi, pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, serta mengurangi kesenjangan
  • Melakukan penanganan perubahan iklim

Tujuan Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (RAKB) Manulife Indonesia 

Menjadi penyelenggara jasa pengelolaan kekayaan dan asuransi bagi keluarga Indonesia yang menerapkan prinsip keuangan berkelanjutan

Tujuan tersebut dilaksanakan melalui beberapa Strategi Utama seperti penyesuaian sumber daya manusia dengan kebutuhan strategis, integrasi aspek sosial dan lingkungan hidup ke dalam pengelolaan risiko, serta keterlibatan pada kegiatan usaha berwawasan lingkungan.

Terdapat 4 tahapan penerapan Aksi Keuangan Berkelanjutan yaitu:

  1. Tahap persiapan pada tahun 2020
  2. Tahap implementasi awal pada tahun 2020-2021
  3. Tahap implementasi lanjutan pada tahun 2022-2023
  4. Tahap implementasi penuh pada tahun 2024

Aktivitas Pencapaian Pada Tahun 2020

Pembentukan Grup Kerja (Working Group) Keuangan Berkelanjutan

Terbentuknya Grup Kerja yang saling berkolaborasi dan terdiri dari masing-masing Person-in-Charge (PIC) dari Corporate Secretary, Departemen Sumber Daya Manusia, Departemen Keuangan, Departemen Corporate Social Responsibility (CSR), Departemen Operasional dan Departemen Kesejahteraan Karyawan (Employee Benefits) di bulan Januari 2020. Dalam kegiatan pengawasan keuangan berkelanjutan, seluruh PIC melapor langsung ke masing-masing Dewan Direksi

Peninjauan Pedoman Manulife Indonesia Keuangan Berkelanjutan

Sejak April 2020, Pedoman Manulife Indonesia yang ada sudah mendukung kegiatan Keuangan Berkelanjutan

Pelaksanaan Edukasi Internal

Pengenalan mengenai 6 pilar SDG yang dilakukan oleh Manulife sebagai bagian dari Keuangan Berkelanjutan untuk karyawan baru yang dimulai selama tahun 2020. Pengenalan ini dilaksanakan bersamaan dengan Program Induksi (Orientasi Global) yang  dilaksanakan selama sekali dalam setiap bulan. Sampai dengan Desember 2020, edukasi internal untuk karyawan baru sudah terlaksana selama 12 (dua belas) kali

Implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) untuk Kegiatan Usaha Berkelanjutan

Selama tahun 2020, Manulife Indonesia telah melaksanakan Kegiatan Usaha Berkelanjutan yang berkaitan dengan 6 (enam) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG), yaitu sebagai berikut:

  1. Menggalakkan hidup sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua usia (SDG 3)
  2. Memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang (SDG 4)
  3. Mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan (SDG 5)
  4. Mempromosikan pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan inklusif, lapangan pekerjaan dan pekerjaan yang layak untuk semua (SDG 8)
  5. Menjamin kesempatan yang sama dan mengurangi kesenjangan (SDG 10)
  6. Mengintegrasikan tindakan antisipasi perubahan iklim ke dalam aktivitas bisnis Manulife Indonesia (SDG 13)

Pencapaian Kegiatan Usaha Berkelanjutan Sesuai RAKB 2020

  • Melakukan kampanye kesehatan dan Health Talk yang dilakukan secara langsung ataupun offline
  • Mengembangkan produk asuransi kesehatan, mendukung work-life balance, seperti Work From Home (WFH)
  • Melakukan Manulife FRESH Virtual WorkoutVirtual Manulife Wellness Series – BreathWork Session, dan Sesi Yin Yoga Exercise dengan Tim Manajemen
  • Melakukan pelatihan (training) untuk soft skill maupun pendukung
  • Pengenalan mengenai 6 pilar SDG yang dilaksanakan bersamaan dengan Program Induksi (Orientasi Global) untuk karyawan baru
  • Memproduksi program edutainment (education and entertainment) yang disiarkan di televisi seperti Cerdas 5 Menit dan DO IT
  • Menyelenggarakan program Women in Leadership kepada karyawan perempuan yang merupakan pemimpin dan calon pemimpin 
  • Menyelenggarakan kegiatan secara rutin dengan berkolaborasi dengan Global Women’s Alliance (GWA) untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan
  • Melakukan mobilitas internal, Pembelajaran, Kepemimpinan & Pengembangan, dan Career Campaign
  • Memberikan peluang yang setara bagi para disabilitas
  • Memberi kesempatan untuk seluruh orang tanpa memandang SARA untuk menjadi karyawan tetap Manulife
  • Membuat produk sesuai dengan prinsip Syariah
  • Memberi kemudahan proses pembayaran premi, serta dengan memperluas kantor pemasaran di daerah non-Jakarta (pembukaan kantor pemasaran mandiri General Agency di Surabaya), Manulife Indonesia dapat menjangkau lebih luas keluarga Indonesia di kawasan kota terbesar nomor 2 di Indonesia
  • Melakukan proses otomatisasi dan paperless
  • Mengimplementasikan konsep kantor ramah lingkungan (tidak menggunakan kertas dinding atau wallpaper, mengganti lampu non-LED menjadi LED, menggunakan penyejuk udara non-CVC/Inverter, dan menggunakan lantai karpet berbahan daur ulang, nonwoven dan non-PVC
  • Mengubah kebiasaan penggunaan botol minuman plastik sekali pakai dengan menyediakan tumbler kepada seluruh karyawan

Pencapaian Kegiatan Usaha Berkelanjutan Tambahan Terkait COVID-19 

SDG 3 - Kehidupan Sehat dan Sejahtera

  1. Sesuai dengan kebijakan Sumber Daya Manusia (SDM) selama Triwulan II 100% Work From Home (WFH) diberlakukan kepada seluruh karyawan Manulife Indonesia sejak awal pandemi COVID-19.  Namun, mulai Juli hingga Desember 2020 kebijakan SDM melaksanakan karyawan return to office maksimal sebesar 25%
  2. Menambahkan cakupan Manfaat Rawat Jalan berupa Vitamin atau Multivitamin tanpa resep dokter 
  3. Menambahkan cakupan Manfaat Rawat Jalan Karyawan berupa Rapid test dan PCR/SWAB test tanpa indikasi medis
  4. Pencegahan penyebaran COVID-19 di area gedung dan tempat kerja karyawan berupa:
    • Manajemen Gedung Sampoerna Strategic Square menyediakan thermography scanner dan hand sanitizer di lantai dasar Gedung
    • Menyediakan masker sekali pakai tersedia di pos security Manulife, area Customer Service, resepsionis, dan First Aid Bag
    • Menyediakan hand sanitizer tersedia di setiap lantai kantor
    • Melakukan deteksi dini kesehatan sebelum kembali bekerja dari kantor (self check link)

Informasi laporan ini sekaligus merupakan komitmen Manulife untuk semakin hari semakin baik selama hampir 36 tahun beroperasi di Indonesia. Kedepannya, informasi tersebut akan mengalami perkembangan waktu ke waktu seiring dengan arah pencapaian strategi dan tujuan yang berkelanjutan.

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan