Lewati ke konten utama
Back

Penggunaan Fasilitas Cashless

Fasilitas Cashless memberikan kemudahan kepada nasabah Manulife Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan penjaminan dari asuransi tanpa harus membayar kepada Rumah Sakit terlebih dahulu.

Simak panduan penggunaan fasilitas Cashless di Rumah Sakit Rekanan pada video berikut.

     

Pertanyaan Terkait Fasilitas Cashless

Fasilitas cashless adalah fasilitas yang disediakan oleh Manulife yang memberikan kemudahan kepada peserta asuransi/tertanggung untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan penjaminan dari asuransi tanpa harus membayar kepada Rumah Sakit terlebih dahulu. Pembayaran akan dilakukan oleh Manulife Indonesia kepada Rumah Sakit sesuai dengan manfaat dan ketentuan polis asuransi yang dimiliki nasabah.

  1. Nasabah datang ke Rumah Sakit Rekanan Manulife untuk melakukan pendaftaran Rawat Inap dan menunjukkan kartu asuransi serta kartu identitas.
  2. Petugas Rumah Sakit rekanan akan melakukan verifikasi kepesertaan dan manfaat, dan mengirimkan laporan medis awal dan surat pernyataan pasien ke Manulife.
  3. Manulife akan menerbitkan Surat Jaminan yang akan dikirimkan kepada Rumah Sakit.
  4. Manulife akan melakukan pemantauan medis selama nasabah mendapatkan layanan kesehatan.
  5. Ketika perawatan telah selesai, petugas Rumah Sakit akan menyiapkan tagihan akhir biaya perawatan dan ringkasan medis untuk dikirimkan kepada Manulife.
  6. Manulife akan melakukan pengecekan kelayakan tagihan dan ringkasan medis, dan mengirimkan rincian yang berisi perhitungan biaya perawatan yang ditanggung oleh Manulife kepada Rumah Sakit.
  7. Nasabah membayarkan selisih biaya perawatan (bila ada) sebelum meninggalkan Rumah Sakit.
  8. Nasabah dapat pulang dan kembali beraktivitas.

Proses penjaminan/kepulangan Rawat Inap merupakan serangkaian proses yang membutuhkan kerjasama yang baik antara pihak Rumah Sakit dan Manulife (lihat alur penggunaan fasilitas cashless pada poin nomor 2 di atas). Manulife dapat memproses penjaminan/kepulangan Rawat Inap setelah Rumah Sakit mengirimkan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk analisis. 

Selisih biaya perawatan adalah biaya - biaya terkait perawatan yang tidak ditanggung oleh Manulife. Selisih biaya tersebut dapat terjadi akibat beberapa kondisi, antara lain:

  1. Timbulnya biaya yang tidak berhubungan dengan perawatan medis, seperti biaya telekomunikasi, biaya lemari pendingin dan isinya, food supplement, dan lain – lain
  2. Timbulnya biaya perawatan yang melebihi batas maksimum manfaat (sesuai dengan tabel manfaat pada polis milik Bapak/Ibu) 

Penjaminan fasilitas cashless dapat tidak disetujui oleh Manulife karena beberapa sebab. Beberapa penyebab yang umum dijumpai antara lain;

A.    Polis tidak aktif;

B.    Polis masih dalam masa tunggu;

C.    Diagnosis penyakit termasuk dalam pengecualian; dan/atau

D.    Perawatan tidak sesuai dengan indikasi medis.

Nasabah wajib membawa kartu asuransi untuk dapat menggunakan fasilitas cashless di rumah sakit rekanan manulife.

Jika Bapak/Ibu kehilangan kartu cashless, silakan menghubungi Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777 atau e-mail ke CustomerServiceID@manulife.com, Bapak/Ibu juga dapat mendatangi kantor pusat di Sampoerna Strategic Square, South Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46, Jakarta atau kantor pemasaran Manulife terdekat. 

Fasilitas cashless dapat digunakan di semua Rumah Sakit rekanan Manulife di seluruh Indonesia. Cek website Manulife Indonesia di link berikut untuk melihat daftar lengkap Rumah Sakit rekanan Manulife. 

Daftar Rumah Sakit dan Klinik Rekanan Manulife Indonesia

Penggunaan fasilitas cashless dapat digunakan diluar negeri hanya bagi produk – produk yang memiliki manfaat perawatan Rumah Sakit di luar negeri. Penjelasan detil manfaat perawatan luar negeri (bila ada) dapat dibaca pada ketentuan Polis milik Bapak/Ibu.

Bila Bapak/Ibu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai penggunaan fasilitas cashless, silakan menghubungi Customer Service Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777.

Hubungi Manulife Customer Contact Center

Informasi Layanan Counter Probolinggo dan Solo

Mulai tanggal 17 September 2020,  nasabah Manulife di wilayah Probolinggo dan Solo dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 37, Probolinggo dan Jl. Rajiman No. 301 Solo tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Probolinggo dan Solo

Mulai tanggal 17 September 2020,  nasabah Manulife di wilayah Probolinggo dan Solo dapat menghubungi Manulife Indonesia melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com. Layanan Counter/Cashier untuk Walk in Customer Service yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo No. 37, Probolinggo dan Jl. Rajiman No. 301 Solo tidak beroperasi untuk sementara.

 

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Layanan counter Customer Care Manulife Indonesia di kota-kota tertentu telah beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777. Informasi terkini di sini.

Selengkapnya
Memastikan