Fasilitas Cashless memberikan kemudahan kepada nasabah Manulife Indonesia untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan penjaminan dari asuransi tanpa harus membayar kepada Rumah Sakit terlebih dahulu.
Simak panduan penggunaan fasilitas Cashless di Rumah Sakit Rekanan pada video berikut.
Fasilitas cashless adalah fasilitas yang disediakan oleh Manulife yang memberikan kemudahan kepada peserta asuransi/tertanggung untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan penjaminan dari asuransi tanpa harus membayar kepada Rumah Sakit terlebih dahulu. Pembayaran akan dilakukan oleh Manulife Indonesia kepada Rumah Sakit sesuai dengan manfaat dan ketentuan polis asuransi yang dimiliki nasabah.
Proses administrasi/pertanggungan/kepulangan Rawat Inap merupakan serangkaian proses yang membutuhkan kerjasama yang baik antara pihak Rumah Sakit dan Manulife (lihat alur penggunaan fasilitas cashless pada poin nomor 2 di atas). Manulife dapat memproses administrasi/pertanggungan/kepulangan Rawat Inap setelah Rumah Sakit mengirimkan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk analisis.
Selisih biaya perawatan adalah biaya - biaya terkait perawatan yang tidak ditanggung oleh Manulife. Selisih biaya tersebut dapat terjadi akibat beberapa kondisi, antara lain:
Klaim atau pertanggungan fasilitas cashless dapat tidak disetujui oleh Manulife karena beberapa sebab. Beberapa penyebab yang umum dijumpai antara lain;
A. Polis tidak aktif;
B. Polis masih dalam masa tunggu;
C. Diagnosis penyakit termasuk dalam pengecualian; dan/atau
D. Perawatan tidak sesuai dengan indikasi medis.
Nasabah wajib membawa e-card asuransi untuk dapat menggunakan fasilitas cashless di rumah sakit rekanan manulife.
Jika Bapak/Ibu tidak bisa memperlihatkan e-card, silakan menghubungi Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777 atau e-mail ke CustomerServiceID@manulife.com, Bapak/Ibu juga dapat mendatangi kantor pusat di Sampoerna Strategic Square, North Tower Lantai GF, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46, Jakarta atau kantor pemasaran Manulife terdekat.
Fasilitas cashless dapat digunakan di semua Rumah Sakit rekanan Manulife di seluruh Indonesia. Cek website Manulife Indonesia di link berikut untuk melihat daftar lengkap Rumah Sakit rekanan Manulife.
Penggunaan fasilitas cashless dapat digunakan diluar negeri hanya bagi produk – produk yang memiliki manfaat perawatan Rumah Sakit di luar negeri. Penjelasan detil manfaat perawatan luar negeri (bila ada) dapat dibaca pada ketentuan Polis milik Bapak/Ibu.
Bila Bapak/Ibu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai penggunaan fasilitas cashless, silakan menghubungi Customer Service Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777.