Lewati ke konten utama
Back

Tanya Jawab Penggunaan Fasilitas Cashless

Fasilitas cashless adalah fasilitas yang disediakan oleh Manulife yang memberikan kemudahan kepada peserta asuransi/tertanggung untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan penjaminan dari asuransi tanpa harus membayar kepada Rumah Sakit terlebih dahulu. Pembayaran akan dilakukan oleh Manulife Indonesia kepada Rumah Sakit sesuai dengan manfaat dan ketentuan polis asuransi yang dimiliki nasabah.

  1. Nasabah datang ke Rumah Sakit Rekanan Manulife untuk melakukan pendaftaran Rawat Inap dan menunjukkan kartu asuransi serta kartu identitas.
  2. Petugas Rumah Sakit rekanan akan melakukan verifikasi kepesertaan dan manfaat, dan mengirimkan laporan medis awal dan surat pernyataan pasien ke Manulife.
  3. Manulife akan menerbitkan Surat Jaminan yang akan dikirimkan kepada Rumah Sakit.
  4. Manulife akan melakukan pemantauan medis selama nasabah mendapatkan layanan kesehatan.
  5. Ketika perawatan telah selesai, petugas Rumah Sakit akan menyiapkan tagihan akhir biaya perawatan dan ringkasan medis untuk dikirimkan kepada Manulife.
  6. Manulife akan melakukan pengecekan kelayakan tagihan dan ringkasan medis, dan mengirimkan rincian yang berisi perhitungan biaya perawatan yang ditanggung oleh Manulife kepada Rumah Sakit.
  7. Nasabah membayarkan selisih biaya perawatan (bila ada) sebelum meninggalkan Rumah Sakit.
  8. Nasabah dapat pulang dan kembali beraktivitas.

Proses penjaminan/kepulangan Rawat Inap merupakan serangkaian proses yang membutuhkan kerjasama yang baik antara pihak Rumah Sakit dan Manulife (lihat alur penggunaan fasilitas cashless pada poin nomor 2 di atas). Manulife dapat memproses penjaminan/kepulangan Rawat Inap setelah Rumah Sakit mengirimkan kelengkapan dokumen yang diperlukan untuk analisis. 

Selisih biaya perawatan adalah biaya - biaya terkait perawatan yang tidak ditanggung oleh Manulife. Selisih biaya tersebut dapat terjadi akibat beberapa kondisi, antara lain:

  1. Timbulnya biaya yang tidak berhubungan dengan perawatan medis, seperti biaya telekomunikasi, biaya lemari pendingin dan isinya, food supplement, dan lain – lain
  2. Timbulnya biaya perawatan yang melebihi batas maksimum manfaat (sesuai dengan tabel manfaat pada polis milik Bapak/Ibu) 

Penjaminan fasilitas cashless dapat tidak disetujui oleh Manulife karena beberapa sebab. Beberapa penyebab yang umum dijumpai antara lain;

A.    Polis tidak aktif;

B.    Polis masih dalam masa tunggu;

C.    Diagnosis penyakit termasuk dalam pengecualian; dan/atau

D.    Perawatan tidak sesuai dengan indikasi medis.

Nasabah wajib membawa kartu asuransi untuk dapat menggunakan fasilitas cashless di rumah sakit rekanan manulife.

Jika Bapak/Ibu kehilangan kartu cashless, silakan menghubungi Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777 atau e-mail ke CustomerServiceID@manulife.com, Bapak/Ibu juga dapat mendatangi kantor pusat di Sampoerna Strategic Square, South Tower, Jl. Jend. Sudirman Kav. 45-46, Jakarta atau kantor pemasaran Manulife terdekat. 

Fasilitas cashless dapat digunakan di semua Rumah Sakit rekanan Manulife di seluruh Indonesia. Cek website Manulife Indonesia di link berikut untuk melihat daftar lengkap Rumah Sakit rekanan Manulife. 

Daftar Rumah Sakit dan Klinik Rekanan Manulife Indonesia

Penggunaan fasilitas cashless dapat digunakan diluar negeri hanya bagi produk – produk yang memiliki manfaat perawatan Rumah Sakit di luar negeri. Penjelasan detil manfaat perawatan luar negeri (bila ada) dapat dibaca pada ketentuan Polis milik Bapak/Ibu.

Bila Bapak/Ibu mengalami kendala atau memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai penggunaan fasilitas cashless, silakan menghubungi Customer Service Manulife melalui telepon ke (021) 2555 7777.

Hubungi Manulife Customer Contact Center

Informasi Terkini Terkait Musibah Banjir

Nasabah Yth, Untuk Nasabah Manulife wilayah Jabodetabek yang terkena musibah banjir, dengan ini diinformasikan apabila terjadi kehilangan dan/atau kerusakan kartu atau polis Manulife, silakan menghubungi (021) 2555 7777. Pergantian kartu atau polis tidak dikenakan biaya. 

Bagi Nasabah yang membutuhkan penanganan segera di RS Rekanan Manulife namun tidak dapat menunjukkan kartu Cashless karena musibah banjir, silakan menghubungi nomor di bawah ini:

  • Call Center Admedika (021) 2964 1000 (untuk Nasabah Individu)
  • Call Center Manulife Indonesia (24 jam) (021) 2555 7777 menu 1.2.0 atau 1.6.0 (untuk Nasabah Group)

Kami senantiasa memprioritaskan kebutuhan nasabah.

Selengkapnya
Informasi Terkini Terkait Musibah Banjir

Nasabah Yth, Untuk Nasabah Manulife wilayah Jabodetabek yang terkena musibah banjir, dengan ini diinformasikan apabila terjadi kehilangan dan/atau kerusakan kartu atau polis Manulife, silakan menghubungi (021) 2555 7777. Pergantian kartu atau polis tidak dikenakan biaya. 

Bagi Nasabah yang membutuhkan penanganan segera di RS Rekanan Manulife namun tidak dapat menunjukkan kartu Cashless karena musibah banjir, silakan menghubungi nomor di bawah ini:

  • Call Center Admedika (021) 2964 1000 (untuk Nasabah Individu)
  • Call Center Manulife Indonesia (24 jam) (021) 2555 7777 menu 1.2.0 atau 1.6.0 (untuk Nasabah Group)

Kami senantiasa memprioritaskan kebutuhan nasabah.

Selengkapnya
Memastikan