Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Membantu Orang Tua Mempersiapkan Masa Tua Sejahtera

 

Siapa yang tidak ingin memiliki masa tua bahagia dan jauh dari rasa kesepian? Beberapa dekade silam, bayangan tentang masa tua bahagia tidak jauh dari hidup bersama anak dan cucu di satu rumah. Si nenek atau kakek turut serta mendampingi cucu bermain dan bertumbuh.

Namun, beberapa tahun belakangan, alternatif menghabiskan masa tua bahagia semakin banyak menarik minat kalangan senior. Para lansia memiliki opsi lain yang juga bisa ditimbang yaitu menghabiskan masa tua di panti werdha atau senior daycare. 

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Di masa lalu, opsi tersebut cenderung dinilai tabu karena si anak dianggap tidak berbakti kepada orang tua. Selain itu, para orang tua juga masih beranggapan hidup menghabiskan masa tua di panti rentan terjebak kesepian karena jauh dari keluarga. 

Akan tetapi, belakangan ini persepsi tersebut mulai bergeser. Memilih menghabiskan masa tua di panti werdha atau senior daycare bukan lagi menjadi hal yang tabu. Opsi tersebut justru dianggap menarik karena di panti atau senior daycare, mereka bisa bertemu dengan teman-teman seusia yang sama-sama sudah memasuki usia pensiun, berkomunitas serta berkegiatan bahkan tetap produktif sehingga tidak merasa kesepian. Penjagaan kesehatan juga lebih terpantau karena umumnya senior daycare dilengkapi dengan fasilitas tenaga kesehatan mulai dari perawat hingga dokter.

Bagaimana bila orang tua ingin tinggal di panti werdha saat masa tua? 

Apa yang bisa Anda lakukan sebagai anak yang suportif? Biaya tinggal di senior daycare tidaklah murah. Tarif tinggal di panti memang cukup bervariasi di mana biaya yang dikeluarkan akan berbanding lurus dengan kualitas tempat tinggal dan layanan serta kelengkapan fasilitas. 

Ada panti werdha yang memasang tarif di bawah Rp5 juta per bulan. Namun, ada juga yang tarifnya mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya. Bila orang tua tidak memiliki persiapan produk dana pensiun dari jauh-jauh hari, serta tanpa dukungan finansial dari anak, tentu hal itu agak sulit diwujudkan.  

Solusi yang dapat Anda jalankan apabila orang tua ingin menghabiskan masa tua di panti werdha.

  1. Bicarakan dahulu situasi dan kondisi. Ajak orang tua berdiskusi terkait pro dan kontra menghabiskan masa tua di panti werdha. Jelaskan dengan baik sisi positif dan negatif dari rencana tersebut, terutama risiko jauh dari anak dan cucu dengan frekuensi pertemuan terbatas.
  2. Diskusikan kemungkinan biaya yang akan timbul apabila memilih fasilitas panti werdha. Lakukan perencanaan keuangan untuk persiapan masa pensiun, dengan memiliki perlindungan penghasilan melalui produk dana pensiun yang tepat dan berinvestasi untuk masa pensiun sejak dini.
  3. Berikan referensi panti werdha yang bisa jadi pilihan orang tua. Bantu orang tua memiliki referensi panti werdha yang mungkin bisa jadi pilihan, lengkap dengan biaya dan fasilitas yang ditawarkan. 
  4. Pastikan referensi yang disodorkan mematok tarif yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan orang tua. Bila masih ada kekurangan dana, Anda bisa menghitung berapa yang mesti disiapkan mulai sekarang.
  5. Persiapkan dana pensiun. Membantu orang tua menghabiskan masa tua di panti sesuai keinginannya adalah salah satu tanda cinta Anda sebagai anak. Bila orang tua sudah memiliki persiapan produk dana pensiun akan tetapi belum memadai, maka ajaklah orang tua untuk menyiapkan dana tambahan agar keinginan tinggal di panti bisa terwujud. Misalnya, dana yang dibutuhkan masih kurang sedang target bagi orang tua untuk tinggal di panti masih tersisa waktu tiga tahun lagi, maka Anda bisa membantu persiapan kekurangan produk dana pensiun tersebut melalui investasi di instrumen produk dana pensiun yang tepat. Misalnya di reksa dana pendapatan tetap, atau di deposito yang memberi imbal hasil bagus.
    Begitu juga bila target tinggal di panti masih beberapa tahun lagi, Anda bisa menyesuaikan instrumen investasi produk dana pensiun yang tepat sesuai jangka waktu target dana akan digunakan.
  6. Lengkapi rencana pensiun orang tua dengan perlindungan pendapatan, Anda bisa melengkapi rencana dana pensiun tersebut dengan memiliki income protector atau perlindungan pendapatan tanpa putus dengan manfaat pembayaran tunai sejak usia mapan (usia pensiun).
  7. Usahakan memberi dukungan sesuai kemampuan dan memastikan komunikasi berjalan lancar.

Cerdik berhemat dengan skala prioritas

MiFuture Income Protector dari Manulife bisa menjadi pilihan Anda dalam mempersiapkan dana pensiun. Karena dengan produk asuransi jiwa dwiguna ini, Anda akan terlindungi secara  finansial untuk menghadapi hari tua. Dengan hanya membayar Premi selama 5 tahun, Anda akan menerima manfaat pembayaran tunai selama 20 tahun sejak menginjak usia pensiun dan manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan dan sebab alami.

Memiliki kehidupan yang bahagia dan tentram sampai di hari tua merupakan dambaan setiap orang. Tidak heran jika banyak orang yang merelakan masa mudanya untuk bekerja keras agar menghabiskan masa tuanya dengan nyaman.

Ingin menghabiskan masa tua bersama keluarga ataupun di panti werdha, merupakan pilihan masing-masing. Namun, pastikan masa tua Anda sudah direncanakan dengan matang untuk mengurangi risiko yang muncul di kemudian hari. 

Apakah Anda termasuk yang ingin menikmati masa tua di Panti Werdha?

Hubungi Life Planner Kami!

Hubungi Kami Sekarang!

 

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya