Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife di Jakarta serta area Jawa dan Bali akan kembali beroperasi pada tanggal 13 September 2021. Anda tetap dapat menguhubungi Manulife Indonesia melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Tanya Jawab Layanan MiEClaim

Informasi mengenai layanan MiEClaim

MiEClaim adalah portal online yang dapat digunakan nasabah Manulife untuk mengajukan klaim asuransi, baik Asuransi Individu maupun Asuransi Kumpulan (Group Life & Health). 

Pemegang Polis, Pemegang Sertifikat atau Peserta Asuransi Kumpulan, Penerima Manfaat atau Yang Ditunjuk/Yang Dikuasakan.

Anda dapat mengakses MiEClaim melalui website Manulife Indonesia (www.manulife.co.id) pada halaman "Layanan Klaim".

Akses Portal MiEClaim di sini

Tidak, MiEClaim dapat diakses di website Manulife dengan melakukan pengisian data nasabah. Anda cukup menggunakan nomor KTP dan tanggal lahir, atau nomor polis. Untuk nasabah Asuransi Kumpulan (Group Life & Health), harap menggunakan nomor polis dan nomor sertifikat. 

Anda dapat mengajukan klaim sesuai manfaat klaim Anda:

  1. Klaim Rawat Jalan (termasuk Rawat Jalan karena kehamilan, gigi, kacamata)
  2. Klaim Rawat Inap (termasuk prosedur melahirkan dan one-day care)
  3. Klaim Penyakit Kritis
  4. Klaim Disabilitas/Cacat
  5. Klaim Kematian

Anda dapat mengajukan klaim dalam 3 langkah sederhana:

  1. Masukkan nomor KTP dan tanggal lahir yang valid atau masukkan nomor polis (untuk nasabah Asuransi Individu), atau nomor polis dan sertifikat (untuk nasabah Asuransi Kumpulan).
  2. Pilih jenis klaim yang ingin Anda ajukan:
    • Rawat Jalan
    • Rawat Inap
    • Penyakit Kritis
    • Disabilitas
    • Kematian
  3. Unggah dokumen yang diperlukan untuk klaim Anda dan berikan nomor ponsel (Pemegang Polis atau Penerima Manfaat atau Yang Ditunjuk/Yang Dikuasakan) untuk melacak pengajuan klaim Anda sesuai dengan Reference Number yang Anda terima dengan menghubungi Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777.

Anda dapat menggunakan MiEClaim untuk mengajukan klaim dan dokumen pendukung secara digital (tanpa pengajuan dokumen hard copy atau kertas), kapan saja, dimana saja.

Ada. Batasan ukuran file yang dapat diunggah (upload) melalui MiEClaim adalah maksimum 15 file, 4MB per file, dan total 60 MB untuk seluruh file secara bersamaan.

Untuk mengurangi ukuran file, Anda dapat mengambil kembali foto atau scan dokumen kelengkapan klaim Anda dengan pengaturan resolusi yang lebih kecil, dan unggah setiap dokumen secara masing-masing (tidak digabungkan kedalam satu file). 

Kolom baris Diagnosa wajib diisi. Jika informasi tersebut tidak terbaca atau Anda tidak tahu, Anda dapat mengetik "tidak tahu/tidak terbaca/unknown (free text)". 

Jika Anda perlu mengunggah tambahan kelengkapan dokumen dari klaim yang telah Anda ajukan sebelumnya, Anda dapat mengirimkan tambahan dokumen melalui email ke CustomerServiceID@manulife.com (untuk nasabah Asuransi Individu) atau glhcsid@manulife.com (untuk nasabah Asuransi Kumpulan), atau dengan bantuan Agen asuransi Anda melalui aplikasi MiDocs.

  • Untuk nasabah Asuransi Individu: Nomor telepon Pemegang Polis atau Penerima Manfaat atau Yang Ditunjuk/Yang Dikuasakan untuk polis Asuransi Jiwa
  • Untuk nasabah Asuransi Kumpulan (Group Life & Health): Nomor telepon Pemegang Sertifikat atau Peserta

Manulife akan mengirimkan Reference Number melalui SMS ke nomor telepon yang Anda masukkan pada MiEClaim. Reference Number ini dapat digunakan untuk memantau perkembangan status klaim Anda dengan menghubungi Manulife Customer Contact Center. Manulife akan tetap mengirimkan perkembangan klaim Anda melalui nomor telepon/email Pemegang Polis/Sertifikat.

Berdasarkan Syarat dan Ketentuan penggunaan MiEClaim, pihak yang dapat melakukan pengajuan klaim adalah pihak yang telah diberi kuasa oleh Pemegang Polis atau Penerima Manfaat atau Yang Ditunjuk/Yang Dikuasakan.

Anda dapat mengisi informasi tersebut dengan menuliskan tanda (-).

Reference Number adalah nomor referensi yang diberikan kepada nasabah untuk mengetahui progres pengajuan klaim.

Anda dapat mengetahui perkembangan dan menindaklanjuti klaim Anda dengan mengirim email ke CustomerServiceId@manulife.com untuk nasabah Asuransi Individu atau ke glhcsid@manulife.com untuk nasabah Asuransi Kumpulan (Group Life & Health). 

Anda juga dapat menghubungi Manulife Customer Contact Center di (021) 2555-7777 atau 0800-1-606060 (bebas pulsa)

Jangan lupa untuk mencantumkan Reference Number Anda pada pesan tersebut.

Untuk seluruh pengajuan klaim yang telah memenuhi persyaratan, klaim akan di proses maksimal 14 hari kerja. Manulife akan mengirimkan update hasil pengajuan klaim Anda melalui SMS/surat (bagi nasabah Asuransi Individu) atau email (bagi nasabah Asuransi Kumpulan). Dengan MiEClaim Anda dapat lebih nyaman dan praktis dalam mengajukan klaim polis asuransi  Anda.

MiEClaim

Solusi pengajuan klaim tanpa kertas, dimana saja, kapan saja