Lewati ke konten utama
Back

Tanya Jawab Proses Reimbursement

Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) adalah fasilitas yang disediakan oleh Manulife Indonesia untuk memudahkan Tertanggung/Tanggungan ketika menjalani rawat jalan dan rawat inap di seluruh rumah sakit di seluruh dunia.

Langkah 1 
Tertanggung/ Tanggungan bisa menjalani perawatan di seluruh rumah sakit di seluruh dunia (sesuai Ketentuan Polis) 

Langkah 2 
Tertanggung/ Tanggungan membayar terlebih dahulu tagihan pengobatan dan perawatan yang telah dijalani 

Langkah 3 
Tertanggung/ Tanggungan mengajukan klaim atas biaya perawatan yang telah dikeluarkan kepada Penanggung

Biaya rumah sakit yang akan dibayarkan pada Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) sesuai dengan tingkat kelas kamar (Plan) yang Anda ambil dan tidak bisa melebihi batas maksimal manfaat Plan Anda.

Anda dapat memperoleh Penggantian Biaya (Reimbursement) dengan cara mengirimkan klaim ke kantor pemasaran Manulife Indonesia  terdekat di kota Anda atau ditujukan kepada kantor pusat Manulife Indonesia (UP: Individual Claim Dept). Dokumen-dokumen klaim yang diperlukan adalah:

  • Lengkapi formulir klaim terbaru dengan benar
  • Fotokopi kartu identitas yang masih berlaku
  • Semua kuitansi (asli) untuk segala perawatan dan obat-obatan yang diterima
  • Surat Keterangan Dokter
  • Salinan resep
  • Rujukan laboratorium
  • Hasil pemeriksaan Lab/USG/Foto rontgen, dan lain-lain.
  • Surat Kuasa dari rumah sakit untuk keperluan permintaan keterangan tambahan dari rumah sakit (jika diperlukan).

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lamanya proses Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement), antara lain:

  • Dokumen klaim yang dilampirkan belum lengkap.
  • Proses klaim masih memerlukan adanya informasi tambahan dari dokter, rumah sakit ataupun dari nasabah.
  • Polis asuransi sudah lewat jatuh tempo sehingga perlu konfirmasi dahulu tentang pembayaran premi tertunggak dari nasabah

Anda dapat menghubungi Agen asuransi atau Customer Contact Center Manulife Indonesia pada telepon: (021) 2555 7777 atau kantor pemasaran terdekat. Atau bisa juga e-mail ke: CustomerServiceId@manulife.com.

Hubungi Customer Center Manulife Indonesia

Hal ini tergantung pada produk Asuransi Tambahan yang Anda miliki sesuai dengan Ketentuan Polis dan kondisi rawat jalannya sendiri. Misalkan:

  • Rawat jalan karena tindakan pembedahan dan/atau karena kecelakaan dapat dibayarkan pada Produk Hospital Benefit Plus, Advance Hospital Benefit Plus, Healthsafe dan Berkah Healthsafe.
  • Rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap di rumah sakit dapat dibayarkan pada produk Prohealth.
  • Rawat jalan sesudah rawat inap di rumah sakit dapat dibayarkan pada produk Healthsafe dan Berkah Healthsafe.

Anda dapat mengajukan Penggantian Biaya (Reimbursement) kepada Manulife Indonesia. Namun demikian, selama Proses Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) berjalan Anda diharuskan membayar premi asuransi tertunggak tersebut.

Klaim Penggantian Biaya (Reimbursement) di klinik 24 jam dapat diajukan namun terbatas hanya untuk perawatan dan/atau tindakan karena kecelakaan saja.

Informasi Kantor Layanan Customer Service

Terkait situasi terkini akibat COVID-19 dan mengikuti himbauan pemerintah, maka Kantor layanan Customer Service Manulife di seluruh area di Indonesia untuk sementara tidak beroperasi, hingga pemberitahuan selanjutnya. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777.  

Selengkapnya
Informasi Layanan Operasional

Sehubungan dengan Hari Kenaikan Isa Almasih dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, layanan nasabah Manulife Indonesia tidak beroperasi pada hari Kamis - Senin, 21 - 25 Mei 2020. Pelayanan Call Center 24 jam Group Life & Health tetap aktif dan dapat dihubungi. Layanan nasabah Manulife Indonesia kembali beroperasi pada Selasa, 26 Mei 2020. Anda dapat menghubungi kami melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com

Selengkapnya
Informasi Kantor Layanan Customer Service

Terkait situasi terkini akibat COVID-19 dan mengikuti himbauan pemerintah, maka Kantor layanan Customer Service Manulife di seluruh area di Indonesia untuk sementara tidak beroperasi, hingga pemberitahuan selanjutnya. Unduh aplikasi MiAccount melalui Apps Store (iOS) dan Google Playstore (Android), untuk mengelola polis Anda kapan pun dan dimana pun. Info lebih lanjut dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777.  

Selengkapnya
Informasi Layanan Operasional

Sehubungan dengan Hari Kenaikan Isa Almasih dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H, layanan nasabah Manulife Indonesia tidak beroperasi pada hari Kamis - Senin, 21 - 25 Mei 2020. Pelayanan Call Center 24 jam Group Life & Health tetap aktif dan dapat dihubungi. Layanan nasabah Manulife Indonesia kembali beroperasi pada Selasa, 26 Mei 2020. Anda dapat menghubungi kami melalui Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan email CustomerServiceId@manulife.com

Selengkapnya
Memastikan