Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Peralihan Transaksi ke MiAccount

Berbagai transaksi kini dapat dilakukan secara online melalui MiAccount, efektif 7 November 2022, Customer Service Manulife Indonesia akan membantu peralihan ke MiAccount. Registrasikan diri Anda sekarang melalui mi-account.manulife.co.id/registerInformasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

4 Langkah Gaya Hidup Berkelanjutan Untuk Masa Depan Bumi

Dampak perubahan iklim yang memicu fenomena El Nino diprediksi akan mempengaruhi pula harga pangan dunia tahun ini. Kemarau yang lebih panjang dan berimbas pada kekeringan di berbagai wilayah, banyak menggagalkan panen dan memicu inflasi harga di banyak tempat di dunia. Fenomena El Nino hanyalah satu dari sedikit dampak perubahan iklim selama beberapa tahun terakhir

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Para pakar telah lama menyerukan perubahan yang serius terkait gaya hidup masyarakat supaya lebih mendukung sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan. Mulai dari hal kecil, yakni mengurangi sampah plastik, sampai hal lebih besar seperti gerakan ekonomi hijau.

Anda juga perlu aktif terlibat agar bisa membantu terwujudnya gaya hidup berkelanjutan atau sustainable living. Sumbangan berupa tindakan kecil yang dilakukan oleh banyak orang dapat memberikan dampak positif di masa depan untuk hidup berkelanjutan. 

4 Cara Menjalankan Gaya Hidup Berkelanjutan

Berikut ini berbagai cara mudah mendukung sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan yang bisa segera Anda terapkan:

1. Mindful spending

Tanpa disadari, pemicu dasar menumpuknya sampah yang telah merusak lingkungan adalah karena gaya hidup konsumtif masyarakat modern yang nyaris tanpa rem. 

Gaya hidup konsumtif mendorong orang untuk terus menerus menumpuk barang meski barang yang lama sebenarnya masih berfungsi, misalnya membeli baju setiap bulan, berganti sepatu baru setiap gajian, mencoba-coba skincare aneka merek, dan sebagainya. 

Anda bisa menyumbangkan tindakan nyata untuk mendukung kelestarian lingkungan dan gaya hidup berkelanjutan dengan cara memulai mindful spending, yaitu berbelanja dengan kesadaran sesuai kebutuhan, alih-alih keinginan belaka. 

Mindful spending bisa Anda mulai dari membuat perencanaan keuangan yang sehat dengan membuat rencana anggaran pengeluaran, disiplin mematuhi rencana budget untuk mencegah belanja impulsif, dan sebagainya. 

2. Terapkan decluttering secara berkala

Gaya hidup berkelanjutan lainnya yang dapat diterapkan adalah decluttering, yaitu menyortir barang secara berkala, yang mana masih dibutuhkan atau yang lebih baik dikeluarkan dari rumah, apakah itu untuk disumbangkan, dijual kembali, atau bahkan dibuang.

Decluttering sangat penting dilakukan agar Anda dapat terhindar dari penumpukan barang di rumah, misalnya dengan menerapkan kriteria untuk barang yang sudah tak terpakai lebih dari 4 bulan, sudah bisa dikeluarkan dari rumah. Bisa juga menerapkan prinsip FIFO (first in, first out), dengan begitu setiap kali Anda membeli atau membawa barang baru ke rumah, harus ada satu barang juga yang Anda keluarkan dari rumah.

Anda bisa melakukan banyak hal dengan barang-barang yang sudah tak terpakai itu. Bila kondisinya masih bagus, Anda bisa menyumbangkan ke panti sosial atau memberikan pada yang membutuhkan. Bila masih memiliki nilai ekonomi, Anda bisa menjualnya di pasar barang bekas atau marketplace preloved goods. Dengan begitu manfaatnya masih bisa lebih panjang ketimbang hanya menumpuk di rumah.

Rajin melakukan decluttering akan membantu Anda terhindar juga dari tindakan belanja impulsif. Secara tidak langsung, Anda menjadi sadar bahwa mungkin barang yang diinginkan sebenarnya masih dimiliki dan bisa dimanfaatkan.

3. Kurangi sampah plastik dengan refill

Terdapat banyak barang kebutuhan sehari-hari terutama kelompok Fast Moving Consumer Goods (FMCG) seperti sabun mandi, sabun cuci, shampo, cairan pembersih rumah, sampai skincare dan make up, yang biasanya perlu Anda beli secara rutin. Pada umumnya, barang-barang tersebut dijual dalam kemasan plastik yang akan sulit terurai, bahkan sampai ribuan tahun ke depan. Hal ini akan memberikan dampak buruk bagi gaya hidup berkelanjutan.

Anda bisa turut serta menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan dengan mulai mengurangi barang plastik kemasan dengan memanfaatkan fasilitas refill FMCG. Saat ini, tersedia banyak jasa penyedia barang FMCG dengan cara refill di mana Anda bisa mengundangnya datang secara rutin setiap bulan dan melakukan refill dengan wadah yang tersedia di rumah.

Dengan cara tersebut, konsumsi barang plastik bisa Anda kurangi secara perlahan dan sekaligus dapat menekan pengeluaran belanja rutin Anda. Pasalnya, gaya hidup berkelanjutan dengan membeli barang kebutuhan secara refill bisa lebih murah karena tidak ada biaya kemasan.

4. Manfaatkan promo sustainable lifestyle

Terakhir, cara untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan, yaitu dengan memanfaatkan promo sustainable lifestyle. Saat ini semakin banyak kampanye green living untuk mendorong kesadaran masyarakat menerapkan gaya hidup berkelanjutan melalui peluncuran berbagai aplikasi daur ulang sampah yang bisa didaur ulang. 

Aplikasi tersebut memberikan Anda wadah untuk menyetorkan sampah rumah tangga yang bisa didaur ulang, seperti botol plastik air minum dalam kemasan, botol skincare, kantong plastik, kertas, botol kaca, dan sebagainya.

Selain membantu Anda menerapkan sustainable living atau gaya hidup berkelanjutan, aplikasi tersebut biasanya juga akan memberikan reward untuk setiap penyetoran sampah daur ulang. Reward-nya seringkali bisa ditukarkan menjadi pulsa data, segelas kopi, bahkan uang tunai.

Menjaga lingkungan dan keseimbangan alam merupakan bagian gaya hidup berkelanjutan yang menjadi tanggung jawab semua orang yang hidup di bumi, agar generasi mendatang masih bisa menikmati bumi yang sehat dan ramah. Selain itu, jangan lupa untuk membangun masa depan keluarga yang gemilang dengan mengatur perencanaan sebaik mungkin. Tentukan tujuan masa depan Anda dan Manulife akan membantu untuk mewujudkannya.

Hubungi Life Planner Kami!

Hubungi Kami Sekarang!

 

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya