Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Pentingnya Asuransi Jiwa Sebagai Peninggalan Berharga

Risiko kehidupan dapat terjadi kapan saja, apalagi ketika sudah menjadi orang tua  yang memiliki tanggung jawab tidak kecil dan membutuhkan kesiapan serta komitmen, termasuk dalam mempersiapkan peninggalan berharga untuk keluarga.

Menjadi orang tua pada beberapa hal memberikan tantangan yang tidak kecil, akan tetapi lebih sering dinilai layak dijalani karena membuat hidup lebih bermakna. Tidak sedikit pasangan muda yang baru menikah, memilih langsung membangun keluarga kecil tanpa memiliki perencanaan untuk memiliki buah hati dengan matang. Pertimbangan jarak usia orang tua dengan anak menjadi salah satu yang dilihat selain juga karena adanya kebutuhan melanjutkan keturunan.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Akan tetapi, untuk menjadi orang tua tidak cukup hanya sekadar ‘menjadi orang tua’ saja. Menjadi orang tua yang baik membutuhkan banyak persiapan, komitmen besar, dan memiliki skala prioritas yang tepat. Orang tua memiliki tanggung jawab utama memberikan kehidupan yang aman dan nyaman bagi anak, baik secara fisik, mental maupun finansial. Komitmen finansial misalnya, tidak hanya sekadar tanggung jawab memberikan asupan bergizi atau mengirim anak ke sekolah yang bagus. Lebih dari itu, orang tua berkewajiban mengupayakan agar stabilitas finansial terjaga sampai kelak anak bisa mandiri melalui pemberian peninggalan berharga.

Maka itu, sangat penting bagi para orang tua baru untuk meminimalisir risiko yang berpotensi mengguncang keamanan finansial anak dan stabilitas keuangan keluarga. Beberapa hal umum yang sering menjadi penyebab guncangan keuangan keluarga di antaranya adalah bila tiba-tiba orang tua kehilangan pekerjaan atau saat pencari nafkah keluarga tutup usia. 

Asuransi Jiwa Sebagai Bentuk Peninggalan Berharga

Risiko guncangan finansial dapat Anda minimalisir dengan memiliki asuransi jiwa. Bagi para orang tua baru yang anaknya masih bayi sekalipun, memiliki asuransi jiwa adalah langkah penting sebagai bagian dari tanggung jawab memberikan stabilitas finansial bagi si buah hati kelak.

Nah, agar ikhtiar Anda selaku orang tua yang ingin memberikan kehidupan sejahtera untuk si buah hati bisa tercapai, ada baiknya asuransi jiwa menjadi prioritas terpenting untuk dipenuhi begitu si kecil hadir, apalagi jika Anda adalah pencari nafkah utama dalam keluarga. Mengapa asuransi jiwa sangat penting dimiliki para orang tua baru?

Asuransi jiwa memang tidak bisa mencegah kematian. Akan tetapi, asuransi jiwa bisa menjadi peninggalan berharga bagi anak ketika orang tua tidak lagi ada di sisinya di saat ia belum cukup usia dan mandiri secara finansial. Seperti manfaat asuransi kesehatan, supaya manfaat asuransi jiwa bisa optimal sebagai strategi memberi stabilitas keuangan untuk si buah hati, Anda perlu memastikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pahami cara kerja dan manfaat asuransi
    Asuransi jiwa bisa berfungsi sebagai peninggalan berharga pada anak ketika orang tua yang tercatat sebagai ‘tertanggung asuransi’, tutup usia di kala anak masih belia. Sama halnya dengan manfaat asuransi kesehatan, penyedia asuransi akan menyerahkan sejumlah uang pertanggungan kepada ahli waris yang bisa dimanfaatkan sebagai bekal melanjutkan hidup usai pencari nafkah berpulang.
    Manfaat yang diberikan asuransi jiwa tersebut bisa digunakan sebagai peninggalan berharga untuk menyokong berbagai kebutuhan dari keperluan hidup sehari-hari sampai kebutuhan biaya sekolah anak. 
  2. Hitung kebutuhan asuransi jiwa
    Uang pertanggungan asuransi jiwa idealnya bisa digunakan untuk menutup kebutuhan ahli waris, dalam konteks ini adalah anak, sampai ia kelak bisa mandiri finansial. Supaya memadai, pastikan Anda menghitung kebutuhan uang pertanggungan yang tepat.
  3. Lakukan riset produk asuransi jiwa
    Ada banyak tawaran produk asuransi jiwa di pasar saat ini. Itu bisa membantu Anda lebih mudah mencari mana yang sekiranya paling tepat sebagai peninggalan berharga untuk sang buah hati.
    Mulailah dengan membandingkan tiga produk asuransi jiwa dan bandingkan manfaat yang ditawarkan serta kesesuaian dengan kebutuhan Anda. Perhatikan besar premi, manfaat yang ditawarkan, jangka waktu perlindungan serta reputasi penyedia asuransi jiwa tersebut.
  4. Pilih asuransi jiwa sesuai kebutuhan
    Pilih asuransi jiwa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, yaitu asuransi yang memberi manfaat nilai pertanggungan sesuai kebutuhan sebagai peninggalan berharga, juga menetapkan premi yang masih bisa Anda penuhi dengan kemampuan finansial saat ini.
    Anda bisa mempertimbangkan salah satu produk yang banyak diminati, Manulife Essential Assurance dari Manulife Indonesia yang memberi manfaat utama berupa perlindungan seumur hidup dan jaminan nilai tunai, dengan besaran  premi yang tetap, serta dilengkapi jugamanfaat tambahan bila tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan.
    Alokasi pengeluaran untuk pembayaran premi asuransi idealnya tidak lebih dari 10% nilai pendapatan rutin Anda. Dengan beban premi sesuai kemampuan, perlindungan asuransi bisa dipertahankan secara berkelanjutan. 
  5. Rutin evaluasi kesesuaian asuransi jiwa
    Pastikan rutin mengevaluasi kesesuaian manfaat asuransi jiwa dengan kebutuhan. Misalnya, sebagai peninggalan berharga kebutuhan asuransi jiwa saat anak baru satu, dengan saat anak sudah tiga akan berbeda. Anda bisa menambah manfaat asuransi jiwa secara bertahap sesuai situasi terkini serta kemampuan keuangan untuk pembayaran premi. Dengan begitu, Anda bisa memastikan stabilitas keuangan tetap terjaga untuk si buah hati.

Menjadi orang tua memang tidak mudah akan tetapi itu dinilai sepadan dengan makna serta kebahagiaan yang timbul karenanya. Berikan peninggalan berharga bagi si buah hati termasuk dengan memastikan stabilitas finansial dengan memiliki asuransi jiwa. Jadi, masih mau menundanya?

Anda bisa mengurangi risiko tersebut dengan memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Agar lebih praktis, Anda dapat menimbang menyiapkan perlindungan tersebut melalui produk  MiAssurance Protection Plan yang memberi beberapa manfaat sekaligus, yaitu pembayaran tunai tahunan, manfaat akhir masa pertanggungan dan manfaat asuransi jiwa bila tertanggung meninggal dunia. Manfaat pembayaran tahunan dan manfaat akhir masa pertanggungan bisa digunakan untuk menutup kebutuhan dana pendidikan si buah hati.

Secara keseluruhan, tabungan pendidikan anak dapat membantu orang tua memberikan bekal pendidikan secara maksimal yang dibutuhkan oleh anak. Dengan menyiapkan dari jauh-jauh hari, tabungan dana pendidikan anak pun bisa berjalan lancar dan mengantarkan si buah hati menyongsong masa depan yang cerah. 

Hubungi Life Planner Kami!

Hubungi Kami Sekarang!

 

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya