Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya

Jadwal Layanan Contact Center Manulife Indonesia
Sehubungan dengan libur bersama Hari Raya Idul Fitri 1445H, Layanan Nasabah Manulife Indonesia tutup pada tanggal 8 - 15 April 2024 dan akan beroperasi kembali pada tanggal 16 April 2024.. Informasi Selengkapnya.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

 Apa itu Phising dan Bagaimana Mencegahnya

Beberapa tahun ke belakang, kejahatan digital yang berupaya untuk mencuri data korban, atau populer disebut phising, kembali marak. Semua orang dapat terkena phishing tanpa terkecuali, oleh karena itu penting bagi semua untuk selalu waspada. 

Phising dapat mengancam data pribadi, mengakibatkan data yang dicuri disalah gunakan, bahkan lebih jauh lagi bisa mengakibatkan kerugian material bagi korbannya. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara untuk mencegah phising dan mengetahui apa yang harus dilakukan bila telanjur menjadi korban phising.

Rencanakan Perlindungan Anda dengan Kami

Apa Itu Phising?

Phising adalah kejahatan digital dimana pelakunya bertujuan untuk mencuri data pribadi seseorang. Data pribadi yang dicuri umumnya nama, tanggal lahir, nomor telepon, dan nomor kartu identitas. Pelaku phising juga sering kali mencuri alamat email dan password atau nomor kartu kredit untuk disalahgunakan. 

Bagaimana Phising Bisa Terjadi?

Phising merupakan upaya menyerang untuk menipu agar Anda memberikan informasi sensitive. Berikut adalah ciri-ciri phising yang marak terjadi: 

  1. Mengirimkan email/pesan WhatsApp yang mengandung tautan (link)
    Pesan yang dikirim umumnya mengatasnamakan perusahaan atau merk yang sudah terkenal. Jika tautan di dalam pesan tersebut di klik oleh penerima, maka penerima akan diarahkan ke website yang menyerupai website asli dan diminta untuk mengisi data, seperti nama pengguna, kata sandi atau data yang sifatnya pribadi. 
  2. Mengirimkan dokumen untuk melihat/mengunduh file
    Agar Anda tertarik, pesan yang diterima biasanya berisikan bujukan diskon atau hadiah. Kemudian Anda akan diarahkan untuk memasukkan data pribadi untuk mendapatkan promosi atau hadiah tersebut. 

Apabila data sudah diadapatkan, maka akan digunakan oleh penipu untuk berbagai kejahatan misalnya menjualnya lagi kepada pihak lain, melakukan scam, bahkan mendaftar pinjaman online dengan menggunakan data tersebut.

Bagaimana Agar Tidak Menjadi Korban Phising?

Kehati-hatian adalah modal utama untuk menjaga data pribadi. Selain itu, selalu pastikan bahwa Anda tidak pernah membagikan data pribadi pada sembarang orang. 

Berikut adalah hal-hal yang perlu menjadi perhatian agar diri Anda terhindarkan dari kejahatan phising:

  1. Jangan pernah klik tautan yang dikirimkan oleh sumber meragukan atau tidak jelas. Sering kali, tautan yang dikirim berupa promosi yang menarik atau bahkan undangan atau seolah-olah informasi penting dari orang yang Anda kenal. Tidak jarang pula, pengirim akan berusaha terus membujuk dan meyakinkan Anda untuk klik tautan yang dikirimkannya.
  2. Kenali jenis-jenis file yang mungkin berbahaya dan berisi virus yang dapat mencuri data Anda. Saat ini jenis file yang banyak beredar untuk phising adalah file APK serta file yang menyerupai .pdf. Jika Anda kurang yakin dengan file yang Anda terima, Anda bisa menanyakan pada orang yang memahami mengenai hal ini. Atau bila file dikirim seolah-olah dari akun resmi, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan mereka.
  3. Kenali akun resmi terutama jasa keuangan dan perbankan Anda. Untuk Manulife Indonesia, akun resmi WhatsApp adalah Manulife Indonesia dengan centang hijau. Sementara untuk akun media sosial (Instagram) adalah Manulife Indonesia dengan centang biru. 
  4. Karena phising juga kerap dilakukan melalui email, maka penting pula mengetahui untuk mengetahui email resmi. Email resmi yang dikirimkan dari Manulife Indonesia selain berisi pesan juga memiliki banner yang berisikan informasi umum.
  5. Simpan nomor layanan pelanggan di telepon genggam Anda. Ketika Anda ragu akan suatu informasi, maka Anda bisa langsung menghubungi nomor layanan pelanggan untuk mengetahui kebenaran informasi tersebut. Apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan Manulife, Anda dapat menghubungi Manulife Contact Center

Apa yang Harus Dilakukan jika Telanjur Klik Tautan yang Mencurigakan?

Kadang, setelah berhati-hati pun kita masih bisa melakukan kesalahan atau tidak sengaja klik tautan yang mencurigakan. Jika hal ini terjadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik. 

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika Anda telanjur klik tautan yang mencurigakan:

  1. Apabila link dikirim melalui WhatsApp atau SMS, segera block nomor pengirim, lalu laporkan (report) nomor tersebut sebagai nomor spam.
  2. Matikan jaringan internet pada gawai Anda, lalu bersihkan history browser serta cache pada gawai tersebut,
  3. Untuk mencegah data pribadi dikompromikan, segera hubungi Manulife Contact Center. Ceritakan pada petugas apa yang terjadi dan Langkah apa saja yang sudah Anda lakukan, maka petugas akan membantu Anda untuk Langkah selanjutnya.

Mencegah Lebih Baik Daripada Menyesal

Mencegah penyalahgunaan data pribadi merupakan usaha yang harus dilakukan bersama. Kami di Manulife Indonesia akan senantiasa berusaha menjaga kerahasiaan data pribadi Anda. 

Namun, kami juga butuh bantuan Anda untuk berhati-hati dalam menginformasikan data pribadi Anda dan senantiasa waspada akan kemungkinan cara-cara penipuan yang semakin canggih. 

Dengan bersama-sama melakukan pencegahan, diharapkan korban yang jatuh akibat penipuan melalui phising akan semakin berkurang. Jika ada informasi lain mengenai phising yang masih Anda butuhkan, silakan hubungi Manulife Contact Center maupun Instagram @Manulife_id.

Hubungi Life Planner Kami!

Hubungi Kami Sekarang!

 

  • Saya

    Manulife

  • Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan telah membaca Kebijakan Privasi Manulife Indonesia. Selanjutnya, Saya bersedia untuk dihubungi oleh Manulife Indonesia melalui media komunikasi pribadi Saya sesuai hari dan jam operasional yang berlaku di Manulife Indonesia.

  • Dengan ini Saya setuju memberikan data pribadi Saya kepada Manulife Indonesia dan Saya memberikan persetujuan kepada Manulife Indonesia untuk menghubungi Saya melalui media komunikasi pribadi Saya untuk memperoleh penawaran atas produk Manulife Indonesia dan/atau kegiatan pemasaran lainnya

  • Ini adalah kolom yang harus diisi
  • Terima kasih telah menghubungi Manulife Indonesia.

    Kami akan segera merespon pesan Bapak/Ibu pada jam operasional kami.

     

    Siap Menunggu

    Error Page

    Wah, tampaknya ada yang salah!

    Error: 

    Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Silakan coba kembali beberapa saat lagi.

    Temukan Artikel Lainnya


    Tentang Manulife

    Manulife Indonesia melayani sekitar 2 juta nasabah di Indonesia

    Selengkapnya


    Layanan

    Layanan Digital Manulife

    Selengkapnya


    Artikel

    Kumpulan artikel Manulife Indonesia.

    Lihat Artikel Lainnya