Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Menjaga Diri Untuk Masa Depanmu Sendiri

Sudahkah Anda meluangkan waktu untuk menetapkan tujuan masa depan Anda, katakanlah, dalam 10 tahun? Perjalanan satu dekade setara dengan 5,25 juta menit dalam kehidupan kita sehari-hari.
Anda dapat menjaga diri Anda di masa depan setiap saat.

Asia Care Survey 2024 mengungkapkan bagaimana masyarakat Asia memandang kesejahteraan fisik, mental, dan finansial mereka saat ini dan di masa depan, serta bagaimana Manulife dapat menjadi mitra mereka untuk mencapai kemajuan. Untuk menghasilkan temuan ini, Manulife mensurvei lebih dari 1.000 responden di Indonesia pada bulan Januari 2024.

Indeks Kesiapan Masa Depan menunjukkan bahwa responden di Indonesia TIDAK percaya diri dalam mencapai tingkat kesejahteraan fisik, mental dan finansial yang mereka inginkan di masa depan.

Mereka merasa paling tidak siap menghadapi kesejahteraan 'finansial' dalam sepuluh tahun ke depan, dengan selisih 10 poin antara kesejahteraan 'yang diinginkan (desired)' dan 'kemungkinan masa depan yang dapat dicapai ”(expected)".

Masyarakat Indonesia juga menilai kesejahteraan mental sebagai hal yang paling penting. Ini menarik karena kesejahteraan mental merupakan indikator penting kesehatan di masa depan dan kesehatan mental seseorang dapat menjadi pertanda penyakit fisik di masa depan.

Mari kita lihat lebih dalam tantangan apa saja yang mereka hadapi:

Melindungi kesehatan Anda berarti melindungi kekayaan Anda.

Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik dapat berdampak positif pada kesehatan finansial seseorang. Hal ini dapat membantu mencegah penyakit kronis, mengurangi kebutuhan akan perawatan medis dan pengobatan yang mahal. Hal ini dapat menurunkan biaya perawatan kesehatan dan mengurangi halangan terhadap tujuan keuangan.
 

Keyakinan akan kesejahteraan mereka di masa depan

Saat menilai kesejahteraan masa depan mereka dalam 10 tahun, optimisme menurun seiring bertambahnya usia, baik dalam hal kesejahteraan fisik maupun mental. Hal ini mencerminkan bahwa masyarakat menjadi kurang percaya diri terhadap kualitas hidup mereka seiring bertambahnya usia.

 

Kelompok Usia Fisik (skor dari 100) Mental (skor dari 100)
25-29 80 80
30-39 83 83
40-49 80 81
50-60 78 82


Potensi penyakit yang dikhawatirkan oleh orang Indonesia

40.1% Penyakit jantung

35.1% Stroke

24.2% Overweight

21.9% Diabetes

21.8% Cancer

18.5% Flu and pneumonia

17.3% Penyakit ginjal

9.9%  Penyakit pernapasan bawah

8.4% Penyakit hati

4.4% Lain-lain

56% Stress/burnout

42.6% Gangguan tidur

28.2 Kecemasan

24.9% Kesepian

20.7% Depresi

9.1% Gangguan kognitif


Pada saat yang sama, terdapat potensi peyakit mental tertentu yang lebih dikhawatirkan oleh generasi muda (usia 25-29 tahun) dibandingkan kelompok usia yang lebih tua. Ini termasuk depresi dan kecemasan. Sementara yang berusia antara 30-39 memiliki kekuatiran tertinggi terhadap penyakit jantung, stroke dan kanker.

Orang Indonesia berusia 40-60 tahun cenderung lebih khawatir terhadap potensi penyakit fisik dan mental tertentu. Kekhawatiran dengan persentase terbesar yaitu penyakit jantung dan stroke (usia 40-49 tahun), kesepian, dan stress/burnout (usia 50-60 tahun). Mengatasi kebutuhan dan permasalahan kesehatan kelompok usia ini saat ini sangatlah penting untuk meningkatkan dan mendukung kesejahteraan mereka di masa depan. 

 

Apa yang bisa saya lakukan? 

Saat ini, kita tidak hanya menginginkan umur panjang; kita ingin rentang kesehatan yang panjang. 92.6% responden mengambil tindakan untuk mengubah gaya hidup mereka saat ini untuk mencegah penyakit dan mencapai kondisi kesehatan yang lebih baik di masa depan.


Dalam lingkungan yang semakin penuh tekanan, kesehatan mental memainkan peran penting dalam kesejahteraan secara keseluruhan. Menurut laporan kesehatan mental dunia , kesehatan mental kita sama pentingnya dengan kesehatan fisik kita. Orang yang tidak sehat secara mental dapat membawa berbagai risiko, termasuk gangguan fisik, hilangnya produktivitas, dan hilangnya interaksi sosial. Beberapa di antaranya mungkin sudah ada, sementara beberapa lainnya mungkin berkembang dalam jangka panjang

 

Misalnya, saat seseorang mengalami masalah perut, masalah otot rangka, atau masalah kulit, mereka mungkin sedang mengalami stres atau kecemasan yang berkepanjangan. Hal ini menegaskan pentingnya mengatasi masalah kesehatan mental sejak dini dan memastikan bahwa Anda memiliki akses terhadap dukungan dan sumber daya yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mental Anda.

Selain itu, memahami peran tidur dalam menjaga kesehatan dapat membantu Anda memprioritaskan istirahat malam yang baik dan membantu Anda tampil sebagai diri terbaik, saat ini dan di masa depan.

83% and 84% responden setuju bahwa memiliki rencana asuransi dapat membantu mereka mencapai tingkat kesejahteraan fisik dan mental yang diinginkan di masa depan. Mereka ingin menerima informasi dan dukungan berikut dari agen asuransi mereka untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka dalam kondisi yang baik:

66.2%
Merekomendasikan pemeriksaan kesehatan
dan layanan medis yang sesuai dengan situasi kesehatan atau tahapan kehidupan saya.
52.5%
Tinjauan polis asuransi secara berkala
53.2% Memperkenalkan cara memantau kesehatan saya.

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Ketahui lebih lanjut mengenai kegiatan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Temukan Berita dan Informasi Terbaru