Lewati ke konten utama
Back

Prosedur Klaim Asuransi Kumpulan

Panduan klaim asuransi kumpulan

  • Formulir Klaim Asuransi Jiwa Berjangka Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh sebab yang tidak wajar.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh PT AJ Manulife Indonesia terkait dengan pengajuan klaim tersebut.

Jika peserta meninggal karena kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (jika diperlukan).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta Cacat Tetap disebabkan kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta melakukan Perawatan Medis disebabkan Kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi selama perawatan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang) serta bukti dan perincian pembayaran dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Cacat Tetap Total Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap Total selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap Total disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau sebagai akibat dari suatu tindakan kejahatan.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama Perawatan Kesehatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat koordinasi manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang dianggap perlu oleh Penanggung terkait dengan pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Melahirkan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Institusi Pelayanan Kesehatan, Dokter, apotek, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincaian pembayaran dari pihak lain apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.

Formulir

Formulir dapat diperoleh melalui

Customer Service Manulife (Walk-In)
Alamat Customer Care Manulife:
Gedung Sampoerna Strategic Square South Tower Lt. 3
Jl. Jenderal Sudirman Kavling 45 - 46, Jakarta 12930

Atau melalui halaman Formulir

Formulir

 


Pertanyaan Klaim

Pertanyaan mengenai klaim dapat diajukan ke  Customer Service GLH

 

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)

Telepon: 021 - 2555 7777

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)