Lewati ke konten utama
Back

Prosedur Klaim Asuransi Kumpulan

Panduan klaim asuransi kumpulan

  • Formulir Klaim Asuransi Jiwa Berjangka Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh sebab yang tidak wajar.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh PT AJ Manulife Indonesia terkait dengan pengajuan klaim tersebut.

Jika peserta meninggal karena kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (jika diperlukan).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta Cacat Tetap disebabkan kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta melakukan Perawatan Medis disebabkan Kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi selama perawatan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang) serta bukti dan perincian pembayaran dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Cacat Tetap Total Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap Total selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap Total disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau sebagai akibat dari suatu tindakan kejahatan.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama Perawatan Kesehatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat koordinasi manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang dianggap perlu oleh Penanggung terkait dengan pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Melahirkan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Institusi Pelayanan Kesehatan, Dokter, apotek, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincaian pembayaran dari pihak lain apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.

Formulir

Formulir dapat diperoleh melalui

Customer Service Manulife (Walk-In)
Alamat Customer Care Manulife:
Gedung Sampoerna Strategic Square South Tower Lt. 3
Jl. Jenderal Sudirman Kavling 45 - 46, Jakarta 12930

Atau melalui halaman Formulir

Formulir

 


Pertanyaan Klaim

Pertanyaan mengenai klaim dapat diajukan ke  Customer Service GLH

 

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)

Telepon: 021 - 2555 7777

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)

Informasi Terkini Terkait Musibah Banjir

Nasabah Yth, Untuk Nasabah Manulife wilayah Jabodetabek yang terkena musibah banjir, dengan ini diinformasikan apabila terjadi kehilangan dan/atau kerusakan kartu atau polis Manulife, silakan menghubungi (021) 2555 7777. Pergantian kartu atau polis tidak dikenakan biaya. 

Bagi Nasabah yang membutuhkan penanganan segera di RS Rekanan Manulife namun tidak dapat menunjukkan kartu Cashless karena musibah banjir, silakan menghubungi nomor di bawah ini:

  • Call Center Admedika (021) 2964 1000 (untuk Nasabah Individu)
  • Call Center Manulife Indonesia (24 jam) (021) 2555 7777 menu 1.2.0 atau 1.6.0 (untuk Nasabah Group)

Kami senantiasa memprioritaskan kebutuhan nasabah.

Selengkapnya
Informasi Terkini Terkait Musibah Banjir

Nasabah Yth, Untuk Nasabah Manulife wilayah Jabodetabek yang terkena musibah banjir, dengan ini diinformasikan apabila terjadi kehilangan dan/atau kerusakan kartu atau polis Manulife, silakan menghubungi (021) 2555 7777. Pergantian kartu atau polis tidak dikenakan biaya. 

Bagi Nasabah yang membutuhkan penanganan segera di RS Rekanan Manulife namun tidak dapat menunjukkan kartu Cashless karena musibah banjir, silakan menghubungi nomor di bawah ini:

  • Call Center Admedika (021) 2964 1000 (untuk Nasabah Individu)
  • Call Center Manulife Indonesia (24 jam) (021) 2555 7777 menu 1.2.0 atau 1.6.0 (untuk Nasabah Group)

Kami senantiasa memprioritaskan kebutuhan nasabah.

Selengkapnya
Memastikan