Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife tidak beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Manulife Indonesia tetap melayani Anda pada hari kerja melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Informasi Layanan Counter Manulife Indonesia

Merujuk pada kondisi pandemi yang terus berlangsung, dengan ini diinformasikan layanan Counter Manulife tidak beroperasi hingga pemberitahuan lebih lanjut. Manulife Indonesia tetap melayani Anda pada hari kerja melalui Manulife Customer Contact Center (021) 2555 7777 dan/atau email CustomerServiceID@manulife.com. Informasi terkini disini.

Selengkapnya
Memastikan
Lewati ke konten utama Lewati ke konten notifikasi
Back

Prosedur Klaim Asuransi Kumpulan

Walau #DiRumahAja, Anda tetap bisa melakukan klaim asuransi tanpa harus datang ke kantor Manulife, yaitu dengan cara mengirimkan dokumen dalam bentuk scan (PDF) atau foto.

Pengajuan klaim dikirimkan melalui:

  1. Email
  2. Aplikasi MiAccount
    • Berlaku hanya untuk  Asuransi Kumpulan (Group Life & Health) 
    • Khusus Klaim Rawat Jalan 

Proses klaim dan pembayaran dilakukan tanpa menunggu dokumen asli namun Anda wajib melampirkan dokumen asli jika diperlukan.

Unduh Informasi lebih lanjut mengenai:

Proses Klaim untuk Asuransi Individu dan Asuransi Kumpulan (Group Life & Health)

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Manulife Contact Center : (021) 2555 7777

Langkah 1 - Persiapkan Dokumen Yang Diperlukan

Persiapkan dokumen yang diperlukan untuk jenis klaim berikut:

  • Formulir Klaim Asuransi Rawat Jalan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama Perawatan Kesehatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat koordinasi manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang dianggap perlu oleh Penanggung terkait dengan pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Rumah Sakit, klinik, Dokter, apotik, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincian pembayaran klaim dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Melahirkan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi asli selama perawatan beserta perinciannya (dari Institusi Pelayanan Kesehatan, Dokter, apotek, termasuk salinan resep dan hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), serta bukti dan perincaian pembayaran dari pihak lain apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.
  • Formulir Klaim Asuransi Cacat Tetap Total Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap Total selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap Total disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau sebagai akibat dari suatu tindakan kejahatan.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh Penanggung terkait dengan untuk pengajuan klaim di atas.

Jika peserta meninggal karena kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (jika diperlukan).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta Cacat Tetap disebabkan kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Cacat Tetap selama minimum 180 (seratus delapan puluh) hari secara terus menerus).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila Cacat Tetap disebabkan oleh Kecelakaan lalu lintas atau korban tindakan kejahatan.

Jika peserta melakukan Perawatan Medis disebabkan Kecelakaan

  • Formulir Klaim Asuransi Kecelakaan Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Kwitansi selama perawatan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang), atau
  • Salinan kwitansi yang telah dilegalisir oleh instansi yang bersangkutan (termasuk salinan resep, hasil pemeriksaan penunjang) serta bukti dan perincian pembayaran dari pihak lain, apabila terdapat Koordinasi Manfaat.
  • Formulir Klaim Asuransi Jiwa Berjangka Kumpulan (termasuk Surat Keterangan Dokter).
  • Surat Keterangan Kematian dari instansi yang berwenang atau Akte Kematian (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Instansi Pemakaman atau Kremasi (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Bukti diri dari Peserta (asli atau salinan yang telah dilegalisir Pejabat dari instansi yang berwenang).
  • Surat Keterangan dari Kepolisian bila meninggal disebabkan oleh sebab yang tidak wajar.
  • Dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan oleh PT AJ Manulife Indonesia terkait dengan pengajuan klaim tersebut.

Formulir dapat diperoleh melalui:

Customer Contact Center Manulife Indonesia

Alamat Walk-In Customer Service:
Gedung Sampoerna Strategic Square,  North Tower Lantai GF
Jl. Jenderal Sudirman Kavling 45 - 46, Jakarta 12930

Atau melalui halaman Formulir

Formulir

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)

Telepon: 021 - 2555 7777

Senin - Jum'at, 08.15 - 16.30 (kecuali hari libur nasional)